Nggak Hanya Sekedar Membantu Gratisan, Inilah 5 Manfaat Besar Menjadi Relawan

Kamu pasti tahu, dong, istilah volunteer alias relawan. Pada dasarnya, relawan adalah orang yang memberikan bantuan tenaga dan pikiran tanpa kompensasi finansial, alias g-r-a-t-i-s. Biasanya, nih, para relawan memberikan bantuan untuk misi sosial. Misalnya, para relawan palang merah yang menyumbangkan tenaga medis mereka untuk para korban bencana alam, atau para relawan Greenpeace yang memberikan penyuluhan sosial tentang konservasi lingkungan.

Kenapa, sih, relawan rela capek walaupun nggak dibayar? Karena jadi relawan, tuh, banyak manfaatnya! Berikut lima yang utama.

1. Memberikan kontribusi sosial

volunteering

Pernah denger pepatah, “Sebaik-baiknya manusia, adalah yang berguna bagi orang banyak.”? Nah, dengan menjadi relawan, kamu bisa menggunakan kemampuan kamu untuk memberikan kontribusi sosial. Contohnya, dengan jadi tenaga pengajar gratis untuk anak-anak kurang mampu, kamu bisa berkontribusi dalam pendidikan Indonesia.

Walaupun kontribusi kamu terkesan sepele, jangan merasa volunteering kamu itu nggak ngaruh, ya! Bisa jadi perbuatan “kecil” kamu menginspirasi orang lain, trus menciptakan efek domino.

Banyak, lho, hal besar yang dimulai dari perubahan-perubahan kecil.

2. Memperluas pergaulan (networking)

networking through volunteering

Dengan menjadi relawan di organisasi atau komunitas tertentu, tentunya kamu jadi bisa kenalan dengan banyak orang baru, dari berbagai latar belakang. Jadi teman kamu nggak cuma sesama pelajar dari sekolah, kampus, atau tempat les, tetapi juga pekerja kantoran, pengusaha, bahkan pensiunan! Pastinya, kamu bisa belajar banyaaaak sekali dari mereka.

Trus, meskipun umur dan latar belakang kalian berbeda, jangan khawatir nggak nyambung, gaes! Kalian pasti tetap bisa ngobrol, kok, karena kalian ‘kan punya satu interest yang sama, yaitu menjadi relawan di organisasi pilihan kalian.

Pssst, yang jomblo juga bisa jadi relawan sambil cari jodoh juga, lho #sambilmenyelamminumair #sumpahinibukancurhat

3. Menambah pengalaman 

Sebagai contoh, sebelum jadi relawan, kamu nggak pernah ditunjuk jadi Project Manager, eh, tiba-tiba organisasi sosial kamu menunjuk kamu sebagai PM. Akhirnya kamu jadi belajar jadi PM dalam mengorganisir proyek sosial, deh.

Contoh lainnya, saya pernah jadi relawan untuk program mengajar di Sekolah Dasar. Sebelumnya, saya menganggap enteng kegiatan mengajar, tapi dari kegiatan ini, saya jadi paham susahnya mengajar anak SD. Mulai dari menyiapkan bahan ajar, mengendalikan dinamika kelas supaya semua murid memahami materi, sampai membagi perhatian yang rata kepada anak-anak, saya jadi belajar banyak. It’s not easy at all! Alhasil, saya jadi sangat menghormati dan menghargai profesi guru.

4. Memperkuat Prospek Karir

volunteering

Pas melamar kerja nanti, kamu bakal lebih menonjol di antara kandidat lain, kalau kamu punya pengalaman yang lebih banyak dan network yang lebih luas. Nah, ini semua bisa kamu dapatkan dari menjadi relawan!

Kenapa, sih, pengalaman jadi relawan bisa jadi nilai plus? Soalnya, cara pandang kamu biasanya jadi lebih luas dan matang. Kamu juga nggak lagi canggung berinteraksi dengan orang yang lebih tua, lebih muda, atau yang punya latar belakang berbeda.

5. Menjadi lebih sehat

healthy with volunteeringLho, apa hubungannya jadi relawan dengan jadi lebih sehat? Menurut para ahli, kegiatan relawan bisa mengurangi tingkat stres, karena saat kamu melakukan kegiatan sosial, kamu jadi memperhatikan orang lain. Dengan begitu, kamu jadi nggak berlarut-larut dalam masalah kamu sendiri. Dengan kata lain, kamu jadi nggak egois mikirin diri sendiri melulu!

Nggak hanya itu, menjadi relawan bisa bikin mood dan emosi lebih positif, lho, karena kamu jadi merasa hidup lebih bermakna, berhubung kamu membantu orang lain dan melakukan kegiatan positif. Emosi dan mood positif ini bisa memperkuat sistem imun dan bikin kamu nggak gampang sakit!

Yuk, mulai cari kegiatan relawan yang menarik!

(sumber foto: idealistcareer.org, sheknows.com, lifefreeblog.org, medcitynews.com, toddbfreese.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1