6 Terobosan Baru dalam Bidang Teknologi yang Mind Blowing Banget di Tahun 2018!

Hadirnya terobosan baru dalam bidang teknologi menjadi bukti bahwa jaman kita terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Selain merupakan bukti kemajuan jaman, adanya terobosan teknologi ini menjadi pertanda akan kehadiran hal-hal baru yang bermanfaat.

Misalnya aja, listrik dan lampu yang ditemukan pada abad ke-19. Kedua benda tersebut memberikan manfaat yang luar biasa sampai sekarang bagi manusia.

Namun, terobosan teknologi tersebut nggak berhenti disitu aja, gaes. Dari tahun ke tahun, orang-orang terus mencoba berinovasi dan menciptakan terobosan teknologi baru agar bisa memudahkan kehidupan umat manusia di bumi ini.

Dan pada tahun 2018, seenggaknya ada beberapa terobosan teknologi dan inovasi baru yang tentunya sangat mind blowing banget alias menggugah rasa penasaran kalian. Mari kita simak daftarnya berikut ini!

1. 3D Printing

3D Printing

3D Printing atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk 3D yang nggak cuma dilihat tapi juga bisa dipegang dan memiliki volume.

3D Printing sendiri udah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Namun, seiring perkembangan jaman, 3D Printing menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Nggak cuma mampu mencetak objek plastik aja, 3D Printing juga mencetak logam.

Pada 2017 aja, udah ada 3D Printing yang bisa mencetak berbahan stainless-steel. Bukan nggak mungkin, dalam beberapa tahun ke depan hampir di tiap rumah bisa memilikinya.

2. Gas tanpa polusi

Gas tanpa polusi

Di Amerika Serikat, tepatnya kota Houston, terdapat konstruksi pembangkit tenaga listrik yang mencoba teknologi baru—untuk menciptakan gas tanpa perlu mengeluarkan polusi. Perusahaan tersebut percaya bahwa bisa menangkap karbon dioksida yang terproduksi lewat gas terlebih dahulu sebelum tersebar ke udara, gaes.

Nah, dari hal itulah, gas dapat didaur ulang dan bisa digunakan secara terus-menerus dengan lebih murah dan tanpa perlu polusi.

3. Privasi sempurna untuk pengguna internet

Privasi sempurna untuk pengguna internet

Saat ini, privasi untuk pengguna internet sedang dikembangkan dan berada dalam bidang cryptographic, gaes. Melalui terobosan baru ini, kamu bisa membuktikan kalo kamu berumur 18 tahun tanpa perlu menuliskan tanggal lahirmu.

Dengan kecanggihan teknologi yang bernama zk-SNARKs ini, resiko identitas yang tercuri pun bisa dikurangi sedemikian rupa. Alhasil, nggak akan ada lagi deh, akun-akun palsu yang mengatasnamakan dirimu.

4. Kota futuristik

Kota futuristik

Pemerintah di seluruh dunia berusaha menggunakan teknologi untuk menciptakan kondisi hidup yang ideal bagi warganya. Salah satunya dengan membangun kota yang sepenuhnya dibangun oleh teknologi paling mutakhir di Toronto (Kanada) bernama Quayside.

Target proyek ini adalah membangun kota yang memiliki pondasi bersensor tinggi hingga dapat mengumpulkan banyak data. Mulai dari kualitas udara hingga tingkat kebisingan yang diciptakan orang-orang. Keren banget, ya!

5. Artificial intelligence (AI)

Artificial intelligence

Kamu tentu udah nggak asing lagi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) ini, ‘kan? AI telah menjadi kunci utama keberhasilan perusahaan-perusahaan besar—seperti Amazon, Google, sampai Microsoft, gaes.

Permasalahannya AI sendiri cukup mahal untuk didapatkannya. Karena hal itulah, perusahaan-perusahaan besar mencoba menciptakan AI yang lebih murah dan menjangkau masyarakat lebih luas.

Keuntungan dari penggunaan AI berskala besar sendiri adalah peningkatan ekonomi.

6. Peramal masa depan genetik

Peramal masa depan genetik

Terakhir adalah munculnya sebuah terobosan untuk meramalkan masa depan genetik, gaes. Dipercaya suatu hari nanti bayi akan menerima sebuah rapot yang memberikan info tentang kesehatannya. Singkatnya, dengan alat ini kamu akan mengetahui kesehatan bayi di dalam kandungan nanti.

Kamu akan dimudahkan untuk melihat kondisi kesehatan bayimu, bahkan kamu juga dapat melihat seberapa besar calon bayimu ini memiliki resiko terkena serangan jantung ataupun hal lainnya—hanya dengan melihat genetik mereka aja. Walaupun membantu penanganan dalam bidang kesehatan, tapi teknologi ini ditakutkan juga akan memberikan adanya diskriminasi genetik, gaes.

***

Itulah teknologi-teknologi mutakhir yang sedang dikembangkan pada tahun 2018 ini. Rencananya teknologi tersebut bakal siap dalam beberapa tahun ke depan. Menurutmu, teknologi manakah yang akan sangat membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, ya, gaes?

 

Baca juga: 


 

(Sumber gambar: codeburst.io, independent.co.uk, washingtonexaminer.com, aturduit.com, thestar.com, youtube.com, geneticsdigest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1