5 Cara Menjadi Volunteer yang Selalu Diingat

Siapa, sih, yang nggak pengen jadi bermanfaat untuk orang lain? Bahkan jadi panitia ulang tahun oma opa aja kadang udah bikin happy. Nah, salah satu cara jadi mahasiswa yang bermanfaat sekaligus mendapat pengalaman seru di luar kampus adalah dengan menjadi volunteer.

Relawan, sukarelawan atau volunteer adalah seseorang yang mau menyediakan waktu dan tenaganya untuk mencapai tujuan sebuah organisasi, tanpa dibayar.

Biasanya, saat baru bergabung dengan sebuah organisasi, volunteer dalam bidang tertentu dibekali pelatihan dulu, agar bisa menjadi tenaga profesional, walaupun nggak semua organisasi melakukan ini, sih. Selain itu, rata-rata organisasi mengganti uang transportasi dan makan relawannya, meski nggak dalam jumlah besar.

Trus, kenapa, sih, punya pengalaman jadi volunteer itu penting? Karena dengan menjadi volunteer, kamu jadi punya networking yang luas serta banyak kesempatan baru. Termasuk kesempatan dapet gebetan baru dong, yaaa... #asheeek

Pengalaman jadi volunteer juga bisa jadi nilai plus saat melamar kerja nanti. Kenapa? Soalnya, untuk sukses, kamu nggak bisa cuma ngandelin hard-skills (skill yang bersifat teknis), tetapi juga soft-skills (skill yang bersifat intrapersonal, misalnya kemampuan kepemimpinan, berorganisasi, dll) yang oke.

Sekarang banyak perusahaan yang nyari pegawai yang punya soft-skill bagus ketimbang hard-skill. Nah, soft-skill ini bisa didapat, salah satunya, dengan volunteering.

Oya, menurut sebuah paper yang dibuat oleh Dr Suzanne Richards dan kolega di Universitas Exeter Medical School, Inggris, mereka yang menjadi relawan, lebih bebas depresi, lho!

Menurut Derian, mahasiswa marketing angkatan 2013 Prasetiya Mulya Business School yang sempet ikut jadi volunteer di Brightspot Market, ilmu dan pengalaman jangan hanya dicari di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Bahkan pihak kampus Derian pun mendorong mahasiswanya untuk mencari kegiatan yang bisa mendukung pembelajaran sesuai jurusan. Career point—begitu mereka menyebutnya—bisa diisi dengan mengikuti seminar atau jadi volunteer seperti di Brightspot Market ini.

So how to be an outstanding volunteer? Ini dia resepnya!

Segenap Hati

Pilih bidang volunteer yang kamu suka. Kalau kamu suka sama hewan, coba kerja sukarela di organisasi konservasi hewan. Atau kalau kamu suka seni atau sejarah, jadi volunteer di museum ‘kan seru abis!

Menjadi volunteer di bidang yang kamu sukai akan bikin kamu happy menjalaninya. Kalau kamu bersemangat, orang di sekitar kamu akan ikut bersemangat, lalu kamu akan selalu diingat sebagai seorang volunteer yang mencerahkan suasana.

Alternatif lainnya, pilih bidang volunteer yang ingin kamu pelajari, meski sama sekali nggak kamu pahami. Lumayan ‘kan, nambah wawasan?

Genjot Kreatifitas dan Jangan Malu-Malu

Kalau mau jadi volunteer yang selalu diingat, kamu harus menyampaikan ide-ide kreatif. Coba berpikir out of the box dan jangan segan ngasih ide. Misalnya, nih, mengajukan ide face painting dengan cat ramah lingkungan instead of bikin aksesoris dari kertas untuk kostum panitia.

Atur Jadwal Dengan Baik

Jangan sampai volunteering bikin kamu nggak ngurusin diri sendiri dan akhirnya malah sakit. Ujung-ujungnya, kamu jadi nggak bisa berkontribusi secara signifikan. Percuma, dong, jadi volunteer?

Nggak Usah Sotoy dan Tetap Rendah Hati

Nggak ada orang yang betah kerja bareng anak sotoy. Jadi biarpun ide-ide kamu brilian dan membawa dampak yang bermanfaat, jangan sombong dan jadi sotoy.

Proaktif dan Punya Inisiatif

Umur muda adalah masa paling produktif. Pokoknya, golden age untuk cari pengalaman, deh. Jadi, kalau ada kesempatan untuk berkontribusi dalam organisasi kamu, kamu harus bisa langsung mengambil kesempatan itu. Kalo kata anak sekarang, harus gercep! Gerak cepat, kak!

Akan sulit bagi kamu untuk diingat sebagai volunteer yang baik kalau kamunya males-malesan dan nggak punya inisiatif. Salah-salah kamu malah jadi diingat sebagai seorang volunteer nggak guna. Amit-amit!

(Sumber foto: alz.org, wildapricot, Riza)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1