5 Hal yang Nggak Perlu Dicemaskan Saat Usiamu 20-an

Biasanya, ketika kamu akan memasuki atau berada dalam rentang usia 20 tahunan, ada banyak sekali hal yang bisa membuat kamu stres. Mulai dari soal tugas-tugas kampus yang tiada berakhir, karier ke depan yang akan kamu ambil, lingkungan sosial, kehidupan asmara, tentang dirimu sendiri, dan lain sebagainya.

Well, sebagai orang yang juga berada di usia 20 tahunan. Nggak bisa dipungkiri, di usia ini kita akan mengalami banyak hal baru. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana bisa melalui permasalahan yang ada di usia 20 tahun ini dengan sebaik-baiknya, gaes.

Tapi, sebenarnya nggak semua hal harus kamu cemaskan, lho. Contohnya beberapa hal seperti di bawah berikut ini.

1. Pikiran orang lain

Hal pertama yang nggak perlu kamu cemaskan adalah isi pikiran orang lain atau apa yang orang lain pikirkan tentang drimu, gaes. Karena selain bikin kamu stres dan tertekan, kamu juga bisa kehilangan jati diri karena terlalu memikirkan orang lain.

Daripada menebak-nebak dan ambil pusing apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu. Alangkah lebih baiknya kalau kamu memikirkan masa depan. Ingat bahwa kamu masih memiliki banyak impian yang harus diwujudkan.

2. Standar sosial

Nggak bisa dipungkiri kalau manusia adalah makhluk sosial. Tapi, dalam hidup bermasyarakat sering kali berlaku yang namanya standar sosial seperti tolok ukur dimana seseorang dianggap setara antara satu sama lain. Padahal sebenarnya semua hal itu nggak terlalu penting, gaes. Kenapa?

Soalnya, semua orang punya jalan hidupnya masing-masing. Dan di usiamu yang berada dalam rentang 20 tahunan ini sebaiknya jangan dihabiskan dengan hidup berdasarkan standar orang lain.

3. Kekurangan fisik

“Kok aku gendut banget, sih”?

“Kok kamu jelek banget, banyak jerawatnya.”

Pernah berkata ke diri sendiri atau ngatain orang lain seperti itu nggak, sih? Pasti pernah, deh. Hihihi.

Menurut saya, sebagian besar orang nggak sadar kalau dirinya stres karena mencemaskan kondisi fisiknya—yang kurang cantik, kurang putih, dan lain-lain.

Memang, tampilan fisik sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Tapi, heyy! Nggak ada manusia yang sempurna, gaes.

Jangan membebani dirimu dengan kekurangan fisik yang ada pada dirimu, karena sebenarnya itu nggak perlu. Justru dengan kekurangan yang kamu punya, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu bisa sukses dan bahagia dengan hidup yang kamu punya.

4.  Kehidupan orang lain di sosial media

Anyway, hidup di jaman yang serba digital ini juga bisa membawa pengaruh buruk terhadap diri sendiri, lho. Hah? Kok bisa?

Well, kalau kamu punya sosial media bernama instagram. Pasti kamu tahu, dong, yang namanya instastory? Dari instastory, kamu bisa melihat aktivitas-aktivitas dari teman, sahabat, keluarga jauh, gebetan, musuh, hingga para artis dari luar dan dalam negeri.

Nah, disadari atau nggak hal yang paling sering terjadi saat kamu melihat instastory setiap harinya adalah akan timbul rasa iri ketika melihat orang lain punya kehidupan yang lebih baik dan bahagia di media sosial daripada kamu.

Padahal sebenarnya kamu nggak perlu mencemaskan hal itu. Karena pada kenyataannya banyak orang yang berpura-pura bahagia di media sosial, lho. Lebih baik kalau kamu memanfaatkan waktu untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang kamu punya dan hidup lebih baik untuk masa depanmu sendiri.

5. Relationship yang sempurna

Yap! Bukan rahasia umum lagi, ketika kamu memasuki usia 20-an, kamu pasti ingin menjalin hubungan dengan lawan jenis—apalagi kalau orang tuamu sudah memberikan lampu hijau alias membebaskan kamu untuk berpacaran.

Tapi, buat yang kamu yang belum punya pacar, kamu jangan terlalu buru-buru buat cari pacar atau terlalu cemas karena belum punya pacar, ya. Nikmati saja waktumu bersama tugas-tugas kuliah, teman-teman, sahabat dan keluarga.

Sebaliknya, kalau kamu sudah punya pacar, kamu juga nggak perlu cemas hingga menginginkan hubungan yang benar-benar sempurna. Jadikan pacarmu itu sebagai motivasi untuk lebih bersemangat lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari, semangat dalam kuliah, semangat mewujudkan cita-cita, dan lain sebagainya.

***

Itu tadi beberapa hal yang sebenarnya nggak perlu untuk kamu cemaskan saat kamu berada atau akan memasuki usia 20 tahunan, gaes. Jangan sia-siakan waktumu untuk mencemaskan hal-hal yang sebenarnya nggak terlalu penting dan bisa membuatmu stres, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: bacp.co.uk, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1