Arm-Chair

Biologi


  • Pelajaran Terkait

    Biologi

  • Kategori jurusan

    MIPA

  • Kecocokan denganmu

Bantu Review Jurusan Ini

Apa yang dipelajari di jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Biologi bisa 1. Ilmu murni 2. Ke arah aplikasi (Bioprospek) 3. Pendidikan Ilmu murni artinya kita pelajari ilmu tsb mostly based on curiousity. Jadi tujuan nya bukan aplikasi secara langsung. Di beberapa negara ilmu seperti itu cukup dihargai dan diapresiasi Ke arah aplikasi artinya kita pelajari / meneliti yg tujuan nya dpt diaplikasikan. Tapi aplikasinya biasanya dilakukan oleh bidang lain, jadi yang kutangkep di sini ya bio itu bagian meneliti nya. Misalnya di bidang industri dan pengelolaan sumber daya alam. Pendidikan ya ngajar. Supaya ada penerusnya haha. Tapi ngajarnya bukan ngehafal, biasanya dari dasarnya dulu. Lulusan biologi murni ga harus ngajar ketika lulus, banyak lulusan yang ngajar berasal dari pendidikan biologi (kaya upi, unj, dll) Di dalem biologi sendiri, kita punya budaya konservasi yang masih terus berusaha ditanamkan dan diaplikasikan dari paling mudah sampai kompleks. Yang paling mudah yang bisa dilakuin sehari2, gak sedikit yang gak suka sterofom dan plastik jadi bawa bekel/kotak dan ada yang jual sedotan stainless / bambu, mengadakan ekowisata, dan monitoring SDA UI (jadi lebih menghargai peran alam). Hal tsb juga karena objek penelitian nya Mahluk Hidup & lingkungan, shg konservasi hal tsb penting -- kalo nggak nanti yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan bersama semakin sedikit dong :( Kalo sub bidangnya macam2. Objek penelitian nya secara umum dibagi 3 besar 1. Hewan 2. Tumbuhan 3. Mikroorganisme. Pembagian 3 obj itu dipelajari di sub2 bidang seperti genetika, fisiologi, ekologi, biologi laut, dll. Ada juga biologi sintetik yg tgh berkembang. Jadi sbnrnya biologi itu luas sekali, dan tinggal kita fokusin ke mana & mau nggak untuk nyari tau hehe

Jawaban dari Mahardika Pertiwi, Universitas Indonesia

Alasan kenapa memilih jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Saya bercinta cita untuk menjadi peneliti yang mampu memanfaatkan organisme tertentu yang belum tentu dikenal orang awam untuk menghasilkan produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah biologis tertentu dalam skala kecil seperti pemanfaatan bakteri e coli untuk produksi insulin masal / interaksi ekologis konstruktif yang mampu mengurangi jumlah deforestasi di hutan Indonesia. Yang berminat juga pasti bisa bergabung dengan organisasi nasional bahkan internasional yang keren lho seperti LIPI, PBB dalam bidang riset kesehatan / pangannya, bahkan NASA / organisasi astronomi sejenisnya bila kalian berkolaborasi juga dengan anak jurusan Astronomi (terutama nih buat anak yang ambil peminatan biokimia lanjutan, evolusi, dan ekologi lanjutan). Nggak bakal nyesel deh jadi anak biologi karena passion ilmu biologi membuat kalian jadi anak yang fleksibel diterima di sektor apa saja di dunia nyata bahkan di sektor soshum sekalipun dengan bakat riset penelitian, analisis kalian, dan kolaborasi dengan rekan ilmu disiplin lain tentunya

Jawaban dari Vincent Timotius , Universitas Gadjah Mada

Mata kuliah penting ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

sistematika hewa,sistematika tumbuhan,fisiologi hewan,fisiologi tumbuhan

Jawaban dari AMALIA AUDINA ROSA ROSA

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Kimia;Biologi;Bahasa Inggris

Jawaban dari Nada Ariqah

Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Tugas kuliah bergantung dosen yang bersangkutan, tapi biasanya sih tugas presentasi (usahakan banyak baca buku referensi materi yang bersangkutan soalnya kadang banyak pertanyaan buat presentator) dan tugas laporan praktikum tentunya dari mata kuliah bersangkutan (usahakan baca buku panduan praktikum matkul tersebut dan banyak cari referensi juga untuk landasan teori, analisis data dan pembahasan juga harus ok, jangan jadi deadliner juga karena bisa ada pengurangan nilai dari beberapa asisten praktikum jika mengumpulnya terlambat), ujian biasanya berupa pretest sebelum praktikum (usahakan baca sebaikbaiknya materi praktikum yang akan dipraktikan di buku panduan mata kuliah tertentu, kalau di semster awal kalau pretestnya jelek cuma nambah tugas sih disuruh bahas apa di laporannya, kalau semster atas harus ikut minggu inhal / pengulangan praktikum praktikum matkul tertentu baik karena sakit maupun nilai jelek harus bayar lagi, kalau nilai pretest bagus bisa jadi tambahan nilai kecil ke nilai laporannya nanti) dan responsi (sejenis ujian praktik berupa pengerjaan soal yang berkaitan dengan semua praktikum yang sudah dijalankan di suatu matkul tertentu yang akan turut memberikan pengaruh ke skor nilai akhir matkul tersebut, misalnya matkul biologi umum 75% dari nilai teori di kelas berupa kuis/tugas, uts, uas, dan sikap sedangkan 25%nya dari nilai responsi yang kalian ikuti, usahakan baca materi di buku panduan serta laporan laporan yang sudah dikerjakan, kerjain soal soal responsi tahun lalu bila ada juga boleh)

Jawaban dari Vincent Timotius , Universitas Gadjah Mada

Peminatan/program studi pada jurusan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

biologi

Jawaban dari AMALIA AUDINA ROSA ROSA

Di Semester berapa mahasiswa memilih peminatan ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Semester 3

Jawaban dari AMALIA AUDINA ROSA ROSA

Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), WWF (World Wildlife Fund), industri makanan, perminyakan, bank, industri pertanian, dan lain sebagainya.

Jawaban dari Lakeisha Aurellia, Universitas Indonesia

Dimana dan sebagai apa alumni jurusan ini bekerja ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

Paling banyak alumni di Jurusan Biologi mendapatkan pekerjaan sebagai Dosen Biologi, Peneliti di Bapldan penelitian Nasional maupun internasional, dan lain lain

Jawaban dari Rizki Pratama

Kemampuan yang memudahkan kuliah dijurusan ini ?

ditanyakan oleh Tim Rencanamu

-Memahami dan mengolah informasi berupa kata-kata (termasuk memahami bacaan, mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan) -Pemahaman prinsip dasar mekanika dan keteknikan -Kreatifitas -Kemampuan memilah informasi ke dalam kategori tertentu

Jawaban dari Rizki Pratama
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1