Desain Produk
Apa yang dipelajari di jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamutahun pertama mengenal dan mempelajari dasar desain tahun ke 2 - ke 4 mempelajari proses desain sampai dengan pembuatan prototype/produk
Alasan kenapa memilih jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamusemenjak SMA sudah menginginkan kuliah dijurusan desain, terutama desain produk yang bisa mencakup semua jurusan desain, dan mempunyai cita-cita untuk membuat sebuah pabrik/workshop yang menghasilkan sebuah produk yang berkepanjangan dan bisa menjadi lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.
Mata kuliah penting ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamudesain proyek 1,desain proyek 2,desain proyek 3,desain proyek 4,desain proyek 5,tugas akhir,teori dan metode estetika,kritik desain,sketsa 3d,kolokium,pemodelan digital,menggambar konstruktif
Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuSeni Budaya
Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuMata kuliah nirmana mengajarkan kita untuk belajar mengolah rasa, karena sebagai desainer kita gak bisa mentingin teknikal aja, atau cuma estetika. kita harus balance, dua-duanya faktor penting setiap kita mau berinovasi pada produk. nah di mata kuliah nirmana ini sebenarnya agak nyebelin ya, asistensinya lumayan ribet. tapi justru maksud dosen supaya kita bisa lebih mengolah rasa pada semua prinsip desain. baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, semua sama susahnya. setelah asistensi ide, kita harus asistensi karya lagi. menurut aku pribadi, nirmana 3 dimensi desain produk itu menantang banget. di tugas pertama, aku harus buat kertas-kertas ivory menjadi 3 dimensi. tugas kedua, aku buat nirmana dari pipa PVC, lalu tugas terakhir aku harus nbuat dari batu bata hebel dan kawat jemuran. ribet kan? lanjut ke gambar teknik. kalo di angkatan aku kebetulan gambar tekniknya jadi mata kuliah berjenjang. di semester 1 namanya gambar konstruktif, di semester 2 baru gambar teknik. semua sama aja, tapi gambar teknik ibarat mata kuliah lanjutannya. nah disini kita harus bisa gambar secara teknikal. mulai dari penggunaan ukuran ketebalan drawing pen, sampai ukuran skala bermili-milimeter. banyak yang gagal sih, di mata kuliah ini pertemanan kalian diuji :p ke mata kuliah gambar dasar, disini kita lebih 'nyeni' nih. kita gambar still life, manusia, hewan, tumbuhan. karena nantinya setiap desain yang akan kita buat, kalo gak bisa gambar dasar ya percuma aja belajar desain. nah buat kalian yang ngerasa gambarnya biasa aja, kalian harus manfaatin mata kuliah ini buat belajar banyak tentang gambar. karena seru banget sebenarnya, cuma kalian butuh semangat sama tekun aja. pengantar seni rupa dan desain adalah mata kuliah ter-teoritis. karena disini kita belajar sejarah panjang seni rupa dan desain dari jaman baheula. tapi seru banget! karena kapan lagi kita tau kalo ternyata artefak di gunung padang itu ada beratus-ratus tahun yang lalu? sketsa cepat! jujur aku suka banget mata kuliah ini, menurutku sih ini lebih kayak lanjutannya gambar dasar ya. kalo di gambar dasar kita masih gambar manusia, still life, dsb. disini kita mulai dikerucutin jadi gambar produk dan cara operasionalnya, sesuai dengan nama mata kuliahnya, kita harus melakukan ini semua dengan cepat. dipertemuan pertama, dosenku minta mahasiswanya gambar balok dan kotak beserta bayangannya sebanyak 4 lembar A4 dalam waktu 3 jam. lalu dipertemuan selanjutnya, kita disuruh menirukan sketsa sebuah produk dan belajar cara shading and colouring yang ala 'industrial design'. seru deh! sampai ke pertemuan terakhir sebelum UAS, kita harus buat sketsa produk dengan mix materials. jadi shading nya macem2, ada shade kaca, metal, kayu, dsb. menantang dan bikin pusing ya? studi material adalah mata kuliah bikin pusing sejagat raya. tapi buat kalian yang nilai kimia nya pas SMA diatas rata-rata, kalian juara pasti dimata kuliah ini. karena sesuai namanya, kita bakal belajar menelaah semua material yang ada dibumi ini, supaya kita bisa mengetahui apa aja material yang pas dan dibutuhin untuk pembangunan inovasi produk kita nanti. studi kreatif. mata kuliah ini lebih menekankan kita untuk mikir dengan cara design thinking. ini mata kuliah yang super duper penting! karena justru ini cikal bakal kita memecahkan seluruh permasalahan sebagai seorang desainer. pembuatan model dan purwarupa adalah mata kuliah yang bikin degdegan. ditahunku, aku diminta bikin diorama dengan skala 1:20 interior sebuah ruangan. kalo tahun 2015 buat diorama mobil tank. intinya disini, kita belajar bahan-bahan dan cara pembuatan model. karena sebelum menjadi produk, kita harus buat mockup dan prototype sebagai gambaran produk. ergonomi. mata kuliah ter-teoritis kedua. tapi disini, logika kita dipake banget buat ngejawab pertanyaan absurd 'kenapa sih bentuk produk A harus gini? kenapa gak lebih tinggi atau lebih pendek? kenapa harus lengkung gak tegak aja?' ergonomi mempelajari tentang efektivitas kerja, antropometri manusia, dan biomekanika. last but not least, studio desain produk. mata kuliah ini berjengjang dari semester 3 sampai semester 7. disini, kita akan memecahkan masalah dan 'berlagak' menjadi desainer produk. ini mata kuliah utama banget, kalo gak lulus mata kuliah ini, siap2 gak bisa ambil mata kuliah lainnya. karena seluruh mata kuliah, menjurusnya ke mata kuliah studio desain produk ini.
Peminatan/program studi pada jurusan ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamucraft,fashion,vehicle
Di Semester berapa mahasiswa memilih peminatan ?
ditanyakan oleh Tim RencanamuSemester 3
Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamudesain produk, ui/ux desain
Dimana dan sebagai apa alumni jurusan ini bekerja ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamukebanyakan alumni bekerja sebagai desainer produk sebuah perusahaan, atau membangun usaha/bisnis sendiri
Kemampuan yang memudahkan kuliah dijurusan ini ?
ditanyakan oleh Tim Rencanamu-Membayangkan ruang dan bentuk-bentuk tiga dimensi -Kreatifitas -Menggambar