Ilmu Keluarga dan Konsumen
Apa itu Ilmu Keluarga dan Konsumen?
Program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen pada intinya membahas tentang 3 hal: Keluarga, Anak, dan Konsumen. Ketiga hal tersebut dibahas dan dikaji dari sisi keilmuan, dengan fokus untuk mengembangkan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga serta konsumen. Mahasiswa dari program studi ini diharapkan untuk mampu memberikan alternatif penanganan masalah dan mampu memberikan advokasi dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kualitas dan perlindungan anak, serta pemberdayaan konsumen. Untuk saat ini, jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen hanya tersedia di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Kalau kamu tertarik untuk menggali lebih dalam tentang pentingnya peran keluarga, tumbuh kembang anak, dan ilmu konsumen terhadap pengembangan suatu masyarakat, jurusan ini pas banget buat kamu! Di jurusan ini, kamu akan diajarkan bahwa unit sekecil keluarga pun memiliki pengaruh besar lho terhadap seluruh aspek yang ada di masyarakat. Lagipula, tenaga ahli dalam bidang keluarga dan konsumen jumlahnya masih minim banget, nih, di Indonesia. So, lulusan dari program studi ini pastinya memiliki peluang karir yang cukup mumpuni.
Mata Kuliah Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen
- 1Ekologi Manusia
- 2Pengantar Manajemen
- 3Teknik-Teknik Partisipatoris
- 4Pengantar Psikologi
- 5Pengantar Ilmu Keluarga
- 6Perilaku Konsumen
- 7Pengasuhan Anak
- 8Pemasaran Sosial
- 9Tumbuh Kembang Manusia
- 10Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga
- 11Usaha Ekonomi Keluarga
- 12Pengantar Ekonomi Keluarga
Karakter Siswa Yang Sesuai
- Tekun
- Kritis
- Observan
- Berwawasan luas
- Keterampilan komunikasi
- Keterampilan interpersonal
- Bisa bekarjasama dengan team
Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen
Prospek kerja dari program studi ini cukup beragam. Lulusannya bisa bekerja menjadi seorang konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan; tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah; spesialis riset pemasaran konsumen; hingga sebagai bagian dari lembaga pemerintah BKKBN.