Jurusanku: Administrasi Negara Universitas Jayabaya, Kartika Geovani

Dalam seri "Jurusanku", Kartika Geovani, mahasiswi Universitas Jayabaya, akan menjelaskan mengenai jurusannya: Administrasi Negara. Jangan salah, jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, lho. 

Kartika Geovani, yang lebih akrab dipanggil Geo, adalah mahasiswi tingkat akhir Universitas Jayabaya‍ jurusan Administrasi Negara Penasaran sama jurusan ini? Yuk, simak cerita Geo seputar jurusannya.

Jurusanku:

“Aku lagi kuliah di jurusan Administrasi Negara (AN). Secara umum, Administrasi Negara (atau Public Administration) adalah jurusan yang mempelajari gimana mengelola administrasi dengan baik. Khususnya, mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur di dalamnya.

AN meliputi proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, kaitannya dengan penerapan atau pelaksanaan kebijakan. Dan karena di kampusku jurusan AN ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), maka kita belajar sosial politik dengan porsi lebih besar.”

Mata kuliah penting:

“Menurut aku, setiap mata kuliah penting. Karena satu dengan lainnya berhubungan satu sama lain. Misalnya, di awal kuliah, kita bakal belajar pengantar statistik dan pengantar ilmu politik. Nanti kalau semesternya udah semakin meningkat, kita akan belajar masalah-masalah publik. Nah, mata kuliah awal itu ya bakal bermanfaat juga di akhir-akhir kuliah.”

Alasan kenapa memilih jurusan ini:

“Sebetulnya, waktu SMA aku ambil jurusan IPA. Tapi akhirnya aku memutuskan untuk banting setir ambil AN pas kuliah. Harapannya, aku nggak ketemu lagi sama pelajaran-pelajaran IPA. Hehehe…”

Tugas kuliah yang umum di dalam jurusan:

“Tugas AN banyak berhubungan dengan membuat makalah tentang politik, sistem pemerintahan serta pelayanan publik. Biasanya, dosen meminta kita menganalisa masalah-masalah yang ada dalam pelayanan publik.”

Peminatan dalam jurusan:

“Di berbagai universitas lain, misalnya Universitas Diponegoro, AN punya nama Administrasi Publik, sedangkan di UGM, namanya Manajemen Kebijakan Publik. Konsentrasinya bisa mengenai Administrasi Pembangunan, Kebijakan Publik dan Manajemen Publik. Di kampusku sendiri nggak ada konsentrasi lagi.”

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini:

“Karena aku dari jurusan IPA, aku merasa harus mengulang belajar dari awal. Mungkin kalau kamu awalnya dari jurusan IPS, mata pelajaran Ekonomi, Statistik, Pendidikan Pancasila bakal berguna banget.”

Peluang karier jurusan ini:

“Banyak, kok. Kamu bisa menjadi aparat pemerintah baik pusat ataupun daerah. Menjadi peneliti kebijakan publik, masuk partai politik dan jadi anggota legislatif atau malah berkecimpung di lembaga masyarakat. Pada intinya, jurusan AN adalah memahami pola pemerintahan dan masyarakat. Jadi kita bisa menerapkan ilmu kita di bidang tersebut.

Teman-temanku banyak juga yang jadi jurnalis politik.”

Tips untuk anak muda yang ingin memilih jurusan kuliah ini:

Sering-sering baca masalah publik dan pemerintahan, lalu belajarlah menganalisa masalah tersebut. Di kampusku, semakin dalam analisa kita terhadap sebuah masalah dan manajemen publik, maka semakin baik.

Banyak yang bilang anak AN cuma tahu lapisan luar mengenai manajemen dan sistem pemerintahan. Tapi lapisan luar itu sangat melebar. Makanya, kita harus memperdalam lewat belajar dan rajin mencari informasi sendiri.”

 

Tertarik sharing mengenai jurusan kuliahmu seperti ini?  Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman di sini

(Sumber gambar: Geo, Youtube)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1