8 Kebiasaan Kecil yang Gampang Dilakukan untuk Menghemat Uang

Kalau kamu bingung kenapa uang jajan kamu habis mulu, coba tengok kebiasaan kamu sehari-hari deh. Apakah kamu sering makan siang di cafe? Beli sesuatu yang sebetulnya nggak kamu perlukan? Atau punya lifestyle yang sebetulnya nggak “kamu banget”, tapi kamu lakukan demi menjaga kekompakan bareng teman-teman?

Kelihatannya hal tersebut cuma kebiasaan sehari-hari yang nggak penting, ya? Tapi kalau kamu mengubahnya, kamu bisa nyimpan lebih banyak uang.

Diolah dari situs Business Insider dan Quora, berikut 8 jawaban paling gampang untuk menghemat uang dan bisa kamu terapkan dalam kebiasaan sehari-hari.

1. Belajar nggak tergoda sama diskon

Coba pikirkan lagi ketika kamu melihat barang diskonan ya, gaes. Ingat, diskon 50% kalau harga barangnya mahal dan nggak masuk akal sama aja membebani hidup kamu. Menurut ahli ekonomi di Amerika, salah satu cara untuk “melawan” diskon adalah dengan memikirkan kebutuhan barangnya, dan bukan angka diskonnya.

Jadi kalau kamu merasa bahwa barang tersebut nggak penting-penting banget, kamu HARUS menolaknya meskipun diskon yang terpampang sampai 70%!

2. Bikin atau kerjakan sendiri hal-hal yang memungkinkan

Sebagai anak muda, kita harus punya sikap untuk terus menantang diri sendiri, termasuk membuat atau mengerjakan hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Misalnya, kalau mau mendekor ulang kamar, nggak usah beli pernak-pernik di toko suvenir. Tapi cobalah buat lukisan, hiasan dinding dan lain sebagainya sendiri.

Hasilnya jelek? Ya nggak masalah, justru itu bisa jadi kenang-kenangan dan nilai ukur kita melatih kemampuan baru.

3. Belajar delayed gratification alias menahan diri

Kalo kamu lagi belanja, jangan biasakan melihat barang dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Tunggu beberapa jam, beberapa hari atau beberapa minggu. Kalau ketertarikan kamu terhadap barng itu tetap sama, baru deh kamu putuskan untuk beli.

Jangan lupa juga pikirkan apakah barang tersebut bisa bermanfaat lama dan sesuai sama harganya.

4. Tahu kapan harus beli barang bagus

Kamu boleh kok membeli barang bagus. Asal, kamu tahu bahwa itu bisa dipakai dalam waktu yang lama.

5. Masak

mentang-mentang anak kostan, jangan beli makan melulu. Sekali-sekali, masak sendiri atau masak di rumah untuk stok beberapa hari ke depan. Selain lebih hemat, ini juga terbukti lebih sehat.

6. Stick to the budget

Dalam sebulan, kita pasti punya jatah uang jajan yang bisa dipakai. Nah, pakailah uang yang kamu punya dan kamu alokasikan. Di luar itu, jangan ganggu gugat uang simpanan kamu. Kalau perlu, tiap bulan langsung masukin tabungan dan nggak usah pakai fasilitas kartu ATM. Jadi, kamu nggak dengan mudah narik uang atau gesek sembarangan.

7. Tidur lebih cepat

Awalnya, saya ketawa ketika membaca tips yang satu ini. tapi menurut penelitian kesehatan, begadang bikin kamu sering lapar dan cenderung pengen beli makanan. Padahal, malam hari adalah kesempatan buat organ tubuh kamu beristirahat.

Selain itu, data online shop di beberapa negara berkembang menunjukkan bahwa transaksi  pembelian banyak dilakukan di atas jam delapan malam. Makanya mending tidur cepet deh, gaes!

8. Cobalah puas dengan apa yang udah kamu miliki

Pengen ganti laptop? Alasannya kenapa? Karena ada versi yang lebih baru? Kalau punya kamu masih mumpuni untuk digunakan, maka belajarlah untuk berpuas diri atas apa yang kamu miliki.

Pikirkan hal yang lebih besar dari sekedar laptop. Misalnya, kualitas tugas kamu bukan ditentukan dari merk laptop, tapi dari usaha kamu menyusunnya. Pertemanan kamu juga nggak ditentukan dari baju atau sepatu baru, lho. Tapi terletak pada kecocokan karakter kamu dan teman-teman.

Menurut salah satu pengguna situs Quora, kalau kita mengikuti hawa nafsu dan nggak pernah puas sama apa yang kita miliki, kita nggak akan pernah bisa menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih berharga seperti membantu orang lain atau travelling ke tempat yang kita mau.

 

(Sumber gambar: pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1