Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi

Yuk, cari tahu mengenai program studi Okupasi Terapi di bawah berikut ini.

Apa, sih, Okupasi Terapi itu?

Okupasi Terapi adalah ilmu dalam bidang layanan kesehatan untuk pasien-pasien dengan disabilitas atau pasien-pasien yang memiliki gangguan fisik atau mental. Terapi ini bertujuan supaya para pasien bisa mandiri dalam kegiatan sehari-hari dengan cara melakukan berbagai aktivitas tertentu.

Bukan hanya secara fisik dan mental pasien yang diterapi, gaes. Okupasi Terapi menganalisis lingkungan (arsitektur dan letak furnitur rumah, lingkungan sosial, lingkungan kerja, dan lain-lain). Okupasi Terapi juga memberikan dukungan dari sisi psikologis dengan memotivasi dan mendengarkan mereka serta mengedukasi keluarga dan masyarakat terhadap kehidupan si pasien itu sendiri.

Intinya, Okupasi Terapi merupakan perpaduan dari 3 bidang ilmu, yaitu Pendidikan Dokter, Arsitektur, Psikologi

 Bedanya Okupasi Terapi dengan Ilmu Keperawatan dan Fisioterapi?

Okupasi terapi

Fisioterapi berbeda dengan Okupasi Terapi, gaes. Singkatnya Fisioterapi menyempurnakan kesalahan pada bagian tubuhmu. Misal, nih, seorang atlet mengalami cedera otot/keseleo, maka Fisioterapi-lah yang akan membantumu.

Okupasi Terapi  juga bisa dibilang lawan dari Ilmu Keperawatan. Dua bidang ini memiliki tujuan yang berbeda dengan cara yang berbeda pula.

Okupasi Terapi tidak melakukan pekerjaan para perawat— seperti menyuapi atau melayani para pasien. Bisa dibilang Perawat lebih memanjakan pasien, sedangkan Okupasi Terapi membuat pasien menjadi mandiri dengan mengandalkan keterbatasan pasien itu sendiri.

Contohnya, Okupasi Terapi menangani orang yang trauma, orang yang habis kecelakaan, seseorang yang menderita stroke, atau anak-anak dengan keterbelakangan mental agar bisa mencapai kemandirian sesuai dengan kemampuan yang ada pada pasien itu sendiri, gaes.

Jadi, Okupasi Terapi, Fisioterapi, dan Perawat ketiganya sangat bertolak belakang. Namun mereka bekerja dalam satu tim medis yang berisi dokter, perawat, Okupasi Terapi, Fisioterapi, Psikologis, dan sebagainya.

Keahlian yang dibutuhkan untuk mengambil program studi Okupasi Terapi?

Okupasi terapi

Beberapa keahlian Okupasi Terapi yang harus kamu punya adalah kreatif, tekun, pandai berkomunikasi, bisa bekarjasama dengan team, dapat memberi solusi, dapat menerapi (ya, iyalah!).

Apa aja yang bakal dipelajari kalau kita kuliah di Okupasi Terapi?

Banyak, gaes. Di program studi Okupasi Terapi ini kamu akan belajar bagaimana menghadapi dan menangani pasien dengan keterbelakangan mental atau kelainan fisik—seperti autis, down syndrome, hiperaktif, kelainan pada tulang, dan sebagainya.

Kamu juga akan belajar untuk menangani pasien yang terkena gangguan psikologis—seperti skizofrenia, depresi, OCD, dan lain-lain.

Dalam dunia perkuliahan pun memasuki jurusan Okupasi Terapi lebih susah dibandingkan memasuki program studi kedokteran, lho.

Trus, nanti kerjanya jadi apa?

Okupasi Terapi

Prospek kerja program studi ini sangat luas, gaes.  Lulusan program studi Okupasi Terapi punya peluang besar untuk berkarir di rumah sakit, klinik, pusat rehabilitasi, sekolah khusus, industri dan perusahaan swasta, serta menjadi seorang pendidik dan konsultan. Bahkan lulusan Okupasi Terapi berpeluang untuk bekerja di berbagai rumah sakit luar negeri, lho.

Oyaa, lulusan Okupasi Terapi di Indonesia masih sangat sedikit jumlahnya, sehingga membuat lulusan ini paling dicari dan ditawarkan dengan penghasilan yang cukup tinggi.

Kalau gitu, kampus mana aja yang menyediakan program studi Okupasi Terapi?

Di Indonesia, hanya ada 2 perguruan tinggi yang membuka program studi Okupasi Terapi. Perguruan tinggi tersebut adalah adalah Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (D-III) dengan akreditasi B serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta (D-III & D-IV) dengan akreditasi B.

***

Jadi, gimana tertarik dengan program studi yang satu ini?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: guernseypress.com, crystalrunhealthcare.com, mostdfw.com, singaporetech.edu.sg)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1