Menghitung Peluang Lolos di SNMPTN 2021

Rangkaian SNMPTN 2021 sudah dimulai. Seleksi dilakukan dengan menyaring peserta yang memenuhi syarat, pendaftaran, hingga proses penentuan di tiap PTN. Nah, seberapakah peluang untuk bisa menembus SNMPTN 2021? Supaya bisa mendapat gambaran, kamu perlu memerhatikan yang berikut ini.

1. Kuota SNMPTN di berbagai perguruan tinggi minimal 20 persen. Dari pengalaman di tahun tahun sebelumnya, banyak kampus yang menerapkan kuota 20 persen.

2. Akreditasi dan performa sekolah berpengaruh dalam seleksi. Kalau berasal dari sekolah akreditasi A, berarti peluang masuknya besar? Lebih besar daripada sekolah akreditasi B atau C sih, TAPI… sekolah dengan akreditasi A itu banyaaak banget. Di Jakarta aja ada 300an sekolah dengan akreditasi A. Jadi persaingannya memang ketat.

3. Masih nyambung dengan poin sebelumnya, walau sama sama memiliki akreditasi A, peserta yang berasal dari sekolah favorit yang terkenal berprestasi tentu akan lebih diuntungkan ketimbang sekolah akreditasi A yang performanya biasa saja.

4. Nilai rapor juga sangat penting. Walau termasuk peringkat atas di sekolahmu, tapi kalau perjalanan nilaimu kurang oke, ada kemungkinan kamu akan kalah saing dengan peserta lainnya.

5. Sejauh apa sih, prestasi berpengaruh? Nggak ada rumus pastinya sih. Dan tiap PTN memiliki pertimbangan dan pembobotan tersendiri.

Pilih prestai dengan standar nasional, misalnya juara 2 Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi. Bukan menang di kompetisi yang diselenggarakan tempat les atau mal atau menang kompetisi di sekolah. Kebayang, ‘kan?  

6. Lantas gimana yang nggak punya prestasi? Prestasi bukan syarat wajib, kok. Hanya dicantumkan jika ada.

7. Untuk beberapa prodi Seni dan Olahraga diminta menyerahkan portofolio. Lakukan yang terbaik dan kerahkan usahamu di sini.

8. Perhatikan keketatan persaingan di prodi dan PTN yang dituju. Ada prodi dan PTN yang peminatnya jauh lebih banyak dibandingkan kursi yang ditawarkan.  Ini juga menentukan peluang masuk.

***

Dari poin di atas, kamu bisa memperkirakan peluangmu. Namun, jangan pernah memilih prodi hanya karena peluang masuknya besar. Pilihlah prodi yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan rencana masa depanmu.  Ingat, jika diterima di SNMPTN 2021, kamu nggak bisa ikutan SBMPTN 2021 dan SBMPTN tahun depannya.

Yang bisa kamu lakukan adalah, jalani proses SNMPTN dengan sebaik-baiknya dan pilih prodi yang sesuai untukmu. Optimis diterima boleh banget, tapi jangan overpede hingga nggak mempersiapkan diri untuk SBMPTM serta seleksi mandiri.

(Sumber gambar: Pixabay)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1