Surat Lamaran Kerja Ini Membuat Si Pelamar Langsung Diterima Kerja… Tanpa Wawancara!

Alkisah, ada seorang cowok 21 tahun dari Bangalore, India, bernama Sumukh Mehta yang pekerjaannya memang membantu para pelamar kerja menyusun surat lamaran yang bagus. Mehta pernah membantu membuat sekitar 160 surat lamaran kerja, lho.

Nah, sampai pada suatu hari, Mehta akhirnya membuat surat lamaran kerja yang keren banget untuk dirinya sendiri.

Ceritanya, Sumukh Mehta kepengen banget bisa bekerja di bagian pemasaran majalah Gentlemen Quarterly alias GQ. Dikutip dari Buzzfeed, Mehta bilang, “Saya ingin bekerja di majalah GQ karena saya ingin bekerja di perusahaan dimana saya bisa memanfaatkan pengetahuan marketing saya dengan sekreatif mungkin.”

Demi menarik perhatian GQ, Mehta pun membuat surat lamaran yang keren banget… yaitu berbentuk majalah beneran!

Jadi, Sumukh Mehta dengan niatnya membuat surat lamaran berbentuk majalah GQ setebal 20 halaman, yang mencakup info-info utama diri Sumukh Mehta—seperti layaknya dalam surat lamaran kerja biasa—seperti pengalaman kerjanya, riwayat pendidikannya, skills alias kemampuannya, serta alasan kenapa menurut Mehta, GQ harus nge-hire dia.

“Zaman sekarang, dunia semakin kompetitif, semua jadi lebih sulit dicapai. Maka kita harus kreatif kalau kamu mau sukses mendapatkan sesuatu, dan itulah yang saya lakukan,” jelas Mehta di akun Facebooknya.

Surat lamaran Mehta yang berbentuk “majalah” GQ ini didesain dengan super kece, sehingga benar-benar berbentuk seperti sebuah edisi aslinya. Ada halaman daftar isi, halaman surat editor, dan sampul majalah yang dibuat profesional. Content-nya pun digarap dengan serius a la editorial spread beneran.

Mehta bilang, “Saya membuat resume ini selama lebih dari tiga minggu, termasuk melakukan pemotretannya, membuat desain grafisnya, dan menulis untuk kontennya.” Dia nggak menggarap proyek ini sendirian, sih, tetapi juga dibantu oleh beberapa temannya, terutama untuk membuat kontennya, meskipun teman-temannya nggak diberitahu tujuannya buat apa.

Setelah jadi, Mehta mengirimkan CVnya ini lewat pos ke kantor GQ di London, New York, dan Mumbai.

Hasilnya? Editor-in-chief majalah GQ, Dylan Jones, langsung memberikan Mehta posisi pekerjaan magang di London TANPA INTERVIEW. Editor GQ India, Che Kurrien, bahkan nge-post CV-nya Mehta yang warbiyasak ini di Instagram GQ India.

Keren abis!

Pelajaran yang bisa kamu petik di sini?

1. Benar-benar pahami kemampuan dan minat kamu apa, trus cari perusahaan yang kamu yakini bisa mengakomodir kemampuan dan minat kamu itu. In other words, cari perusahaan impian kamu! Dari awal, Mehta sudah mengincar bekerja di majalah GQ, sehingga dia mempelajari GQ luar dalam, dan berusaha membuat surat lamaran yang bisa bikin GQ "kepincut".

2. Jangan tengok kanan-kiri, dan kejar perusahaan impian kamu ini sekencang mungkin. Pelajari perusahaannya, cari tahu gayanya, buat CV yang sesuai mereka. Yakini mereka bahwa kamu bener-bener-bener-bener-bener kepengen kerja di sana, dan perusahaan tersebut nggak akan rugi kalau nge-hire kamu.

Good luck!

(sumber gambar: Facebook Sumukh Mehta, buzzfeed.com, mashable.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1