10 Hal Kecil yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Bisa Menghancurkan Rasa Percaya Diri

Hal-hal kecil yang sering banget kita lakukan sehari-hari ternyata bisa menghancurkan rasa percaya diri secara perlahan, gaes. Makanya hindari 10 hal ini!

1. Memgisi waktu luang dengan scrolling through the Instagram “explore” feed. Biasanya, foto-foto di bagian “explore” memang punya banyak likes dan tampilannya kece. Sehingga, alam bawah sadar kamu mpun menanamkan ide tentang kesempurnaan versi foto orang-orang dan membandingkannya dengan hidup kamu.

2. Mencoba untuk selalu tampil lebih keren dan lebih ramah ke orang-orang yang baru kamu kenal dan kamu idolakan. Misalnya, kamu bela-belain beli tas baru ketika akan bertemu orang tertentu. Kamu nggak menjadi diri sendiri dan merasa bahwa diri kamu yang apa adanya penuh kekurangan.

3. Kepoin kehidupan orang-orang yang kamu tahu serba lebih dari kamu. Mengira-ngira uang jajan mereka dan ketagihan melihat barang-barang yang mereka beli.

4. Cuek sama orang-orang terdekat bisa bikin rasa percaya diri hilang, lho. Kenapa? Soalnya kalau kamu memeperlakukan mereka dengan buruk, kemungkinan besar mereka bakal berhenti untuk mendukung. Padahal moral support dari mereka penting, lho.

5. Nggak menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas. Kebiasaan ini berbahaya banget karena kamu akan merasa nggak becus dalam mengerjakan sesuatu. Usahakan selalu menuntaskan pekerjaan kamu sebaik mungkin. Sehingga, kamu merasa bahwa kamu mampu mengerjakan sesuatu.

6. Langsung melihat smartphone begitu bangun tidur. Nah, kebiasaan kecil ini ternyata bisa mengikis rasa percaya diri juga. Soalnya, kamu memicu perasaan Fear of Missing Out (FOMO) alias ketakutan akan ditinggalkan semakin besar. Padahal, eksis terus juga nggak menimbulkan efek yang baik dalam kehidupan sosial kamu.

7. Nongkrong sama orang-orang yang bikin kamu merasa nggak percaya diri. Teman-teman terdekat harusnya saling menginspirasi, bukan berkompetisi tapi berkolaborasi. Kalau mereka hanya bisa merendahkan kamu dengan kritik yang nggak membangun, mendingan kamu cari lingkungan baru deh, sob!

8. Duduk atau berdiri dengan posisi bungkuk. Ini memang remeh banget, gaes. Tapi ternyata posisi duduk atau berdiri yang asal-asalan bikin kamu nggak mempresentasikan diri dengan baik. Kalau kebiasaan seperti ini berlanjut, ini bukan cuma mempengaruhi penilaian kamu terhadap diri sendiri tapi juga penilaian orang lain ke kamu.

9. Nggak pernah meminta maaf dan instropeksi diri. Dengan merendahkan hati dalam meminta maaf, kamu akan mengetahui kesalahan-kesalahan kamu dalam melakukan sesuatu atau memperlakukan orang lain. Sehingga, hal ini bikin kamu akan terus memperbaiki diri, yang bakalan menambah rasa percaya diri. Sebaliknya, kalau nggak pernah memperbaiki dan improve diri, kamu bakal sulit maju. Kondisi ini akan mengikis rass pede kamu.

10. Mencoba untuk meyakinkan seseorang supaya dia menyukai kamu, padahal udah jelas-jelas dia nggak tertarik. Sekeras apapun usaha yang kamu lakukan, bagi orang tersebut itu cuma menjadi hal biasa aja. Perasaan nggak dihargai akan muncul dan kamu berpotensi kehilangan percaya diri.

 

(Sumber gambar: metrouk2.files.wordpress.com, identity-mag.com, cdn.totalsororitymove.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1