Menu
Arm-Chair

Manajemen Pemasaran (Marketing)


  • Pelajaran Terkait

    Ekonomi

  • Kategori jurusan

    Ekonomi & Bisnis

  • Kecocokan denganmu

Bantu Review Jurusan Ini

Apa itu Manajemen Pemasaran (Marketing)?

Manajemen Pemasaran adalah program studi yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu. Dalam Manajemen Pemasaran akan dipelajari mengenai pengembangan konsumen, pergerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Termasuk pemahaman terkait perilaku dan dinamika konsumen, analisa permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Di program studi Manajemen Pemasaran ini kamu akan dipandu untuk berbikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran adalah salah satu faktor tertentu dalam penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya, karena itu seorang profesional Manajemen Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk yang dipasarkannya, sehingga penting sekali untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Di era digital ini, kemampuan kamu dalam menggunakan social media juga menjadi nilai tambah karena kini social media menjadi salah satu media pemasaran yang efektif.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

  • 1Manajemen Pemasaran
  • 2Manajemen Bisnis
  • 3Perilaku Konsumen
  • 4Manajemen Sumber Daya Manusia
  • 5Akuntansi
  • 6Statistik Bisnis
  • 7Manajemen Produk
  • 8Matematika Bisnis
  • 9Pemasaran Digital
  • 10Managemen Operasi
  • 11Pemasaran Jasa
  • 12Periklanan dan Promosi Penjualan
  • 13Manajemen Hubungan Pelanggan
  • 14Manajemen Retail
  • 15Perencanaan Pemasaran
  • 16Riset Pemasaran
  • 17Komunikasi Bisnis
  • 18Etika dan Hukum Bisnis
  • 19Manajemen Pemasaran Wisata
  • 20Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah
  • 21Pemasaran Informasi
  • 22Sistem Informasi Manajemen
  • 23Perpajakan
  • 24E-Commerce

Karakter Siswa Yang Sesuai

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Bisa bekarjasama dengan team

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Setiap kegiatan bisnis atau usaha membutuhkan kegiatan pemasaran agar produk baik barang ataupun jasa yang dihasilkannya dapat dikenal, diterima, dan dikonsumsi oleh target marketnya. Oleh karena itu peranan seorang marketer sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Program studi Manajemen Pemasaran berjenjang studi Diploma III (D3) Diploma IV (D4) dan Strata I (S1). Lulusan Manajemen Pemasaran memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas, tidak hanya di perusahaan swasta, tapi juga di berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak heran banyak lulusan Manajemen Pemasaran atau Marketing yang berkarir di divisi pemasaran sebagai sales executive, analis pemasaran, dan social media marketer.

Cerita terkait jurusan ini

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©