6 Tipe Pelajar Ketika Akan Menghadapi Ujian. Kira-Kira Kamu Tipe yang Mana?

Setiap pelajar pasti punya reaksi yang berbeda-beda kalau akan menghadapi ujian di sekolah—mau itu ulangan harian, Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun ujian akhir semester (UAS). Ada yang rajin banget, ada juga yang biasa-biasa saja.

Nah, penasaran nggak sih, seperti apa tipe-tipe pelajar saat menjelang ujian di sekolah? trus, kira-kira kamu tipe yang mana ya, gaes? Check this out!

1. Rajin

Yang pertama ada si tipe rajin, gaes. Semuanya pasti diringkas sama mereka. Mulai dari matematika hingga seni rupa. Semuanya diringkas dengan rapi dan nggak ada yang ketinggalan satupun dari apa yang sudah dijelaskan guru. Wow!

Setiap malem si tipe ini juga akan mengulang materi yang sudah didapatkannya pada hari itu. Tujuannya? Ya, biar mereka memahami materi lebih baik dan bisa mengerjakan ujian tanpa tengok kanan-kiri, deh.

As we know, kebanyakan orang-orang yang termasuk tipe ini adalah tipe yang kutu buku dan orang yang beranggapan bahwa nilai itu amatlah penting.

2. Ngeluh

Di era yang serba digital, si tipe yang satu ini banyak bermunculan di segala media sosial aka medsos yang kalian miliki saat menjelang ujian. Yups, kerjaannya curhat mulu di medsos!

Bukannya belajar, si tipe ini malah ngeluh atau buat kata-kata bijak dalam rangka menghadapi ujian. Daripada bermain medsos yang nggak ada akhirnya gitu, alangkah lebih baik kalau kalian buat ringkasan materi pelajaran yang pastinya lebih bermanfaat.

3. Mageran

Kalau ada si tipe rajin, pasti akan ada tipe mageran. Beberapa ciri dari tipe ini saat masa ujian mau dekat adalah mereka nggak mau nyari soal buat latihan dan mereka nggak mau nyatet materi pelajaran apa yang penting serta yang sudah dijelaskan guru.

Bagi seorang mageran, mereka akan mengandalkan si anak rajin. Mulai dari pinjem catetan sampai berhari-hari hingga minta soal-soal latihan untuk persiapan ujian.

4. SKS

Siapa yang nggak tahu sama istilah Sistem Kebut Semalam alias SKS? Kebanyakan dari pelajar pasti sering memakai sistem ini—baik itu untuk mengerjakan tugas hingga masa ujian.

Tapi tahukah kalian? Dengan belajar SKS kalian cuma bisa menghafalkan materi saja. Itu pun belum tentu kamu bisa menghafal dengan maksimal, lho?

Kenapa bisa begitu? Soalnya waktu yang kamu punya itu sangat terbatas dan harus dibagi sama semua materi yang akan diujikan esok harinya.  

5. Pasrah

Sudah kisi-kisi nggak dikasih, materinya banyak, sudah gitu gurunya jelasin pelajaran nggak ada yang pahami satupun lagi. Trus, apa yang bisa kalian lakukan selain pasrah dan mengharapkan keajaiban.

Oyaa, biasanya ini terjadi sama salah satu atau mata pelajaran yang sekiranya dianggep paling sulit saja sih, gaes. Misalnya, kalau di kelompok Saintek ada mata pelajaran Fisika. Kalau di kelompok Soshum mata pelajaran Ekonomi.

6. Bodo amat

Jadwal ujiannya 3 hari lagi, tapi masih punya waktu untuk main game berjam-jam, masih bisa seru-seruan main dan jalan-jalan, atau kegiatan-kegiatan lain yang nggak ada hubungannya dengan ujian. Nah, sikap itu biasanya dimiliki sama pelajar dengan tipe bodo amat.

Mereka yang bertipe ini biasanya berharap semoga guru atau pengawas ujiannya itu baik, jadi mereka bisa dapat contekan dari teman bangku sebelah atau bangku depan dan belakang. Bahkan ada juga lho, beberapa dari mereka yang mengumpulkan lembar kertas jawaban berisi nama dan NIS/NIM nya saja. Duh!

***

Itulah tadi tipe-tipe pelajar saat menghadapi ujian. Terlepas dari tipe apa kamu saat menghadapi ujian, ada baiknya kalau kamu mempersiapkan ujian itu dari jauh-jauh hari.

Lebih baik berusaha dari jauh-jauh hari daripada kena remedial, ‘kan? Lagipula belum tentu juga pas remedial, nilai kamu bisa sempurna, mentok-mentoknya pasti standar KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal). Alhasil, nilai di rapor kamu juga B saja alias pas-pasan.

Jadi, mulailah membiasakan atur waktu belajar sekatang. Tetap semangat dan terus berjuang semampu kamu ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: kidshelpline.com.au)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 15 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1