Tips Puasa Sehat: Do’s and Don’ts Pola Makan dan Beraktivitas Selama Bulan Ramadan

Nggak sedikit, lho, orang yang megeluhkan masalah kesehatannya ketika beradaptasi dengan bulan puasa—terutama masalah pencernaan­. Katanya “kaget” lah, takut lama-lama kena maag lah, bulan puasa bikin gampang pusing dan ngantuk lah, dan 1001 alasan klise lainnya yang bikin kamu memputuskan untuk membatalkan puasa karena takut kondisi kamu akan bertambah parah.

Duh!

Padahal, jika dilakukan dengan benar, bulan puasa akan membawa kamu berbagai manfaat kesehatan yang nggak bisa kamu dapatkan di bulan-bulan biasa. So, simak do’s and don’ts aktivitas selama berpuasa di bawah ini agar kamu bisa menjaga kesehatan selama menjalaninya.

1

* Konsumsi 8 gelas air putih dalam sehari selama masa iftar (buka puasa) sampai sahur untuk mencegah dehidrasi dan balada sembelit.

* Usahakan untuk tidur selama 6-8 jam sehari agar tubuh dan mental kamu mendapatkan cukup istirahat. Ingat, kurang tidur hari ini berarti bakal gampang merasa capek di keesokan harinya!

* Berbukalah dengan makanan 4 sehat 5 sempurna—atau seenggaknya yang well-balanced. Pilihan makanan yang baik untuk berbuka meliputi sup (makanan berkuah), sayuran, makanan berat, buah-buahan, dan manisan khas bulan Ramadan seperti kurma. Jangan ngaku kenyang buka puasa pakai gorengan doang, lho, ya!

* Biasakan diri untuk berolahraga kecil sebelum berbuka puasa. Bisa jadi trik ngabuburit yang sehat dan penuh faedah, nih!

* SELALU awali puasa dengan sahur. Kalau kamu sampai nge-skip sahur, nggak cuma berpengaruh pada energi kamu untuk menjalani hari, tapi juga akan memperbesar risiko terkena gangguan pencernaan. Hiii!

* Jika memungkinkan, hindari berlama-lama di area yang panas dan kering agar kamu nggak cepat merasa haus dan dehidrasi.

2

* Ketika buka puasa, jangan makan makanan dengan porsi besar sekaligus. Dicicil aja, ya!

* Jangan biasakan untuk langsung tidur setelah sahur dan berbuka puasa. Beri jeda untuk tubuh kamu mencerna makanan terlebih dahulu, agar kamu nggak gampang terkena gangguan pencernaan.

3

Tips berfaedah lainnya agar kamu nggak gampang merasa haus selama berpuasa:

* Pastikan untuk minum air putih yang cukup selama periode berbuka puasa sampai sahur. Yuk terapkan pola 2-4-2 (2 gelas setelah buka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur) agar asupan air putih kamu selama berpuasa selalu tercukupi!

* Kurangi konsumsi makanan yang digoreng, yang mengandung banyak lemak serta kandungan gula.

* Hindari makanan-makanan yang bisa gampang bikin “seret” seperti asinan, kacang-kacangan, makanan kalengan, dan yang mengandung MSG.

* Lebih baik hilangkan dahaga kamu dengan air putih daripada minuman yang berperisa, bersoda, atau berpemanis, karena minuman-minuman tersebut hanya akan membuat kamu tambah haus.

Selamat berpuasa!

Baca juga:

(sumber gambar: islamicinsight.com, nestle-family.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1