5 Cara Efektif Membangkitkan Mood Ketika Bosan dan Stres Belajar

Kalian pasti sudah pernah membaca soal berbagai metode belajar yang pernah ditulis Youthmanual. Harapannya, semua itu membantu kalian supaya lebih efektif dan produktif ketika belajar. Tapi saya yakin, nih, di tengah kegiatan belajar atau mengerjakan sesuatu, pasti ada aja momen-momen bosan dan stres. Godaan syaiton supaya kita segera menutup buku memang besar banget ya, gaes! #hufffttt

Godaan ini biasanya berbentuk distraksi pengen buka media sosial, lanjut belanja online atau sekedar lirik chat di grup. Duh, kalau udah terdistraksi begini, mood belajar jadi amburadul!

Terus gimana, dong?

Jawabannya adalah KAMU HARUS BREAK ALIAS BERHENTI SEJENAK

Nah, buat kamu yang lagi serius-seriusnya belajarnya buat persiapan masuk universitas, silakan berhentilah sejenak dari kegiatan belajar tersebut. Tapi, main HP nggak termasuk cara yang tepat untuk menghilangkan bosan dan stres ketika belajar, lho!

Isilah break atau jeda kamu dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Pindah dari tempat belajar kamu

Kalau kamu memilih untuk belajar di kamar, lalu rasa bosan atau stres menyerang, kamu bisa berhenti sejanak dan keluar dari kamar kamu. Misalnya, pergi ke dapur lalu minum air putih. Sambil nyemil kerupuk di meja makan juga boleh, kok. Hehehe…

Pokoknya, pakai waktu break untuk pindah dari tempat kamu belajar. Menurut penelitian, mengganti suasana atau lingkungan sangat baik untuk mengurangi beban stres. Saya sendiri kalau diserang bosan ketika belajar, memilih duduk di teras dan….. bengong.

2. Susun playlist yang bikin semangat

Ketika sedang break dari belajar, kamu juga bisa menyusun playlist baru yang bikin mood kamu kembali stabil. Bahkan kalau perlu, kamu bisa bernyanyi atau menari ketika jeda. Nggak ada salahnya, kok, konser di kamar sendiri. Hihihi…

Nih, tengok daftar lagu yang cocok untuk menambah semangat menurut psikolog.

3. Mandi

Serius, nih? Mandi bisa balikin mood buat belajar? BISA DONG.

Menurut penelitian kesehatan, air mengalir bikin otot di tubuh kamu mengendur. Hasilnya, kamu bisa lebih rileks dan otak kembali siap untuk menerima materi baru. Ini kenapa banyak psikolog menyarankan orang yang lagi galau atau bersedih untuk mandi di bawah air mengalir. Soalnya, efek psikologisnya memang berpengaruh besar, gaes.

4. Tidur singkat

Youthmanual pernah menulis tentang manfaat tidur singkat buat produktifitas. Durasi terbaik untuk tidur siang adalah 15-30 menit. Bagi kebanyakan orang, power nap standar yang berdurasi 15-30 menit adalah durasi yang paling baik untuk meningkatkan energi kamu, tanpa membuat kamu nggak bisa tidur di malam hari.

5. Bermain dengan hewan peliharaan atau melihat video lucu

Mengisi waktu break ketika belajar dengan bermain-main bareng hewan peliharaan udah pasti bakal bikin kamu kembali fresh. Bahkan cuma sekedar memberi makan atau mengelus hewan peliharaan dipercaya bisa melepas ketegangan yang kamu hadapi selama belajar.

Kalau kamu nggak punya hewan peliharaan, kamu bisa menonton video lucu lewat Youtube. Tapi ingat ya, gaes, jangan keterusan membuka yang lain dan bikin waktu break jadi panjang. Intinya, pasang waktu break sekitar 15-20 menit aja.

***

See? Banyak hal yang lebih berfaedah bisa kamu lakukan untuk mengisi break dan mengembalikan mood belajar. Menghadapi tes masuk universitas, jangan sering-sering pegang HP dulu deh, gaes! Semangaaattt!

 

(Sumber gambar: indianexpress.com, 68.media.tumblr.com, ebookfriendly.com, barkpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1