Profesi-Profesi yang Cocok Berdasarkan 9 Jenis Kecerdasan yang Kita Miliki Beserta Tips Jitu Untuk Meningkatkan Kecerdasan-Kecerdasan Tersebut

Tahu, nggak, sih, kamu? Setiap orang itu punya kecerdasan yang berbeda-beda.

Menurut Profesor Howard Gardener, seorang pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada 9 jenis kecerdasan menurut teori Multiple intelligences.

Apa sajakah 9 jenis kecerdasan itu? Trus, apa aja yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan tersebut? Coba cari tahu di bawah ini.

1. Kecerdasan kinetik (body smart)

Kecerdasan ini lebih dikenal dengan keterampilan fisik. Kecerdasan kinietik berkaitan dengan tubuh kamu. Biasanya, orang dengan kemampuan ini adalah orang yang sangat aktif serta bisa menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil.

* Contoh, orang yang memiliki kecerdasan ini adalah Atlet atau orang yang jago dalam olahraga serta Penari.

* Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan ini, maka nggak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuanmu ini. Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan kinetik adalah berolahraga secara individu atau kelompok.

2. Kecerdasan naturalis (nature smart)

 Kecerdasan naturalis (nature smart)

Sesuai dengan namanya, kecerdasan ini berkaitan dengan alam, gaes. Orang dengan kecerdasan naturalis biasanya cukup peduli dengan hewan dan tumbuhan.

Kalau kamu sering melihat/punya orang yang dekat dengan binatang atau selalu berhasil saat menanam tumbuhan, bisa jadi orang itu memiliki kecerdasan naturalis.

* Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh Petani, Nelayan, Pendaki, Pemburu atau Penjelajah Alam.

* Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah dengan berjalan-jalan di alam terbuka. Jangan, jalan-jalan ke mall mulu. Hehehe.

3. Kecerdasan linguistik (word smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan bahasa, baik secara lisan ataupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik sangat senang membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Selain itu, orang dengan kemampuan ini pandai membuat puisi, menulis, dan berbicara di depan publik.

* Orang yang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok adalah Jurnalis, Penyair atau Pengacara

* Kecerdasan ini bisa ditingkatkan dengan banyak cara, gaes. Di antaranya adalah membaca, menulis, bahkan bermain game yang mengandalkan kata-kata—misalnya teka-teki silang.

4. Kecerdasan logika-matematis (number smart)

Kecerdasan yang satu ini erat kaitannya dengan angka. Orang yang memiliki kecerdasan logika-matematis bisa mengumpulkan dan menyatukan informasi dengan cepat.

Selain itu, orang dengan kecerdasan logika-matematis biasanya suka mencari jalan keluar yang logis alias masuk akal dalam memecahkan masalah. Jadi, jangan heran kalau orang-orang yang memiliki kecerdasan ini bisa menyusun segala sesuatu dengan sangat rinci.

* Pekerjaan yang cocok kalau memiliki kecerdasan ini adalah Ilmuwan, Akuntan, atau Progammer.

* Kalau kamu merasa memiliki kecerdasan logika-matematis, kamu harus sering kamu latihan berhitung di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator. Katanya, kegiatan itu bisa meningkatkan kecerdasan jenis ini, lho!

5. Kecerdasan intrapersonal (self smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan diri sendiri. Biasanya, orang yang memiliki kecerdasan ini bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam dirinya dengan baik—seperti kekurangan dan kelebihannya. Wah!

Nggak cuma itu, orang dengan kelebihan ini juga sudah tahu apa yang ingin mereka capai ketika sudah besar nanti. Sayangnya, mereka lebih banyak melakukan segala sesuatu sendirian, gaes. Mulai dari memecahkan masalah hingga bermain.

* Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu Konselor Edukasi, Pengarahan, Sekolah dan Vokasi serta Teolog.

* Meningkatkan kecerdasan intrapersonal juga penting dilakukan, gaes. Tujuannya, ya, untuk pengembangan diri ke arah yang lebih baik serta untuk membantu kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Dan cara meningkatkannnya adalah dengan membuat catatan harian, rencana harian, dan evaluasi diri apa yang sudah dilakukan.

6. Kecerdasan interpersonal (people smart)

Kecerdasan interpersonal (people smart)

Kecerdasan interpersonal ini agak berlawanan dengan kecerdasan intrapersonal. Orang dengan kecerdasan ini bisa mengerti dan mengamati perasaan orang lain dengan baik. Kalau kamu bisa membaca karakter, emosi, dan keinginan teman-temannya, it means kamu memiliki kecerdasan interpersonal.

Oiyaa, orang dengan kemampuan ini senang sekali bermain dengan banyak orang dan menjadi pemimpin dalam sebuah permainan atau kelompok.

* Pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan tipe ini antara lain Networker, Negosiator atau Dosen (Secara umum)/Guru.

* Untuk meningkatkan kecerdasan tipe ini bisa dilakukan dengan banyak mengobrol sama orang lain, belajar bekerjasama dengan orang lain serta belajar untuk memahami pikiran, perasaan, dan maksud orang lain.

7. Kecerdasan filosofis (existential smart)

Kalau dalam hidup kamu memiliki banyak pertanyaan tentang hakekat segala sesuatu, mempertanyakaan tentang keberadaan diri sendiri—seperti kenapa saya hidup di dunia ini, kenapa ini begini, kenapa itu begitu. Artinya kamu memiliki kecerdasan filosofis.

Kamu yang memiliki kecerdasan ini juga mampu menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia, baik itu makna dan tujuan.

* Pekerjaan yang cocok banget buat kamu adalah menjadi seorang Filsuf.

* Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah dengan lebih peka terhadap permasaalahan orang-orang di sekelilingnmu.

8. Kecerdasan musikal (musical smart)

Dilihat dari namanya aja, rasa-rasanya kamu pasti sudah bisa menebak jenis kecerdasan yang satu ini. Yups, orang dengan kecerdasan ini cukup peka terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengarnya.

Jadi, nggak heran kalau orang dengan kecerdasan ini bisa mengamati, membedakan, dan menikmati bentuk-bentuk musik.

* Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah Penyanyi, Musisi Instrumental, atau Pencipta Lagu.

* Mendengarkan berbagai jenis musik, termasuk musik yang terdengar asing di telinga, bisa menjadi cara untuk meningkatkan kecerdasan bermusik.

9. Kecerdasan spasial (picture smart)

Kecerdasan yang satu ini berhubungan dengan gambar dan ruang. Beberapa orang yang memiliki kecerdasan spasial atau keterampilan tata ruang biasanya bisa membayangkan sebuah bentuk di dalam otaknya, meski sesuatu itu nggak ada di depan matanya. (Wow, keren banget!)

Eitss, jangan heran kalau orang dengan kemampuan ini akan lebih senang menggambar atau mencorat-coret, daripada menulis, ya. Hihihi.

* Ada beberapa profesi yang mengharuskan seseorang memiliki kecerdasan ini, misalnya Arsitek, Perencanaan Kota dan Wilayah, Desainer Interior, serta Ahli Peta Geografi.

* Kecerdasan ini bisa ditingkatkan dengan cara bermain catur, bermain teka-teki, bermain jigsaw, dan belajar membuat origami.

***

Nah, kecerdasan mana yang ada pada dirimu? Dan kalau kamu sudah tahu kecerdasan apa yang kamu miliki. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kecerdasan-kecerdasan tersebut, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: edutopia.org, parenting.firstcry.com, dianawaring.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1