10 Pilihan Program Studi Kuliah Untuk Siswa Kelas Bahasa

Siapa disini yang SMA-nya ambil peminatan Bahasa? Masih bingung mau pilih proram studi apa nanti perguruan tinggi? Atau jangan-jangan kamu belum tahu program studi ap saja yang terbuka untuk anak Bahasa?

Coba lihat 10 pilihan program studi di bawah ini, gaes.

1. Bahasa dan Sastra

Program studi pertama adalah Bahasa dan Sastra. Biasanya, Bahasa dan Sastra berada dalam satu jurusan, meskipun nggak menutup kemungkinan jika keduanya terpisah pada jurusan atau program studi yang berbeda (tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi).

Dalam berbagai bahasa, Ilmu Sastra itu lebih membahas tentang makna yang tersirat dalam sebuah konteks, cerita, percakapan, bahkan pikiran manusia. Jadi, jangan heran kalau orang-orang Sastra  memiliki kepekaan berbada dari kebanyakan orang. Trus bedanya Sastra sama Linguistik itu apa? Baca selengkapnya di sini Perbedaan Program Studi Sastra, Pendidikan Bahasa dan Linguistik

Lulusan program studi Bahasa dan Sastra bisa menjadi Penerjemah  atau Interpreter bahasa asing, seperti  Inggris, Jerman, Jepang, Korea, Arab, Perancis, Cina, atau Rusia. Ehh, tapi kalau minatmu berada pada Bahasa dan Sastra Indonesia atau bahkan Bahasa Jawa, bukan berarti peluang kerjamu kurang menjanjikan, lho, ya!

Soalnya, selain menjadi Penerjemah, lulusan program studi ini juga bisa menjadi Novelis, Pengajar, Penulis, Sastrawan, hingga Budayawan.

2. Hubungan Internasional 

Salah satu kegunaan Bahasa adalah sebagai alat komunikasi dalam berdiplomasi dan memahami budaya serta kebiasaan orang-orang dari berbagai belahan dunia. That’s why, Hubungan Internasional merupakan salah satu program studi favorit anak Bahasa juga.

Meskipun berdasar pada ilmu sosial aka kelompok Soshum, Hubungan Internasional adalah bidang yang memerlukan kemampuan berbahasa—khususnya bahasa asing, yang baik.

Di program studi ini, kamu akan belajar tentang organisasi internasional, diplomasi, hukum internasional, dan masih banyak lagi.

3. Jurnalistik 

Kalau kamu memiliki minat pada dunia broadcasting, bekerja di stasiun TV, radio, penerbitan majalah atau suratkabar, kamu bisa juga ambil program studi Jurnalistik di kuliah nanti, gaes.

Di program studi ini, kemampuan teknismu dalam menyusun naskah dan tulisan akan dipadukan dengan keterampilan mengambil foto dan mengumpulkan data secara tepat, sehingga kamu dapat menghasilkan laporan jurnalisme yang menarik dan informatif.

4. Ilmu Komunikasi 

Komunikasi adalah suatu kajian ilmu yang sangat luas dan intens. Kenapa demikian? Soalnya, dalam kehidupan sehari-hari kita pasti nggak akan pernah lepas dari komunikasi.

Nah, di dalam Ilmu Bahasa, ‘kan, juga diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Itulah kenapa, program studi ini bisa jadi salah satu program studi yang kamu pilih di perguruan tinggi nanti.

5. Psikologi 

Meskipun, program studi Psikologi ada kelompok Psikologi Sanitek dan Psikologi Soshum. Kamu yang kelompok Bahasa di SMA pun, bisa juga, lho abil program studi Psikologi.

Di program studi ini, kamu akan belajar tentang pikiran dan interaksi manusia. Yups, Psikologi berkaitan langsung dengan orangnya. Selepas kuliah, kamu bisa ambil bagian Human Resource Department atau Manajer Sumber Daya Manusia di suatu perusahaan.

6. Sosiologi 

Meskipun Sosiologi itu mempelajari tentang masyarakat, program studi ini bukan dominasi anak Soshum, kok. Kamu yang dari kelompok Bahasa juga bisa ambil program studi ini.

Fyi, menjadi seorang Sosiolog berarti kamu harus siap dalam melakukan riset tentang masalah sosial dan kemasyarakatan yang biasanya menjadi referensi bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan tertentu.

7. Antropologi 

Lagi-lagi, nggak harus dari kelas Soshum untuk masuk program studi ini, gaes. Hah? Memangnya Antropologi itu belajar apa?

Antropologi adalah program studi yang mempelajari seluk-beluk, unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia, gaes. Lulusan dari program studi Antropologi sendiri sedang dibutuhkan belakangan ini. Jadi, kenapa kamu nggak ambil kesempatan yang ada?

8. Pariwisata dan Manajemen Perhotelan 

Program studi Pariwisata dan Perhotelan juga salah satu program studi yang cocok untuk anak bahasa. Soalnya, sejak masih kuliah hingga bekerja, kamu akan sering bepergian ke banyak tempat dan bertemu banyak orang baru setiap harinya. Nggak bakalan ada bosennya, deh, kalau kamu berkecimpung dibidang ini.

9. Televisi dan Film 

Otak kreatif yang sudah kamu asah dikelas Bahasa waktu SMA, bisa terus kamu kembangkan di program studi ini, lho. Mahasiswa di program studi Televisi dan Film akan belajar banyak tentang penulisan skrip, penulisan kritik, teknik penyutradaraan film, penggunaan alat-alat produksi seperti kamera, hingga penyusunan budget.

Oyaa, lulusan program studi ini bisa menjadi Kameraman, Sutradara, Fotografer, Sinematografer, atau bekerja dibagian riset.

10. Seni

Jika kamu suka bahasa dan juga berjiwa kreatif, kamu bisa memilih bidang seni yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Di bidang seni ini, ada beberapa pilihan program studi, gaes. Di antaranya adalah Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa (Creative Arts), Seni Rupa Murni (Fine Arts), dan seni lainnya yang kamu sukai.

***

Nah, itulah 10 program studi yang bisa dipilih anak Bahasa. Bisa dilihat, ‘kan, anak kelas Bahasa tuh punya peluang yang nggak kalah sama anak dari kelompok Saintek atau Soshum, kok.

Jadi, jangan berkecil hati kalau ada yang nanyain prospek masa depanmu nanti.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: htw-dresden.de)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1