Arm-Chair

Fisika


  • Pelajaran Terkait

    Fisika

  • Kategori jurusan

    MIPA

  • Kecocokan denganmu

Bantu Review Jurusan Ini

Apa yang dipelajari di jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Belajar ngoding, belajar buat alat, bikin program, mekanika kuantum, dualisme cahaya, material dan masih banyak lagi

Jawaban dari Claudya Ruth, Universitas Indonesia

Alasan kenapa memilih jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Sebenarnya, awalnya sy salah seorang yang salah pilih jurusan. Saya lulusan SMK jurusan Komputer, saya hanya belajar sedikit tentang fisika namun sy ditakdirkan lulus pada sebuah perguruan tinggi negeri di jurusan fisika. Awalnya sy selalu berusaha untuk pindah jurusan tetapi 1 semester berselang sy jadi jatuh hati dengan fisika, saya merasa lebih dekat dengan dunia yg ada disekeliling saya, akhirnya sy memilih bertahan dan mengambil bidang kajian fisika material. Saya merasa bersyukur memilih bertahan di jurusan fisika, meskipun harus belajar keras untuk mengimbangi teman-teman dari sekolah umum yang notabennya belajar fisika tetapi saya tetap bertahan dan alhamdulillah saya bisa menjadi wisudawan terbaik di jurusan fisika ini. Penelitian saya pada jenjang S1 yaitu membuat keramik komposit yang berbahan dasar limbah abu sekam padi dan pensil 2B untuk disintesis menjadi Silicon Carbide yang aplikasinya yaitu sebagai bahan baju anti peluru, bahan gurinda, pelapis badan pesawat dan masih banyak lagi. Dari sana sy takjub dengan jurusan ini karena selain kita bisa bermain-main dengan rumus-rumus kuantum yang indah, kita juga dapat belajar tentang hal-hal yang ada disekitar kita yang mungkin adalah limbah tapi bisa kita manfaatkan menjadi bahan yang lebih berguna. Saat itu saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di jurusan fisika pada bidang yang sama yaitu fisika material. Yang saya ingin katakan adalah, jurusan apapun yang kita pilih, selama kita mau berusaha dan mencintai apa yang kita jalani maka tidak ada lagi kata salah jurusan. Jadi mulai dari sekarang kenali apa yang kita senangi.

Jawaban dari Resky Irfanita, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Mata kuliah penting ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

fisika,matematika,kimia

Jawaban dari Claudya Ruth, Universitas Indonesia

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Matematika;Fisika;Kimia;Bahasa Inggris

Jawaban dari Zainul Muhammad Rofa, Universitas Indonesia

Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Tugas kuliah kebanyakan tuh PR sih kayak ngerjain soal atau ga nurunin rumus. Jangan takut kalau ga bisa, karena jujur aku juga ga bisa, karena banyak temen dan kakak tingkat yang baik, mereka mau ngajarin aku dan belajar bareng. Selain itu ya ada tugas presentasi, bikin makalah yang dikerjakan secara kelompok maupun individu. jangan takut intinya kuliah di jurusan Fisika, karena kita saling bantu kok untuk belajar hehe

Jawaban dari Raisa Hajraeni, Universitas Indonesia

Peminatan/program studi pada jurusan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

geofisika,fisika nuklir,fisika medis,astrofisika,fisika material

Jawaban dari Iyez Restina Fauziah

Di Semester berapa mahasiswa memilih peminatan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Semester 5

Jawaban dari Iyez Restina Fauziah

Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Karna kita dasar dr semua ilmu hampir dapat semua pekerjaan dpt kita masuk, namun ada beberaoa yg khusus yaitu, batan, pertamina, bank, bidang industri, penelitian, pertambangan dan semua itu gajinya gede loh

Jawaban dari Zainul Muhammad Rofa, Universitas Indonesia

Dimana dan sebagai apa alumni jurusan ini bekerja ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Pengajar Sekolah, teknisi, analisis data dll

Jawaban dari Iyez Restina Fauziah

Kemampuan yang memudahkan kuliah dijurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

-Memahami dan mengolah informasi berupa kata-kata (termasuk memahami bacaan, mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan) -Memahami simbol, huruf, diagram, gambar -Memahami informasi berupa angka, menggunakan logika matematika, dan menerapkan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah -Pemahaman prinsip dasar mekanika dan keteknikan -Membayangkan ruang dan bentuk-bentuk tiga dimensi

Jawaban dari Iyez Restina Fauziah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1