Tahun Ini, Ada 2 Pilihan Jurusan Kuliah Kekinian Baru di Vokasi Universitas Indonesia!

Tahu nggak kamu, gaes? Beberapa waktu lalu, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Vokasi UI membuka dua jurusan kuliah atau program studi kekinian di bidang Komunikasi, lho. Kira-kira program studi apa aja, ya? Penasaran? Simak berikut ini.

2 Program studi baru Vokasi UI

Dilansir dari laman UI, kedua program studi kekinian itu adalah Periklanan Kreatif dan Penyiaran Multimedia.

Program studi Periklanan Kreatif mempelajari bagaimana cara menjadi profesional kreatif yang terampil,  mampu menciptakan dan mengeksekusi iklan multimedia serta mampu mempertanggungjawabkannya dengan kinerja keuangan yang terukur.

Ke depannya, lulusan program studi ini diharapakan bisa terampil pada bidang perencanaan usaha (account planning), terampil dalam bidang kreatif dan media (creative and media), dan terampil pada bidang pengukuran kinerja program periklanan.

Bahkan, lulusan program studi ini bisa menjadi tenaga kerja hybrid yang sangat ideal dan mumpuni di industri periklanan dalam dan luar negeri, lho.

Sedangkan program studi Penyiaran Multimedia akan mempelajari tentang banyak hal. Mulai dari perencanaan dan pelaksanaan produksi hingga pasca produksi dalam sebuah karya penyiaran dan multimedia—baik itu untuk konten televisi, radio, social media dan multimedia lainnya sesuai dengan kaidah etika profesi.

Lulusan program studi ini juga memiliki pelung karir yang luas di dunia penyiaran, gaes. Di antaranya adalah penulis naskah atau script writer, asisten produser, produser, reporter, camera person, switcher, editor, multimedia officer, koordinator peliputan dan lain sebagainya.

Oyaa, program studi Penyiaran Multimedia telah memiliki 2 laboratorium, yaitu Studio TV Vokasi UI dan Studio Vocast Radio. Wah, keren, ya, gaes?

Tujuan adanya program studi baru

Penambahan program studi baru ini sebenarnya merupakan upaya Vokasi UI untuk menjawab kebutuhan industri yang memiliki skill profesional pada lulusannya nanti. Selain itu, kedua program studi ini juga merupakan pengembangan dari peminatan menjadi program studi.

Menurut, Sigit Pranowo Hadiwardoyo selaku Direktur Program Pendidikan Vokasi UI yang dikutip dari laman UI, mengatakan pengembangan program studi ini dimaksudkan agar para lulusan UI yang berminat di bidang ini lebih fokus pengetahuan dan keterampilannya dalam menghadapi kebutuhan industri.

Program Sekolah Vokasi UI

Vokasi UI menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang diploma tiga dengan gelar ahli madya dan ditempuh dalam waktu 3 tahun. Dengan bertambahnya dua program studi ini, sekarang Vokasi UI memiliki 13 jurusan yang terbagi menjadi Bidang Studi Administrasi dan Bisnis, Bidang Sosial Humaniora, dan Bidang Studi Kesehatan.

Kurikulum di Vokasi UI sendiri menitikberatkan praktikum, sehingga ditargetkan mampu menghasilkan lulusan siap kerja. Kurikulum tersebut dinamakan kurikulum 321 dimana mahasiswa selama 3 semester akan belajar di kelas dan laboratorium.

Sementara 2 semester belajar di industri dan 1 semesternya lagi diharuskan untuk magang. Jadi, saat lulus nanti, kamu yang menempuh pendidikan di Vokasi UI sudah benar-benar kompeten di bidangnya, gaes.

Para lulusan Vokasi UI juga harus lulus uji kompetensi, lho. Sehingga nggak hanya memperoleh ijazah tetapi juga sertifikat kompetensi.

***

Nah, buat kamu para lulusan SMA/SMK dan sederajat, kalau kamu tertarik sama dua program studi yang baru di buka oleh UI ini. Kamu bisa mendaftarnya melalui jalur penerimaan SIMAK UI 2019 di sini.

Fyi, SIMAK UI 2019 sudah dibuka sejak 10 Juni 2019 yang lalu hingga 10 Juli 2019 mendatang, ya. Jadi, kalau kamu benar-benar berminat segera daftarkan dirimu. Semoga berutung!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: ugcnetpaper1.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1