5 Jurusan yang Dibutuhkan di Dunia Kerja Pada Tahun 2020

Karena teknologi yang semakin berkembang dengn pesat, sekararang banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang muncul dikarenakan perkembangan teknologi tersebut. Sebut saja seperti grafis desainer, UI/UX Desainer dan sebagainya. Kalau kita balik ke lima hingga sepuluh tahun yang lalu, apakah pekerjaan-pekerjaan ini ada? apada saat itu, pekerjaan ini mungkin masih belum gandrung atau bahkan ada sama sekali.

Karena berkembangnya teknologi, maka, kebutuhan dari masing-masing perusahaan pun lambat laun mengikuti perkembangan dari teknologi itu sendiri. misalnya seperti membutuhkan tenaga kerja yang mampu mengoperasikan berbagai macam teknologi yang dibutuhkan.

Nah, di tahun 2020 tentunya perkembangan teknologi akan semakin pesat dan pekerjaan pun tentunya akan lebih spesifik. Karena hal tersebut, ada beberapa jurusan perkuliahan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja di tahun 2020. Ada apa saja, ya, gaes?

1. Teknik Informasi

teknologi informatika

Yes, karena di tahun 2020, teknologi menjadi suatu hal yang sangat berkembang pesat, maka teknoogi informasi pun sangat dibutuhkan. Dalam lima tahun terakhir, permintaan untuk intelijen dan analisis kebijakan telah tumbuh sebar 21.4 persen. Permintaan ini masih jauh dari kebutuhan di berbagai industri baik itu industri teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan keungan dan sebagainya.

Diperkirakan, permintaan untuk para profesional ICT alias Information, Communication and Technology akan meningkat hingga 26,5 persen di tahun 2020. Nah, dengan adanya peningkatan seperti ini, maka, jurusan teknik informasi menjadi salah satu cara untuk menjawab permintaan untuk para profesional ICT.

2. Ilmu Kesehatan dan Psikologi

kesehatan dan mental

Diprediksikan bahwa di tahun 2020 nanti, permintaan dalam hal tenaga kerja profesional layanan kesehatan dan mental akan meningkat sekitar empat puluh persen. Lho, memangnya kenapa, sih, kok, permintaan tenaga kerja profesional layanan kesehatan dan mental akan meningkat sangat pesat?

Hal tersebut tentunya dikarenakan jumlah penduduk yang semakin berkembang pesat. Dengan jumlah penduduk yang semakin berkembang pesat, tentunya akan beriringan dengan permasalahan kesehatan dan mental. Maka dari itu, agar permasalahan ini bisa diatasi, dibutuhkan pula orang-orang yang mampu dalam pelayanan kesehatan dan mental. Hal tersebut pun menjadikan jurusan psikologi dan kesehatan menjadi jurusan yang dibutuhkan di tahun 2020.

3. Desain Komunikasi Visual

Yap, karena sekarang media sosial dan internet menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk menunjukkan suatu hal, menjual suatu barang, campaign dan sebagainya. Agar campaign atau apapun yang ingin ditunjukkan sampai ke masyarakat, dibutuhkan orang-orang yang mampu mengolah informasi sebaik dan sebagus mungkin.

Kamu harus tahu, peningkatan kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kreatif sebanyak lima belas persen di tahun 2020. Kombinasi dalam hal kemampuan mengomunikasikan pesan dan juga memasarkan menjadi suatu hal yang dibutuhkan di tahun 2020.

4. Teknik

teknik

Menurut prediksi yang dilansir dari batamnews.co.id, kebutuhan insinyur akan meningkat dua puluh dua persen di tahun 2020.

Ilmu teknik yang ada, merupakan suatu ilmu yang selalu berkembang mengikuti zaman, sehingga di tahun 2020, ilmu ini tetap dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Selain ilmunya yang berkembang mengikuti zaman, para lulusan jurusan teknik, tentunya, akan relatif mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Mengapa? Karena, ilmu ini merupakan ilmu yang sangat aplikatif.

5. Pendidikan

pendidikan

Masih berhubungan dengan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, tentu, masyarakat membutuhkan tenaga profesional dalam hal pendidikan. Pada saat ini, guru-guru di Indonesia masih belum tersebar secara merata sehingga masih banyak masyarakat yang tidak merasakan pendidikan sekolah. Di tambah lagi, setiap tahunnya ada sekitar lima ribu guru yang pensiun. Nah, karena tiap tahunnya guru-guru banyak yang pensiun, jurusan pendidikan pun menjadi salah satu alat untuk mencetak guru-guru baru yang lebih profesional.

***

Nah, di tahun 2020, jurusan-jurusan di atas menjadi suatu jurusan yang dibutuhkan di dunia kerja. Jadi, bagaimana,nih, gaes? Apakah kamu mau menjadi seorang mahasiswa yang menjawab kebutuhan-kebutuhan di dunia kerja?

Baca juga:

(Sumber gambar: therebeworkouts.com, rspcansw.org.au, idntimes.com, blog.unnes,ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1