10 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Menyenangi Keteraturan Dalam Hidup

Menjadi seseorang sangat taat aturan, meyenangi struktur, dan efisien bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi untuk anak muda yang stereotipenya cenderung impulsif dan scrappy.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu yang jatuh dalam spektrum kepribadian ini juga punya prospek yang kaku dan konvensional, lho, ya. Kamu yang memiliki karakteristik layaknya Bibi Titi Teliti ini punya banyaaak banget kesempatan berkarier di segala macam bidang, karena tipe yang terstruktur, jago hitungan, dan bisa diandalkan seperti kamu akan sangat dicari oleh berbagai perusahaan. Ihiy!

Nah, jika kamu sudah menyelesaikan modul minat di Youthmanual, kamu termasuk dalam tipe The Efficient Organizer dalam spektrum kepribadian RIASEC. Dan jurusan kuliah yang cocok menjadi pilihan kamu adalah…

1. Kesekretariatan‍ 

1

Seorang sekretaris nggak hanya bertanggung jawab sebagai “pendamping” atasan ketika pergi rapat penting aja, lho. Selain membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi, keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, manajemen perkantoran, teknologi informasi (komputer) dan internet dan bahasa asing juga akan diasah pol-polan jika kamu masuk ke jurusan ini. Berminat?

2. Akuntansi‍ 

Jurusan dari salah satu ilmu pengetahuan tertua ini menuntut kamu untuk memiliki pemahaman mendalam tentang bagaimana sebuah sistem akuntansi terstruktur dan diimplementasikan, mulai dari sistem keuangan perusahaan, menerapkan rencana anggaran, biaya, pengeluaran, serta membuat perencanaan dan analisa untung-rugi sebuah perusahaan. Karena banyak terkait dengan struktur dan angka, pastinya kudu banget bisa fokus pada hal-hal yang sangat detail, nih!

3. Statistika Terapan dan Komputasi‍ 

Statistika Terapan dan Komputasi lebih berfokus kepada penerapan statistika dan komputasi ke seluruh bidang yang berkait didalamnya. Disini kamu bakal belajar statistika (pastinya, dong) dari dasar sampai lanjut, serta penggunaan komputer dalam memecahkan berbagai masalah statistika rumit dan juga komputer dimaksimalkan agar dapat mengolah data statistika skala besar dan menemukan apa yang diinginkan dari data tersebut.

4. Manajemen Informatika‍ 

Karena nggak melulu bicara korporat, jurusan ini memperbolehkan mahasiswanya untuk memilih peminatan sistem informasi yang akan menghasilkan tenaga ahli di bidang sistem informasi dengan kompetensi di bidang perancangan dan pembuatan basis data serta menjalankan proses dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak. Nah, disinilah karakteristik terstruktur kamu akan banyak membantu perkuliahanmu.

5. Ilmu Perpustakaan‍ 

5

Kalau kamu menyenangi teknik penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, jurusan ini bakal menjadi salah satu yang menarik untuk kamu. Selain membutuhkan ketelitian dan kerapian dalam mengelola data sebagai modal utama, kamu juga harus memiliki minat untuk mendalami bidang informasi teknologi, etika kepustakaan, analisa data, serta manajemen pendidikan.

6. Perpajakan‍ 

Bisa dibilang, Perpajakan adalah jurusan yang paling rumit, sehingga nggak jarang bikin orang yang mempelajarinya pusing tujuh keliling. Tapi, di balik itu, pajak sangat penting karena berkontribusi paling besar pada pendapatan negara. Kamu yang orangnya teliti dan terstruktur akan mudah dalam mempelajari perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi, serta dapat membuat laporan pajak dengan rinci dan efisien.

7. Manajemen Operasi‍ 

Manajer operasional dibutuhkan oleh sebuah organisasi untuk mengawasi kualitas dan kecepatan proses bisnis. Mahasiswa jurusan ini tentunya mempelajari bagaimana caranya memaksimalkan profitabilitas perusahaan dan bagaimana meningkatkan alur proses produksi, meningkatkan kualitas output, dan mengelola supply chain produksi terkait, dimana di dalamnya dibutuhkan kecakapan dalam analisa struktur dan ketelitian yang tinggi.

8. Administrasi Bisnis‍ 

Dulunya, jurusan ini dikenal dengan Administrasi Niaga. Administrasi di sini menangani beberapa hal seperti manajemen arsip, manajemen kantor, komunikasis bisnis serta protokolnya, dan tak lupa penyusunan basis data. Berhubung fungsi administrasi sangat dibutuhkan oleh seluruh perusahaan tanpa terkecuali, tentunya kamu yang memiliki kepribadian ini pas banget untuk mendalami studi di jurusan terkait.

9. Metrologi‍ 

9

Buat kamu yang masih asing denga jurusan ini, sebenarnya kehidupan sehari-hari kita nggak pernah jauh, lho, dari yang namanya Metrologi. Mulai dari nimbang tomat di pasar sampai ngukur jarak dari rumah ke sekolah, semuanya menggunakan konsep Metrologi. Which is, jurusan yang mempelajari cara-cara pengukuran, kalibrasi dan akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi ini membutuhkan individu yang terstruktur dan teliti seperti kamu.

10. Event‍ 

Untuk kamu yang juga menyukai sesuatu yang terorganisir namun lebih artistik, kekinian, dan membutuhkan sedikit skill persuasi, jurusan Event akan sangat cocok untuk kamu. Disini, kamu nggak cuma dibekali dengan kemampuan yang tidak hanya dari sisi teknis, tapi juga dibarengi dengan kemampuan untuk dapat melihat dan memvisualisasikan event-event menarik seperti apa yang bisa diciptakan dan kemampuan untuk merancang serta mengeksekusi ide tersebut menjadi sesuatu yang berdampak luas. Keren!

(sumber gambar: tqn.com, dailymail.co.uk, bibliotekarie.com, silverstone-park.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 15 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1