Tips Buat Anak Muda Supaya Bisa Baca Buku Lebih Banyak, Berdasarkan Penelitian

Nggak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat membaca buku bukan cuma menambah ilmu pengetahuan. Membaca buku juga bisa mengurangi stress, meningkatkan fokus, sampai menajamkan daya ingat.

Kalau kamu baca berbagai wawancara Youthmanual tentang orang sukses di masing-masing bidang, kamu pasti tahu bahwa mereka mendedikasikan banyak waktu untuk membaca buku. Bahkan, seorang ilmuan roket kayak Elon Musk mengaku mendapat ide-ide cemerlang untuk menyempurnakan roketnya dari membaca buku!

Udah banyak bukti bahwa membaca buku adalah kunci kesuksesan. Tapi, sebagai anak muda kita sering malas melakukannya. Bahkan, satu buku baru selesai berbulan-bulan. Hufftt...

Untungnya, sebuah penelitian di Harvard Business Review mengungkapkan ada beberapa tips yang bisa bikin membaca jadi kebiasaan sehari-hari. Selain itu, penelitian ini juga diklaim bikin kamu lebih memahami apa yang kamu baca, bukan cuma sekedar menyelesaikan bukunya.

1. Nggak masalah berhenti membaca di tengah jalan

Baru baca sampai BAB 1? Terus ternyata bukunya nggak cukup menarik untuk dilanjutkan? Yaudah langsung tutup dan ganti buku aja, sob.

Gretchen Rubin, seorang ahli tingkah laku manusia di Harvard Business Review bilang, prinsip "winners don't quit" nggak berlaku buat kebiasaan kita membaca. Luangkan waktu kamu untuk membaca buku yang benar-benar bagus. Kalau memang buku itu penting untuk menunjang pelajaran, maka buat poin-poin penting berupa rangkuman untuk kamu pahami. 

Ada lebih dari 50.000 buku diterbitkan setiap tahunnya, kita harus pandai memilah dong, ya?

2. Ada banyak menit-menit waktu luang yang bisa dimanfaatkan

Stephen King, seorang pengarang buku mendedikasikan lima jam sehari untuk membaca apapun. Awalnya, saya sendiri nggak percaya. Masa, sih, kuat banget lima jam buat baca buku?

Tapi ternyata membaca buku itu nggak harus lima jam tanpa henti. Intinya, Stephen King membawa buku kemanapun ia pergi. Sehingga, kalau ada waktu luang sebentar, ia bisa langsung membaca.

Kuncinya adalah memanfaatkan menit-menit waktu luang dalam aktifitas sehari-hari kamu, gaes. Misalnya, membaca buku ketika di tolilet, dalam perjalanan, atau ketika sedang menunggu pesanan makanan kamu datang. Menit-menit berharga ini jadi panjang kalau dikumpulkan.

3. Mulai baca aja, nggak usah kebanyakan nanya

Sering banget nggak minta rekomendasi buku bagus ke teman atau senior kamu? 

Atau sibuk beli buku, post ke media sosial, tapi dibacanya entah kapan.

Nah, menuut penelitian di Harvard, mereka yang terlalu sering membicarakan keinginan dan goalnya, hanya akan memperpendek motivasinya dalam mewujudkan goal tersebut. Mendingan, kamu baca dulu bukunya sampai habis, baru post ke media sosial untuk melakukan review. Followers juga jadi lebih senang karena mereka bisa melihat rekomendasi kamu.

4. Kurangi distraksi

Membaca buku memang hal yang bisa dilakukan sambil santai. Tapi, kamu juga harus melakukannya dengan fokus. Jauhkan smartphone atau jangan membaca buku sambil mendengarkan musik dengan lirik. Hal ini cuma bikin otak kamu terbagi untuk membaca buku dan melafalkan lirik.

Tips buat kamu yang doyan baca e-book, matikan paket data sementara waktu atau pasang airplane mode supaya notifikasi yang masuk nggak mengganggu kamu. 

5. Ubah mindset kamu bahwa membaca adalah kewajiban

Buku adalah jendela dunia, kamu pasti sering mendengar kalimat itu. Jadikan keinginan untuk menambah pengetahuan sebagai kebutuhan dan bukan kewajiban. Kalau kamu udah bisa melakukan hal ini, kamu bakal punya rasa penasaran untuk terus membaca buku baru.

Membaca buku nggak lantas menjadikan kamu lebih pintar dari orang lain. Tapi paling nggak, kamu jadi banyak tahu hal-hal menarik di dunia ini. Kamupun jadi bisa nyambung diajak ngobrol tentang apapun.

6. Bikin kurasi ala-ala sesuai dengan yang kamu inginkan

Kalau kamu bingung mau mulai baca buku apa, kamu bisa nyontek daftar buku orang-orang sukses di dunia kayak Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Pada akhirnya, kamu akan menemukan sendiri genre favorit kamu.

Supaya semangat kamu nggak kendor, usahakan membuat kurasi ala-ala kamu sendiri. Misalnya, bulan ini kamu berniat membaca tiga buku biografi. Bulan depan, tiga buku sastra dan seterusnya. Membuat kurasi bikin kita punya target membaca dan makin semangat membaca setiap saat.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: cdn.notonthehighstreet.com, i.huffpost.com, www.cartoonmovement.com, mashable.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1