Aplikasi Google yang Bermanfaat dan Wajib Kamu Ketahui

Istilah “Mbah Google” udah jadi makanan sehari-hari di kalangan anak muda Indonesia. Soalnya, kalau mendengar kata Google, pikiran kita langsung melayang ke mesin pencarian internet yang bisa ngasih jawaban apapun. Tinggal ketik kata atau kalimat yang kamu pengen tahu lebih jelas, maka Google bakal langsung menampilkannya. Jadinya, memang kayak “Mbah” yang bisa kita tanya apa aja.

Tapi tahu nggak, sih, kalau Google bukan cuma punya “Mbah” yang bisa membantu kamu mencari ini itu. Beberapa aplikasi Google–yang seringkali sudah terinstal langsung di beberapa smartphone, tablet dan notebook–malah sering diacuhkan. Padahal, sistem integrasinya lumayan memberi kemudahan, lho. Yuk, kita cek beberapa aplikasi Google yang bermanfaat dan wajib kamu ketahui.

Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan yang diluncurkan Google sejak tahun 2012. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs. Intinya, layanan ini bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan gratis hingga 15 GB. Kalau kamu menyimpan files di Google Drive, kamu bisa mengaksesnya dari manapun dan bisa dengan mudah mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, atau meninggalkan komentar pada files tersebut. Jdi nggak takut gampang kehilangan files, deh!

Google Mail (Gmail)

Kayaknya zaman sekarang, hampir semua komunikasi dan layanan apapun menggunakan email ya, gaes. Komunikasi sama dosen, daftar media sosial, sampai mau jadi anggota toko online, semua butuh email. Makanya, nggak heran kalau anak muda harus selalu terhubung sama email mereka.

Nah, Gmail adalah aplikasi email yang mudah digunakan untuk menghemat waktu. Langsung terima pesan lewat notifikasi push di gadgets, kita bisa langsung baca dan jawab email secara online maupun offline. Mau cari email penting juga tinggal ketik di kolom search aja.

Google Map

Google Map adalah aplikasi resmi yang bisa diandalkan buat navigasi GPS, lalu lintas, transportasi umum, serta detil tentang banyak tempat. Google Maps juga bisa menunjukkan jam-jam sibuk yang bikin jalanan macet secara real-time. Nggak harus online, kamu bisa melihat lokasi suatu tempat dan keadaan sekitarnya secara offline juga, lho. Saya sendiri sering banget menyusun itinerary jalan-jalan pakai Google Map. Soalnya, saya bisa lihat jarak tempuh lokasi A ke lokasi B, restaurant terdekat, tempat wisata, atau hotel tempat menginap.

Google Earth

Pengen ngeliat bangunan asli di London atau Paris? Nah, kamu bisa ngeliat sebuah tempat secara 3D lewat Google Earth. Amati langsung suasana di sebuah tempat dengan Street View. Bahkan, Google telah bekerja sama dengan Sesame Street, BBC Earth, NASA, dan lainnya supaya kita juga bisa melihat tempat-tempat yang mereka kunjungi. Jadi kayak beneran ada di tempat tersebut, gaes!

Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang cepat, mudah digunakan, dan aman. Dirancang untuk berbagai platform, Chrome memberikan artikel berita yang dipersonalisasi, maksudnya, kamu jadi bisa dapat link yang lebih akurat tentang apa yang kamu cari. Katanya, sih, Chrome diklaim menghemat penggunaan quota internet sampai 60% dengan fitur kompresi teks, gambar, video, dan situs tanpa menurunkan kualitasnya.

***

Oh iya, buat kamu yang pengen lebih mudah menggunakan ekosistem Google, Acer punya notebook kece yaitu Chromebook 11 yang batrenya tahan sampai 10 jam!

acer

Sebagian besar Chromebook jarang dilirik karena cuma memiliki spesifikasi sederhana dan desain hambar. Tapi, Acer ingin mengubah citra tersebut melalui jajaran Acer Chromebook 11 (CB311-8HT/CB311-8H) terbarunya. Dirilis dalam perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2018 di Las Vegas, Acer Chromebook 11 versi terbaru ini menawarkan kinerja luar biasa untuk aktivitas sehari-hari, serta didesain menarik dengan pilihan layar sentuh dan layar biasa.

Chromebook mudah digunakan dan ideal untuk dibagikan ke beberapa pengguna. Cukup masuk ke akun Google, kamu bisa mengakses Gmail, Google Document, aplikasi, ektensi, bookmark, dan lainnya. Selain itu, OS Chrome juga menyediakan sistem keamanan tambahan di mana dapat diperbaharui secara otomatis untuk mencegah berbagai ancaman online yang terus berubah.

Makin mudah dalam menjelajah dunia maya kan, gaes! Yuk, optimalkan aplikasi Google dengan Chromebook 11 dari Acer!

(sumber gambar: youtube.com, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 9 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 19 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1