25 Hal Penting Untuk Diketahui Anak SMA, Agar Hidup Terasa Lebih Mudah!

Youthmanual tahu, 25 hal ini nggak ada dalam kurikulum pelajaran kamu. Maka dari itu, Youthmanual mau ngasih tahu hal-hal di bawah ini, supaya kehidupan sekolah dan kehidupan personal kamu terasa lebih santai, mudah, dan terkendali! Rudal kali, aah, terkendali…

25. Senior nggak selalu benar. Kalaupun kamu apes kena Ospek atau bully senior, sesungguhnya digencet sama senior bukanlah akhir dari dunia. You’ll move on. Bukan juga tradisi yang perlu diteruskan, ya.

24. Punya usaha kecil-kecilan atau pekerjaan sambilan bakal memberikan kamu banyak keuntungan, walaupun cuma untuk dana usaha kegiatan di kelas. Dengan kerja sambilan, kamu jadi bisa dapat ilmu, skill, dan pastinya, uang tambahan.

23. Nggak perlu menunggu naik kelas atau lulus sekolah untuk mengambil les bahasa asing. Do it now!

22. Waktu yang ideal untuk mencari passion-mu adalah sejak kelas 10. Bukan menjelang daftar perguruan tinggi negeri, lho!

21. Jurusan IPS atau Bahasa bukanlah jurusan “nomor dua”, dan masuk jurusan tersebut sama sekali nggak akan bikin peluang kuliah dan kerja kamu nanti berkurang.

20. Siapa bilang anak IPA kerjaannya belajar melulu? Kelas IPA juga bisa seru dan asyik, lho!

19. Kamu bakal rugi kalau cuma berteman dan nongkrong dengan geng yang “itu-itu” aja di sekolah. Bergaul, deh, dengan semua siswa untuk menambah wawasan dan memperluas network.

18. Manfaat ikutan ekskul dan organisasi di luar kelas memang seperti kata Teteh Syahrini, “Terpampang nyata, bukan fatamorgana!”. Yup, kegiatan luar kelas memang ngaruh terhadap perkembangan skill dan kepribadian kamu. Nantinya menambah poin di CV, pula!

17. Kalau kamu patah hati, bukan berarti dunia kamu berakhir. Dijamin, kamu akan “sembuh” dengan cepat, jatuh cinta lagi, trus ya patah hati lagi. Hihihi!

 16. Teman yang bikin kamu merasa minder, rendah diri, dan nggak nyaman termasuk dalam toxic friend(s) yang seharusnya kamu jauhi.

15. Kamu juga sebaiknya menjauh dari lingkungan pertemanan yang hobi saling backstabbing dan ngegosipin satu sama lain. Si A ngomongin si B, si B gosipin si C, si C Jelek-jelekin si A dan si B. Pusing! Tapi jangan musuhi mereka juga, ya, soalnya nggak ada manfaatnya! Cukup jauhi aja.

14. Jangan anggap enteng kebiasaan telat, termasuk terlambat datang ke sekolah. Ubah secepatnya!

13. Ada saatnya kamu nggak perlu mendukung teman, yaitu saat dia melakukan hal yang nggak benar atau yang nggak sesuai dengan hati kamu.

12. Jangan tunda-tunda pekerjaan rumah dan tugas kamu. Jangan punya pola pikir, “Kerjainnya besok aja, deh! Masih sempet, kok.” Kerjakan SEKARANG!

11. Jangan ikut-ikutan tren “kesehatan” ini-itu tanpa konsultasi sama dokter dulu, it’s a BIG NO! Apalagi kalau sampai coba-coba mengonsumsi obat kurus, pemutih kulit instan, suplemen otot, dan semacamnya. Bahaya!

10. Tenang, semua orang pernah mengalami bad hair day, kok. Or simply bad day.

9. Cerdas dan punya prestasi akademik yang gemilang nggak bikin kamu less cool dan susah punya teman.

8. Jangan potong rambut atau poni sendiri, hanya dengan bantuan video Youtube. Per-ca-ya-lah!

7. “Pede aja!” adalah jargon yang mudah diucapkan, tapi sulit dijalankan. Intinya, setiap orang punya kelebihan dan kekuatan masing-masing, dan tugas kamu adalah menggenjot kelebihan kamu, dan menerima kekurangan kamu. Decide your ‘currency’, kalau kata aktris kocak Amy Poehler.

6. Wajar banget, kok, kalau passion dan cita-cita kamu masih berubah-ubah.

5. Orang tua jangan dilawan, tapi didapat kepercayaannya. Meraih kepercayaan ortu memang butuh waktu dan perjuangan, sementara melanggar aturan mereka gampang banget! Itulah tantangannya.

4. Hal yang kamu anggap sebagai kekurangan fisik—kayak kulit gelap, bibir tebal, rambut keriting—sebenarnya bisa jadi kelebihan dan keunikanmu.

3. Kawan yang kamu remehkan pas SMA bisa jadi orang hebat di masa depan, lho. So, jangan pernah, deh, remehin orang lain. 

2. Cepat atau lambat, kebohongan bakal terungkap.

1. Nggak ada orang yang hidupnya sempurna. Jadi nggak usah iri dengan orang lain yang kelihatan perfect dan punya segalanya, karena kamu nggak tahu keseluruhan hidup orang tersebut!

(sumber gambar: majalahouch.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 17 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1