Agar Nggak Keok Bersaing di AFTA

Para pakar ekonomi percaya bahwa 2015 akan jadi tahun yang beraaaat banget untuk masyarakat Indonesia. Kenapa? Karena tahun ini, Asean Free Trade Area (AFTA) akan mulai diterapkan.

Memangnya AFTA itu apa sih, Kak?

AFTA adalah perjanjian perdagangan bebas yang dicetuskan para kepala negara ASEAN di ASEAN Summit ke-4 pada tahun 1992. Disitu, disepakati kebijakan bahwa nggak akan akan ada hambatan tarif (bea masuk 0-5%) ataupun hambatan non tarif untuk negara-negara anggota ASEAN.

Tujuan AFTA ada dua:

  1. Meningkatkan daya saing ASEAN sebagai basis produksi dalam pasar dunia lewat penghapusan bea dan halangan non-bea dalam ASEAN

  2. Menarik investasi asing langsung ke ASEAN.

Maksudnya pasar bebas ya, Kak?

Betul sekali. Ibaratnya, sepuluh negara ASEAN (Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Indonesia, Vietnam, Myanmar, Filipina, Kamboja, Laos, Thailand) adalah sepuluh pasar yang dibuka bagi masyarakat ASEAN yang kepengen berdagang tanpa perlu membayar sewa di pasar tersebut. Warga ASEAN bisa berdagang dimana aja, di  sepuluh negara tersebut.

AFTA bahaya dong ya, Kak?

Memang ada keuntungan dan tantangan dari pasar bebas ini. Keuntungannya, AFTA ngasih peluang bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan adanya AFTA, UKM Indonesia jadi bisa jualan di pasar Asia Tenggara. Sebelum ada AFTA ‘kan nggak mungkin. Konsumen dan investor kita juga jadi lebih banyak.

Tantangannya, persaingan jualan tentu akan semakin sengit. Apalagi kalau ada pedagang yang nggak siap, baik secara barang dagangan maupun infrastruktur. Jangankan jualan di negara lain, bisa-bisa bertahan  di negara sendiri aja kesusahan.

Siapkah kita menghadapi AFTA?

Banyak orang meragukan kemampuan sumber daya manusia Indonesia untuk menghadapi AFTA. Tetapi keraguan itu haruslah kita patahkan dengan mengasah diri lebih baik lagi, dong!

Kira-kira, apa aja hal yang perlu kita siapkan utuk menghadapi AFTA?

  1. Kemampuan berkomunikasi secara verbal

Belajar bahasa lebih serius lagi, yuk! Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing akan sangat diperlukan untuk menghadapi era perdagangan bebas. Dengan kemampuan bahasa yang baik, kita bisa menyampaikan dan memahami sesuatu dengan lebih baik juga.

  1. Kolaborasi profesional

Udah nggak jaman, tuh, yang namanya kerja dan mencari keuntungan sendiri. Untuk menciptakan karya yang lebih baik, kita harus berkolaborasi dengan orang lain.

  1. Kemampuan menulis dengan baik

Kemampuan menulis dengan baik bakal bermanfaat banget di era perdagangan bebas. Korespondensi akan banyak dilakukan melalui internet, mengingat kita bukan hanya terkoneksi dengan masyarakat seluruh Indonesia, tetapi juga seluruh Asia Tenggara!

  1. Kemampuan untuk merumuskan masalah dan memecahkannya

Kita harus terus-terusan mengevaluasi diri dan peka terhadap sekitar. Kemampuan untuk merumuskan masalah akan membantu kita mengasah kemampuan untuk memecahkan masalah tersebut.

  1. Rasa cinta produk dalam negeri

Kata siapa produk anak bangsa nggak ada yang keren? Coba, deh, cek-cek berbagai local market dan pameran yang mendukung produk lokal. Banyak banget yang keren-keren! Dengan membeli produk lokal, kita jadi membantu ekonomi Indonesia supaya lebih kuat. Harganya lebih murah, pula!

  1. Kemauan berinovasi baru yang dapat diterapkan di masyarakat

Jadikan berpikir kreatif sebagai habit alias kebiasaan. Perbanyak inovasi yang bisa diterapkan di masyarakat. Pahami trend dan jangan malas untuk berfikir out of the box!

(sumber gambar: Techno Lady, acommerce.asia)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 13 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1