Jurusan 101: Tanya Apapun Tentang Jurusan Kedokteran di Youthmanual

Penasaran dengan jurusan kuliah Kedokteran? Berminat masuk jurusan Kedokteran, tapi masih ragu-ragu?

Berarti kamu datang ke tempat yang tepat, karena hari ini, Youthmanual membuka kesempatan untuk kamu tanya-tanya tentang program studi Kedokteran, sepuasnya!

Caranya?

  1. Registrasikan dulu diri kamu di youthmanual.com/register
  2. Silahkan login dengan identitas registrasi kamu
  3. Buka platform Tanya Youthmanual di youthmanual.com/tanya-youthmanual/topik/jurusan-ilmu-kedokteran
  4. Tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komen
  5. Jumlah pertanyaan? Bebas!

Ini bukan live chat lho, gaes, jadi pertanyaan kamu nggak akan langsung dijawab detik itu juga. Bisa jadi beberapa jam kemudian.

Forum tanya-jawab ini akan dibuka selama 24 jam penuh, dari hari ini, tanggal 7 Oktober 2016 pukul 8 pagi WIB, sampai dengan 8 Oktober 2016 pukul 8 pagi WIB.

Jadi, pertanyaan yang diajukan lewat dari 8 Oktober 2016 pukul 8 pagi WIB tidak akan dijawab.

***

Sekarang kenalan dulu, yuk, dengan para narasumber yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu!

Pertama, ada dr. Nur Gifarani Pratiwi—yang biasa dipanggil Kak Gifa—lulusan S1 Program Studi Pendidikan Dokter dari Universitas Muhammdiyah, Jakarta, angkatan 2006.

Kak Gifa sekarang menjabat sebagai Ka.Ur Kurikulum Klinik (Medical Education Unit), mengajar mata kuliah Keterampilan Klinik (Skills Lab), Tutorial (Problem Based Learning), sekaligus menjadi asisten dosen bidang Parasitologi.

Seperti kebanyakan mahasiswa Kedokteran lainnya, penggemar film komedi, action, dan seri Marvel ini merasa pengalamannya yang paling berkesan selama menjadi mahasiswa Kedokteran adalah ketika harus Koass di rumah sakit. Pengalamannya seru-seru banget, sih, mulai dari pengalaman ketemu pasien, sampai ketemu mayat! Selain itu? “Lulus dengan predikat cumlaude, baik di sebagai sarjana kedokteran, maupun dokter. Alhamdulillah banget.” Wow!

Kedua, ada dr. Rosyid Mawardi alias Kak Rosyid, lulusan lulusan S1 Program Studi Pendidikan Dokter dari Universitas Indonesia, angkatan 2011.

Ketika ditanya pengalamannya yang paling berkesan selama kuliah, kelahiran Lumajang, 16 Mei 1994 ini bercerita, “Waktu itu, saya sedang jaga malam di IGD sebuah RS pendidikan di Jakarta. Sekitar pukul 01.00 dini hari, seorang anak perempuan berusia 6 tahun dilarikan ayahnya ke IGD. Anak itu tampak pucat, terasa dingin, dan mengalami penurunan kesadaran. Dia mengalami syok karena demam berdarah dengue derajat 4 yang, apabila terlambat ditangani, bisa fatal.

Berbagai upaya kami lakukan untuk memasukkan cairan infus. Kami sempat kesulitan melakukan hal ini, karena pembuluh darahnya kolaps. Alhamduillah, setelah dipantau beberapa jam, klinis anak pun berangsur membaik.

Ini adalah pengalaman yang cukup memacu jantung dan “menggagalkan” rencana kami, tim jaga, untuk tidur sejenak, hehehe.” Perjuangan menjadi dokter memang warbiyasak!

Terakhir, ada dr. Fatimah Sania atau Kak Sania, yang pernah diprofilkan Youthmanual di sini. Kak Sania adalah lulusan S1 Program Studi Kedokteran Umum dari Universitas Indonesia, angkatan 2014. Sekarang ini, Kak Sania sedang menjabat sebagai dokter magang.

Berbeda dengan pengalaman berkesan Kak Rosyid yang menegangkan, pengalaman berkesan bagi Kak Sania malah mengharukan. Dia bercerita, “Waktu zaman awal jadi Koas, kami melakukan kunjungan rumah, yang sekaligus membangun hubungan dekat dengan pasien. Jadi kami nggak hanya tahu penyakit, tetapi juga seluk beluk keluarga dan lingkungan mereka.

Waktu itu aku punya pasien jiwa yang baru-baru saja berobat, dan saya kesulitan untuk meyakinkan pasien dan keluarganya untuk rutin berobat. Apalagi saya hanya cuma ada waktu tiga minggu, sebelum harus pindah ke bagian lain. Eh, setahun kemudian, tiba-tiba saya mendapat telpon dari pasien tersebut yang cuma mau bilang terima kasih, karena dirinya sekarang sudah rutin berobat dan sudah kembali bekerja dengan baik. Terharu!”

***

Jangan lupa ya, gaes! Ini kesempatan emas buat kamu yang tertarik atau sekedar penasaran dengan jurusan kuliah Kedokteran ini.

Malu bertanya, bisa sesat di jurusan, lho. Yuk, merapat ke tautan ini!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1