4 Cara Nyata yang Bisa Dilakukan Generasi Z untuk Melanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

Para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia memang telah gugur bertahun-tahun yang lalu. Tapi tongkat estafet perjuangan mereka nggak boleh luntur dimakan masa. Meskipun negara ini sudah merdeka, bukan berarti perjuangan harus terhenti begitu saja.

Adalah tugas kita sebagai generasi muda untuk melanjutkan perjuangan mereka. Seenggaknya 5 hal ini bisa kamu lakukan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam menggapai cita-cita bangsa. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah berikut ini.

1. Mengingat jasa pahlawan

Gaes, pernahkah kamu mendengar kalimat “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”?

Yap! Nggak bisa dipungkiri, saat ini, banyak generasi muda yang mengaku gaul dan kekinian tapi nggak tahu mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia meskipun waktu dibangku sekolah sudah pernah dipelajari. Ironis bukan?

Gaul dan kekinian itu sah-sah saja, gaes. Tapi menjadi generasi muda yang gaul, kekinian dan bisa mengenali, memahami, serta mengingat jasa-jasa para pahlawannya itu luar biasa sekali, lho.

Nah, untuk bisa membutikan seberapa kamu mengenali jasa-jasa para pahlawan, yuk, jawab Tebak-Tebakan Mengenai Peristiwa 10 November 1945 berikut ini. Kira-kira kamu bisa menjawab semuanya dengan benar atau malah sebaliknya.

2. Berprestasi di bidang yang kamu geluti

Salah satu hal yang paling utama dan perlu kamu tanamkan dalam pikiranmu sebagai generasi muda adalah kamu harus bisa berkontribusi pada bangsa dengan memberikan karya dan prestasi yang bermanfaat.

Well, kamu nggak perlu, kok, menguasai semua bidang keahlian yang ada di dunia ini. Cukup menjadikan dirimu unggul di bidang yang sesuai dengan bakat, mina dan passion-mu. Dan jadikan kelebihanmu itu sebagai contoh nyata kalau ada kontribusi yang kamu lakukan buat dirimu sendiri, lingkungan di sekitarmu, serta negara.

Asah kemampuanmu agar bisa menjadi warga negara yang selalu menebarkan manfaat bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Di mana pun kamu berada teruslah meraih prestasi, teruslah membuat karya dan lakukan apapun yang bisa membangun bangsa Indonesia ini.

Kalau kamu masih duduk di bangku pendidikan (baik itu sekolah/kampus) atau sudah berada di dunia karier, berusahalah terus untuk menggunakan kesempatanmu secara maksimal. Intinya, bidang apa pun yang kamu geluti, selama itu positif dan nggak melenceng dari cita-cita bangsa, maka LAKUKANLAH!

3. Berinovasi dan sigap dengan perubahan jaman

Disadari atau nggak, ada banyak perubahan yang selalu terjadi di sekitar kamu seiring dengan perkembangan jaman yang semakin berkembang. Perkembangan ini, tentunya juga harus diimbangi dengan perkembangan manusianya, dong?

Setiap orang, terutama generasi muda, harus membekali dirinya dengan kecerdasan, inovasi dan kreatifitas. Kalau mereka nggak memiliki itu semua, mereka akan tergilas dengan sendirinya oleh perkembangan jaman. Tapi, semuanya itu juga tetap harus diimbangi dengan sifat toleransi dalam keberagaman negeri.

Trus, gimana caranya untuk bisa berinovasi dan sigap dengan perubahan jaman? Caranya sederhana sekali, gaes.

Ikutlah campaign sosial, ikut pertukaran pelajar—pokoknya ikutilah kegiatan positif yang bisa membuat kamu terus mengembangkan diri. Selain itu, kamu juga perlu membuka pikiranmu seluas-luasnya. Karena kalau kamu menutup diri dari perubahan, bukan hanya dirimu saja yang akan tertinggal tapi juga pemikiranmu.

4. Budayakan anti korupsi

Kamu pernah nyontek? Pernah nitip absen sama temen waktu di kampus? Pernah datang terlambat ke sekolah/kampus? Pernah telat/nggak mengumpulkan tugas? Atau sering numpang nama doang waktu kerja kelompok?

Asal kamu tahu saja, ya, gaes. Itu semua adalah beberapa contoh kecil dari tindakan korupsi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang tanpa disadar pasti pernah kamu lakukan.

Hah! Kok, bisa korupsi? Well, korupsi nggak cuma berhubungan sama uang, ya, gaes. Bisa dikatakan, korupsi merupakan tindakan kecurangan untuk memperoleh suatu keuntungan.

Last but not least, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, jadilah generasi yang anti korupsi. Karena korupsi merupakan kejahatan yang bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

Coba, deh, kamu bayangkan. Kalau korupsi nggak diberantas dan dibiarkan saja, pastilah negara ini akan bobrok di masa depan. Mulailah tanamkan hal itu di dalam pikiran dan hati nuranimu. Cari tahu apa saja, sih, dampak dari korupsi biar kamu lebih memahami alasan mengapa kamu harus anti korupsi.

Kalau kamu sudah paham, coba terapkan konsep anti korupsi itu mulai dari diri sendiri, lingan keluarga, lingkungan organisasi yang kamu ikuti, lingkup sekolah atau kampus hingga lingkungan di tempat kerja sekalipun.

***

Well, meneruskan perjuangan nggak harus dengan tempur di medan perang. Melainkan tempur melawan diri sendiri dari sifat malas. Kita harus bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa memberikan manfaat buat orang lain dan juga negara.

Ingat! Kita adalah generasi penerus yang mempunyai tugas besar untuk bisa melanjutkan perjuangan pahlawan demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik lagi.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mistergatra.blogspot.com, distinctiontutorial.com, corruptionwatch.org.za)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1