8 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Brain Power yang Bisa Mempertajam Pemikiran dan Ingatan Kamu!

Suka sebel nggak sih kalau kamu lagi ngerjain sebuah tugas, eh tau-tau kamu terdiam, bengong, bingung mau melakukan apa lagi karena kamu lupa apa yang harus kamu lakukan. Kalau iya, mungkin ini sudah saatnya kamu me-recharge kekuatan otak kamu.

Seiring kita beranjak dewasa, otak kita memang mulai kehilangan ketajaman pemikirannya sedikit demi sedikit. Nggak asyik banget ‘kan kalau kamu udah pikun sebelum waktunya? Makanya, kali ini Youthmanual mau kasih tips cara meningkatkan kekuatan otak aka brain power yang bisa mempertajam pemikiran dan bahkan ingatan kamu.

Yuk, simak!

1.  Dress to Impress

Percaya nggak kalau cara kamu berpakaian itu mempengaruhi kondisi otak kamu dalam berpikir?

Yup! Beberapa ahli psikologi telah melakukan penelitian yang menyatakan bahwa memakai pakaian yang sedikit lebih formal dari biasanya akan membuat kamu berfikir dengan lebih konseptual. Seperti mendiang Steve Jobs dan atasan turtleneck andalannya yang memberikan image bahwa ia melihat ide sebaai sesuatu yang utuh dibanding potongan-potongan kecil.

2. Perbanyak jalan-jalan

Literally jalan-jalan ya, menggunakan kaki bukan naik motor atau naik mobil. Saat kita berjalan kaki, otak kita akan berada dalam fase neuroplastic—sebuah fase di mana otak kita siap untuk menampung informasi dan melepaskan growth factor yang bertindak sebagai “pupuk” yang menyuburkan otak. Lebih lagi, beberapa penelitian menyatakan bahwa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki setiap hari bisa menurunkan resiko penyakit dementia hingga 60%.

3. Kurangi Googling

Apakah internet membuat otak kita tumpul? Well, tergantung gimana kamu menggunakannya. Tahu nggak, kalau semakin mudah kamu mendapatkan informasi yang kamu cari, semakin mudah juga kamu melupakan informasi tersebut? Yes. Ini terjadi karena kamu nggak menggunakan kemampuan otak kamu untuk berusaha mendapatkan informasi tersebut.

Nah, inilah kenapa untuk meningkatkan brain power kamu harus mulai mengurangi Googling saat ingin mencari tahu sesuatu. Sebagai gantinya, coba deh baca buku atau ngobrol dengan orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut. Ini bisa meningkatkan kemampuan otak kamu dalam memproses informasi dan mempertajam ingatanmu, lho!

4. Belajar bahasa baru

Sebuah studi dari Swedia menyatakan bahwa mempelajari sebuah bahasa baru saat kita dewasa membantu mengembangkan bagian-bagian otak yang terkait dengan ingatan dan pemikiran kognitif seprti hippocampus dan cerebral cortex. Ini terjadi karena otak kita terlatih untuk tetap berpikir kritis meski usia kita udah nggak muda lagi.

5. Buah zaitun dan kacang-kacangan

Lho, kenapa tiba-tiba ada makanan di sini?

Jangan bingung, sebuah penelitian pada tahun 2015 terhadap orang-orang Mediterania menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Karena apa? Tepat sekali, karena mereka banyak mengkonsumsi buah zaitun dan kacang-kacangan. Kedua jenis makanan ini tinggi dalam kandungan vitamin E yang memiliki banyak manfaat, termasuk salahsatunya adalah menjaga otak kita untuk tetap sehat.

6. Yoga

Olahraga yang satu ini selain bisa membantu kamu menjaga kesehatan tubuh dan menenangkan pikiran, ternyata juga bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Asyiknya, Yoga adalah jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu peralatan tambahan ataupun ke gym.

7. Tidur nyenyak

Ketika kita tidur, otak kita melakukan ‘kerja bakti’ untuk membersihkan racun-racun yang berpotensi mengganggu kinerjanya sambil membentuk jaringan-jaringan baru antar neuron yang berguna untuk meningkatkan nefek neuroplastic seperti yang udah disebutkan di atas.

Nah, tapi kalau tidur kita terganggu oleh kehadiran gadget, maka proses ini pun akan terhambat. Ujung-ujungnya yang terkena getahnya adalah otakmu yang kehilangan kesempatan untuk melakukan “maintenance” untuk menjaga performanya agar tetap tajam.

Jadi, yuk, mulai kita kurang-kurangin kegiatan begadang karena main HP!

8. Stop multitasking

Jack-of-all-trades is master of none, begitu kata pepatah. Begitupula yang terjadi saat kamu melakukan multitasking, seringnya ini bukannya membuat pekerjaan kamu makin efektif tapi malah membuat kamu ribet sendiri dan menurunkan kemampuan otakmu untuk fokus. Akhirnya, kamu malah nggak bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan hasil yang memuaskan—atau yang lebih buruk lagi, kamu bahkan nggak bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Hiiy, nggak banget deh!

***

Nah, gaes, tips-tips ini memang nggak bisa bikin kamu jadi jenius dalam semalam, tapi ini bisa membantu kamu untuk membangun pemikiran yang taja dan sehat—slowly, but sure.

(sumber gambar: nootronerd.com, nautil.us)

Baca juga:

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1