Agenda Juni 2019: Jadwal Libur, SBMPTN, dan Kegiatan Lainnya

Memasuki Juni, rasanya nggak sabar untuk lebaran dan liburan. Kebayang serunya silaturahmi, mengudap makanan enak, dapat “THR”, dan jalan-jalan. Tapi kegiatan Juni agak beda untuk kamu yang mau masuk perguruan tinggi. Sebab pendaftaran SBMPTN dan seleksi mandiri perguruan tinggi diadakan di bulan ini. Mesti pinter bagi waktu antara bersenang-senang dan belajar.  Simak, yuk, agenda Juni 2019.

* 1 Juni: Hari Lahir Pancasila, merupakan tanggal merah yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu.

* 1 Juni: Pengumuman UTBK "kloter" terakhir. Jadi semua UTBK sudah diumumkan, ya

* 3 Juni: Hari Sepeda Sedunia.

* 5 dan 6 Juni: Idul Fitri yang merupakan hari libur nasional. Cuti bersama dilakukan tanggal 3 dan 7 Juli, sehingga libur seminggu penuh.  

* 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

* Awal Juni: Umumnya sekolah sudah libur sejak awal Juni. Beberapa kampus menetapkan libur sejak awal Juni atau pertengahan Juni. Sampai kapan liburnya? CATAT ya, sekolah baru masuk tanggal 14 Juli *HOREEEE* (walau ada beberapa yang masuk 7 Juli.

Sementara itu, jadwal libur kampus nggak seragam. Sebagian kampua baru masuk di penghujung Agustus. *HOREEEE*. So, bisa dibilang Juni adalah bulan buat liburan, kumpul dengan keluarga, dan hibernasi setelah berbagai kesibukan.

* Sepanjang Juni setelah lebaran: Rangkaian seleksi mandiri dimulai. UI, ITB, Unpad, UGM, dan perguruan tinggi lainnya membuka pendaftaran. Bagi yang ikutan, waktu liburnya mesti dialokasikan untuk belajar, ya.

* 8 Juni: Hari Laut Sedunia

* 10 Juni hingga 24 Juni: Pendaftaran SBMPTN. Bagi yang ikutan SBMPTN 2019, kamu akan mendaftar dan memilih program studi. Skor UTBK kamu akan menjadi penentu. Supaya makin yakin, ikutan dulu proyeksi SBMPTN 2019 Youthmanual dengan memasukkan nilai UTBK kamu di sini.

Bagi yang mau masuk prodi bidang olahraga dan seni jangan lupa pula mempersiapkan portofolio yang terbaik, ya.

* 10 Juni: Hari Media Sosial. Hari media sosial nasional dicetuskan pada tahun 2015 lalu. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness mengenai bagaimana menggunakan medsos yang baik dan benar, terutama ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

Peringatan Hari Media Sosial tahun ini juga bisa jadi bahan refleksi kita mengenai peran dan porsi medsos dalam hidup kita. Ini bisa dikaitkan dengan pengalaman pembatasan medsos oleh pemerintah yang kemarin sempat kita alami.  

* 13 hingga 20 Juni: Sebagian SMA masuk untuk menyelenggarakan class meeting.

* 14 Juni: Hari Donor Darah Sedunia

* 21 atau 22 Juni: Terima rapor SMA.

* 22 Juni: Hari Ulang Tahun Kota Jakarta. Makanya, sepanjang Juni bakalan banyak event seru di Jakarta, seperti Jakarta Great Bazaar dan Pekan Raya Jakarta.

* 24 Juni: Hari Bidan Nasional. Bidan nggak hanya menangani ibu melahirkan, tapi juga mendampingi saat  kehamilan, mengontrol pasca melahirkan, membantu asuhan bayi, hingga imunisasi.

Cek prodi kebidanan di sini

* 26 Juni: Hari Anti Narkoba

* Juni: Pembagian buku tahunan dan acara perpisahan SMA. Belum menyiapkan acara perpisahan sekolah? Perpisahan nggak harus berupa prom night atau acara mewah lainnya. Cek idenya di sini.

Selamat memasuki bulan Juni :)

(sumber gambar: pexels.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1