25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

Nggak cuma anak IPS, anak IPA juga pastinya merasakan kegalauan yang sama ketika harus memilih jurusan kuliah. Tentunya kamu nggak boleh sampai salah pilih dalam memutuskan jurusan yang akan kamu jalani selama kurang lebih 4 tahun ke depan. 

Makanya, nih, Youthmanual rangkum 25 pilihan jurusan terbaik yang bisa kamu pilih sebagai anak IPA. Jurusan ini memiliki prospek karier yang cerah. Kira-kira ada yang sesuai dengan minat dan bakatmu, nggak, nih?

1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja ‍ 

1

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Bagaimana penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah. Begitu pula langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisir kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja , Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri

2. Ilmu Gizi 

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia 

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Diet dan Nutrisi‍, Praktisi Keluarga dan Umum  

3. Farmasi 

Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Spesialis Kimia ‍, Dokter Pengobatan Preventif‍, Apoteker 

4. Pendidikan Dokter

4

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhannya. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera. Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Nggak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktek langsung pada pasien. 

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi , Dokter Pengobatan Nuklir, Dokter Pengobatan Olahraga 

5. Teknologi Pangan 

Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer. Makanya, jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makananan mempengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita. Menarik, ya?

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan‍ 

6. Astronomi 

Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga kehalian, Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Astronom ‍, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa‍, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa ‍ 

7. Statistika 

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Peneliti Survei , Ahli Statistik‍, Aktuaria  

8. Bioteknologi 

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Biomedis‍, Teknisi Pembangkit Biomassa ,‍ Peneliti Bioinformatika  

9. Biokimia 

Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas. Nggak cuma mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Biofisika  

10. Teknik Lingkungan ‍ 

10

Jurusan Teknik Lingkungan akan mempelajari tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan‍, Konsultan Lingkungan‍ 

11. Budidaya Perairan (Akuakultur) 

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Psst, jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan!

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Pengajar Ilmu Agrikultural, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan‍, Manajer Akuakultural, Ahli Konservasi Tanah dan Air 

12. Rekayasa Pertanian  

Rekayasa pertanian merupakan jurusan yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia, Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Teknik Pertanian‍, Peneliti Tanah dan Tumbuhan‍, Manager Pertanian dan Peternakan

13. Agroekoteknologi 

13

Jurusan ini merupakan gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis dan memecahkan masalah melalui cara berfikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. Wah gimana, tuh? Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Manager Pertanian dan Peternakan‍, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca‍, Peneliti Tanah dan Tumbuhan 

14. Kehutanan 

Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahannya nggak terbatas bagaimana menghasilkan dan memeroleh hasil hutan saja, Ilmu Kehutanan juga menitikberakan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Spesialis Konservasi Alam ‍, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Hutan, Pengawas Hutan 

15. Arsitektur 

Kamu yang mengambil jurusan ini akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), serta fungsi bangunan (utilitas).

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Seni Budaya

Prospek kerja jurusan ini: Arsitek‍, Manajer Konstruksi‍, Desainer Interior 

16. Oseanografi  

16

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Makanya, Oseanografi sangat menarik untuk didalami.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Teknik Kelautan‍, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa, Offshore Navigator

17. Teknik Industri 

Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen. Fokus Teknik Industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Sales Engineer ‍, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur   

18. Teknik Pertambangan  

Program studi pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara dan sebagainya. Mahasiswanya belajar soal proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Kimia

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas)‍, Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan  

19. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) 

19

Jurusan yang dikenal juga dengan Teknik Planologi ini mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Selain itu, Perencanaan Wilayah Kota tidak merancang suatu bangunan, tapi merancang seluruh wilayah secara keseluruhan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Geografi

Prospek kerja jurusan iniPerencanaan Kota dan Wilayah‍, Surveyor Bangunan‍, Ajudan Perencanaan Kota dan Wilayah 

20. Teknik Elektro ‍ 

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini adalah aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Instrumentasi, sampai Teknik Komputer dan Telekomunikasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Robotik‍, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Teknik Elektronik, Spesialis Teknik Telekomunikasi 

21. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)  

Jurusan ini memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Program studi yang juga dikenal dengan nama Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer bumi seperti roket dan satelit.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Fisika

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace‍, Mekanik dan Teknisi Servis Pesawat ‍, Teknisi Penerbangan

22. Teknik Informatika  

22

Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya terutama di bidang bisnis dan usaha. Tak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Nah, untuk menguasai teknik informatika dengan baik, paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa teknik informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, yang merupakan perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Programmer Komputer, Analis Riset Operasional ‍, Web Developer, Developer Software, Aplikasi 

23. Cyber Security 

Pada umumnya, jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Jurusan ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Cyber Police, Spesialis Forensik Komputer

24. Ekonomi ‍/Ekonomi Pembangunan 

Pada umumnya, Jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi satu dengan Ilmu Ekonomi. Ekonomi pembangunan memang salah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan Ilmu Ekonomi adalah mahasiswa yang menghindari Matematika. Ironisnya, they have no idea kalau Ilmu Ekonomi justru menggunakan ilmu matematika tingkat dewa!

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: Ekonom‍, Konselor Peminjaman‍, Analis Keuangan  ‍ 

25. Pendidikan Intelijen  

25

Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarir sebagai seorang intelijen, baik di pemerintahan ataupun swasta. Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks. Jurusan ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Wih!

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Biologi

Prospek kerja jurusan ini: Analis Intelijen , Detektif dan Investigator Swasta 

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca juga:

(sumber gambar: careeraddict.com, voxntt.com, beyondcareer, indexstatic.com, deere.com.au, letsintern.com, blogspot.com, amazonaws.com, tqn.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1