13 Ciri Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Teknologi dan Komputer

Jurusan kuliah seputar Teknologi dan komputer memang banyak peminatnya. Sebut aja program studi Teknik Informatika (Ilmu Komputer) , Sistem dan Teknologi Informasi , Sistem Komputer (Teknik Komputer)  , Sistem Informasi (Manajemen Informatika) , dan sederet prodi most wanted lainnya. Tapi, apakah memang kamu beneran cocok kuliah di jurusan tersebut?  Yakin, kamu punya passion dan kemampuan di situ dan bukan ikut-ikutan?

Coba cek apakah ciri-ciri berikut ini ada pada dirimu:

1. Suka sama pelajaran Matematika dan tertantang banget buat memecahkan soal hitung-hitungan.

3. Nilai mata pelajaran sains, terutama Fisika, Matematika, dan TIK bagus.

3. Lebih semangat membongkar perangkat elektronik daripada membeli gadget baru.

4. Kamu mengikuti perkembangan berita terbaru seputar dunia teknologi, juga medsos dan vlog yang menampilkan ulasan gadget dan komputer.

5. Hobi berkutat dengan alat-alat, terutama perangkat yang canggih

mahasiswa komputer

6. Banyak yang bilang kalau kamu adalah orang yang logis dan suka menganalisa sesuatu. "Jurusan Teknik Informatika membutuhkan logika yang kuat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Bahkan, semakin logis seorang mahasiswa IT, kamu bisa semakin kreatif, ” jelas Husen, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang.

7. Bukan tipe orang yang bosenan jika harus berkutat mengerjakan sesuatu dalam jangka waktu yang lama. Ngana pikir coding itu cepet?

8. Tidak mudah menyerah saat melakukan sesuatu. Semakin rumit suatu persoalan, malah makin kamu tertantang buat menaklukannya.  Gaes, kuliah program studi Teknologi Informasi atau jurusan teknologi lainnya nggak gampang, lho. Tugasnya banyak dan njelimet. Seringkali, mahasiswa menemuan jalan buntu atau gagal saat mengembangkan suatu sistem atau aplikasi. Mewek atau kesel jelas bukan pilihan. Mahasiswa harus siap untuk mencoba lagi dan lagi.

Kalau kata Andreas Gandhi, lulusan UGM, Salah satu modal penting untuk menjadi mahasiswa Teknologi Informasi adalah sikap pantang menyerah. “Misalnya, saat kamu mengalami kegagalan mengembangkan aplikasi,” ujarnya.

9. Kepo to the max! Kamu punya rasa ingin tahu yang besar, penasaran terhadap berbagai hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan.

10. Suka baca kisah atau biografi founder usaha dan tokoh bidang teknologi, seperti Bill Gates, Elon Musk, Steve Jobs hingga cerita para hacker.

11. Suka main games. Ini agak subjektif sih ya,  tapi rata-rata anak jurusan teknologi yang pernah Youthmanual temui suka main game. Mungkin karena pada dasarnya mahasiswa ini suka berkutat dengan gadget kali, ya. Apalagi, game jaman now makin seru dan canggih.

12. Punya kemauan belajar yang tinggi. “Karena dunia IT berkembang sangat cepat, maka mahasiswanya harus terdepan dalam memahaminya serta terbuka untuk belajar hal baru,” ungkap Gandhi.

Yup, kayaknya langka banget deh, anak jurusan teknologi atau komputer yang malas belajar. Yang kayak begitu, hanya dua tipe, pertama yang nggak bakalan bertahan karena nggak mampu bersaing, kedua golongan mahasiswa superjenius sehingga nggak perlu giat belajar.

Jadi kalau kamu bukan yang pinter level dewa alias jenius, dan juga bukan orang yang gemar belajar, mendingan pikir ulang kalau mau masuk jurusan ini.

13. Seorang  problem solver. Gandhi pun menjelaskan, “Dunia IT berkembang dengan tujuan untuk membantu kerja manusia. Maka, seorang mahasiswa TI harus siap menjadi problem solver dengan memberikan ide-ide yang bisa dieksekusi."

***

Gimana, apakah benar kamu adalah calon anak IT, Ilmu Komputer, atau jurusan teknologi lainnya? Apa nggak, ketiga belas ciri di atas pada dirimu?

Selain sikap dan kebisaan di atas, ada perlengkapan penting wajib dimiliki seandainya beneran jadi mahasiswa bidang teknologi (Amiiiin!) adalah….. laptop yang mumpuni!

Kadir, mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada  dan Farah Rania, mahasiswi Sistem Informasi Universitas Telkom menekankan bahwa laptop yang canggih serta memiliki memori yang besar penting bagi mahasiswa yang mengambil kuliah Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Beragam proyek kampus bakalan mengandalkan laptop kamu. Plus mesti instal software serta program pendukung. Kalau kurang memori atau kurang canggih, bisa jadi lemot dan bakalan menghambat perkuliahan kamu.  

Kamu bisa coba laptop keluaran Acer. Brand ini memang jadi incaran mahasiswa karena spesifikasinya yang canggih, kualitas yang oke (awet), dan harga yang sesuai untuk budget pelajar. Ditambah lagi, Acer terus bikin inovasi baru.

Nah, salah satu seri notebook yang cocok buat mahasiswa jurusan teknologi adalah Acer Aspire E5-476G series dengan prosesor Intel Core i5-6200U. RAM notebook ini bisa dimaksimalkan hingga 32 GB. Dibandingkan laptop sejenis,  batere laptop seberat 1.9 kilogram ini lebih efisien hingga 60 persen, yakni tahan hingga 8 jam pemakaian.

Semoga impian kamu masuk jurusan bidang teknologi terwujud, ya!

Baca juga:

(sumber gambar: edtechreview.in, ue.edu.ph, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1