14 'Macam' Ciuman—Sebuah Koleksi Hasil Fotografi Jurnalistik. Jangan Mikir yang Aneh-Aneh, Lho!

Kalau saya nyuruh kamu memvisualisasikan kata “mencium”, apa yang langsung terbayang? Mungkin pacar kamu, yaaa #ihiiy. Atau bagi yang jomlo, yang kebayang mungkin bunga.

Eaaa, ciyan banget, cuma bisa nyium kembang, hihihi.

Tapi sebenarnya, aktivitas mencium bisa dilakukan dalam berbagai macam hubungan, nggak hanya dalam hubungan kekasih. Open your mind, sob!

Aktivitas mencium bisa aja dalam hubungan orang tua dengan anak, orang dengan simbol agama, bahkan orang dengan hewan.

Nah, 15 karya Fotografi jurnalistik ini menggambarkan berbagai macam hubungan yang “diikat” dengan ciuman.

1. Seorang dokter hewan di Chongqing, Cina, mencium seekor kucing berumur 8 bulan. Kucingnya ini memakai roda prostetik untuk menggantikan kaki belakangnya yang lumpuh, setelah jatuh dari lantai 9 ke lantai 5 sebuah gedung, November lalu. Waduh, kasian :(

2. Sepasang kekasih (berusaha) ciuman sambil selfie di depan tempat wisata terkenal, Pont Des Arts, Paris, Perancis, di hari Valentine tahun 2014.

3. Striker Argentina Carlos Teves mencium rumput lapangan bola stadion La Bombonera, Buenos Aires, 13 Juli 2015, saat dia diperkenalkan sebagai pemain Boca Junior baru. Mungkin saking bersyukurnya, ya?

4. Di sebuah tembok restoran di Vilnius, ibukota Lituania, terdapat mural gambar president-elect Amerika Serikat Donald Trump berciuman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin

Kalau kata Kestutis Girnius, seorang dosen di Institut Hubungan Internasional dan Ilmu Politik di Universitas Vilnius, “Grafiti ini menunjukkan ketakutan sebagian masyarakat Vilnius, bahwa nanti [kalau jadi presiden Amerika] Donald Trump akan tunduk banget terhadap Vladimir Putin, dan jadi nggak peduli terhadap keamanan Lituania.

Apalagi Trump sudah menyatakan bahwa Putin adalah pemimpin yang kuat, dan NATO udah nggak efektif, serta mahal.”

Hayooo, buat mahasiswa Hubungan Internasional, tahu nggak, apa isu ketegangan antara Lituania dengan Rusia? Ngikutin berita nggak, nih?

5. Penyanyi Taylor Swift mencium piala BRIT Awards yang berhasil dia dapatkan Februari 2015 lalu, untuk kategori Penyanyi Solo Wanita Internasional. Meski jumlah piala penghargaan TayTay udah nggak kehitung lagi, it seems she still loves every one of them!

6. Seorang narapida di Sacramento, Kalifornia, Amerika Serikat dicium oleh anaknya yang berusia 2 tahun, dalam program “Get On the Bus” yang diadakan oleh departemen pidana di Folsom, Kalifornia.

Dengan program ini, anak-anak para napi bisa mengunjungi ayah mereka yang berada dalam penjara, naik bis gratis. Tujuan program ini adalah agar anak-anak ini nggak putus hubungan—dan bahkan bisa terus dekat—dengan ayah mereka di penjara.

7. Seorang umat Yahudi mencium Tembok Barat saat lagi berdoa di Yerusalem, Mei 2015

8. Seorang ibu-ibu lansia mencium sebuah robot di wisma lansia Residenza Sanitaria Assistenziale San Lorenzo, Firenze, Itali.

Memang, di wisma lansia ini, para penghuninya dilayani oleh… robot! Robot-robot ini adalah bagian dari proyek Robot-Era yang dikoordinir oleh Robotics Institute of the Scuola Superiore Sant'Anna di Pisa, dan memang didesain untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga.

Jadi pengen punya satu ya, gaes!

9. Walaupun harus dengan masker, sepasang kekasih berciuman di tengah badai pasir di Beijing, 15 April 2015.

10. Pangeran George dan Putri Charlotte, anak-anak dari Pangeran William dan Duchess Kate, difoto oleh ibu mereka di Anmer Hall di Norfolk, Inggris, pertengahan Mei 2015.

11. Paus Francis mencium kening seorang pasien anak, saat beliau sedang berkunjung ke RS Anak Federico Gomez di kota Meksiko, Februari 2016

12. Memangnya melawan aparat harus selalu dengan kekerasan? Coba lawan dengan cium!

Seorang cewek memakai lipstiknya lalu mencium tameng polisi di depan gedung pemerintahan Masedonia, di kota Skopje, Masedonia, Mei 2015. Cewek ini—bersama sekian ribu orang lainnya—berunjuk rasa menuntut turunnya Perdana Mentri Nikola Gruevski.

13. Mulan Jamilah, seekor harimau berusia 6 tahun, “mencium” pengasuhnya, Abdullah Sholeh di kebun rumah mereka di Malang, Januari 2014. Pemilik Mulan, Noer Muhammad Sholeh, 51 tahun, memperkerjakan Abdullah untuk merawat Mulan sejak umurnya masih 3 bulan, di Desa Dilem. Sekarang Pak Abdullah sudah jadi pengasuh full-time sekaligus “sahabat” Mulan. Dia rutin tidur, main, dan “berantem” dengan harimau besar ini. Wiiih, pekerjaan penuh adrenalin, nih!

14. Seorang imigran Suriah mencium anak perempuannya, sembari menggendongnya di tengah hujan badai menuju perbatasan Yunani dengan Masedonia, September 2015.

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1