Strategi Meraih Beasiswa S1 Dalam Negeri Tahun 2021

Memangnya ada perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan beasiswa S1? Ada! Jika kamu mengincar beasiswa tahun 2021, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, serta berusaha keras untuk meraihnya. Kuncinya adalah niat yang kuat dan strategi yang tepat. Jadi, pasang niat dan simak 10 langkah berikut ini.

1. Cari beasiswa ke sumber yang terpercaya. Misalnya, situs atau akun resmi perguruan tinggi, Departemen Pendidikan, hingga institusi atau perusahaan yang punya program beasiswa. Pastinya, kamu bisa mengecek Rencanamu, karena kami memiliki direktori beasiswa di sini.

2. Kenali tipe beasiswa. Secara umum, beasiswa memiliki 2 tipe:

a. Beasiswa karena kemampuan/pencapaian/prestasi. Pencapaiannya bisa akademis maupun nonakademis

b. Beasiswa bantuan untuk pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu. Ini seperti yang diberikan pemerintah melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Nah, tipe ini penting untuk diketahui pendaftar, karena akan terkait erat dengan ketentuan beasiswa tersebut.

3. Ketahui bentuk beasiswanya. Beasiswa ada  yang diberikan parsial (tidak penuh). Misalnya, hanya biaya 2 semester pertama atau 50 persen dari seluruh biaya kuliah. Ada juga beasiswa penuh atau 100 persen. Misalnya, PPM School of Management memiliki program berupa beasiswa penuh (bebas biaya 100 persen), beasiswa parsial (50 persen dari biaya studi), dan beasiswa berupa potongan biaya sebesar Rp 55.000.000.

4. Memiliki minat dan pengetahuan yang cukup mengenai program studi yang ditawarkan. Biasanya sih, akan ditanyakan mengapa kamu memilih prodi tersebut. Jika jawabanmu nggak meyakinkan, kemungkinan besar kamu nggak akan lolos meraih beasiswa tersebut.

Lagipula, jika berhasil meraih beasiswa, ada syarat prestasi (IPK minimum) yang dipantau selama kuliah. Kalau kamu nggak minat, pasti akan makin berat menjalaninya.

Informasi yang perlu kamu ketahui antara lain, apa yang dipelajari di prodi tersebut, keterampilan yang diasah di situ, mata kuliah penting, serta pekerjaan yang sesuai untuk lulusannya.

5. Ketahui informasi mengenai kampus yang dituju dan mengapa kamu ingin kuliah di sana. Apalagi jika beasiswa berasal dari perguruan tinggi tersebut     .

6. Cari tahu tentang institusi yang memberikan beasiswa. Misalnya, lembaga X atau perusahaan Z. Ketahui perjalanan perusahaan tersebut serta mengapa mereka memberikan program beasiswa.

7. Ketahui apa saja yang akan diujikan dan menjadi bahan pertimbangan seleksi. Sebab tiap beasiswa memiliki kriteria yang berbeda.

Hal yang perlu diketahui antara lain adalah apa saja  tes yang akan dijalani dan materinya? Lalu, apakah ada proses wawancara atau presentasi? Kemudian, bahasa apa yang digunakan saat wawancara, apakah Bahasa Inggris atau Indonesia?

Selain itu, kamu perlu tahu apa saja dokumen yang dibutuhkan. Apakah harus menyertakan esai dan portofolio dalam format tertentu, surat rekomendasi, dan lain sebagainya?

Tanyakan pula apakah ada hal yang tidak wajib disertakan, namun bisa menambah poin penilaian. Misalnya, sertifikat prestasi atau pelatihan yang pernah dijalani.

8. Kenali dirimu sendiri. Mulai dari motivasi utama dirimu, mimpi yang ingin diraih, hingga kekurangan dan kelebihanmu. Ini akan membantumu menghadapi proses seleksi, terutama jika ada sesi wawancara atau menulis      esai diri.

9. Siapkan mental. Kamu akan menghadapi saingan yang berat dan proses seleksi yang ketat. Nggak jarang, peserta beasiswa diminta mengerjakan proyek yang sangat menantang bahkan sangat sulit diwujudkan. Kamu mesti terus semangat dan jangan merasa rendah diri atau terintimidasi.

10. Kuatkan kondisi fisik. Seleksi beasiswa biasanya melalui proses yang panjang. Tubuh yang sehat dan fit tentu akan sangat membantu. Di samping itu, biasanya dalam seleksi beasiswa ada tes kesehatan.

Beasiswa PPM School of Management

Berdiri sejak tahun 1967, PPM School of Management terinspirasi oleh Harvard Business School. Kini perguruan tinggi tersebut fokus untuk menghasilkan lulusan bidang Manajemen Bisnis dan Akuntansi terbaik yang bisa bermanfaat untuk kemajuan bangsa.

Untuk tahun ajaran 2021 ini, PPM School of Management menawarkan berbagai beasiswa untuk pelajar SMA/SMK/Sederajat yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di bidang Manajemen Bisnis dan Akuntansi Bisnis, yakni:

a. Beasiswa Penuh: Diberikan 100 persen.

b. Beasiswa Parsial: Beasiswa sebesar  50 persen dari total biaya kuliah 

c. Beasiswa Potongan Biaya Studi: Beasiswa berupa potongan biaya kuliah hingga Rp 55 juta.

Sementara materi seleksinya antara lain adalah lulus tes yang dilakukan PPM School of Management, menyertakan sertifikat prestasi, rapor, serta dokumen pendukung lainnya.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya serta mendaftarkan diri, bisa kamu lakukan di sini:

Beasiswa PPM School of Management

(Sumber gambar: Photo by Ekrulila from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 10 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1