Mengenal Tipe Kepribadian DISC, Kamu yang Mana, Ya?

Kepribadian semua orang di dunia ini, pasti berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Perbedaan kepribadian ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor seperti didikan orangtua, teman sepermainan, didikan guru di sekolah dan bahkan budaya.

Nah, karena kepribadian setiap orang yang berbeda-beda ini, pada akhirnya, kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai sifat. Kamu akan bertemu dengan orang yang pendiam,orang yang suka ceplas-ceplos kalau ngomong, ada yang enerjik dan suka menjadi pusat perhatian dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui kepribadian seseorang, ada banyak tes yang dapat dilakukan. Tes kepribadian yang biasa dikenal oleh masyarakat terutama gen Z sepertimu ialah tes MBTI yang membagi kepribadian menjadi enam belas kepribadian.

Tahukah, kamu? Selain tes MBTI ada lagi, lho, tes kepribadian yang bisa kamu ikuti. Tes tersebut ialah tes kepribadian DISC. Hmm? Tes DISC, tuh, apa, ya? Penasaran? Yuk, kita bahas tes kepribadian yang satu ini!

Apa itu DISC?

Tes kepribadian yang satu ini dikembangkan oleh seseorang yang bernama William Moulton Marston. Biasanya, tes kepribadian DISC ini sering dilakukan di perusahaan-perusahaan untuk mengetahui bagaimana kepribadian dari calon pegawainya.

Kamu pun harus tahu, gaes, tes kepribadian DISC ini merupakan tes kepribadian yang paling banyak dialihbahasakan ke berbagai macam bahasa di dunia. Wah, keren banget, ya?

Kelebihan dari tes kepribadian DISC adalah kamu nggak perlu banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan tes. Berbeda dengan MBTI yang mengharuskan kamu menjawab enam puluh pertanyaan, tes DISC ini hanya memberikanmu dua puluh empat pertanyaan terkait sifat dan kebiasaan dirimu.

Tes DISC ini terbagi menjadi empat kepribadian yaitu Dominance, Influence, Steadiness dan Conscientiousness. Keempat kepribadian ini memiliki sifat yang berbeda-beda, lho. Yuk, cek lebih lanjut!

1. Dominance

dominance

Kalau kamu memiliki kepribadian yang dominance, kamu adalah seseorang dengan sifat tegas dan langsung. Kamu yang memiliki sifat kepribadian ini, biasanya, suka mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain alias independen. Selain itu, ketika kamu memiliki keinginan, pasti kamu akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

Kamu merupakan seseorang yang aktif dan nggak takut dengan konflik. Nah, karena hal inilah, akhirnya kamu menjadi seseorang yang paling cepat dalam menyelesaikan masalah.

Dalam kerja kelompok, kamu ialah orang yang lebih suka menggerakan orang lain daripada digerakkan oleh orang lain. Karena kamu pun memiliki kemampuan yang baik dalam memutuskan suatu keputusan, akhirnya, menjadi ketua dalam suatu acara atau organisasi merupakan suatu hal yang cocok untukmu.

2. Influence

influence

Kamu yang memiliki kepribadian influence, biasanya, kamu adalah seseorang yang ekstrovert, suka bergaul, ekspresif, spontan dan suka menghibur. Selain itu, kamu pun merupakan seseorang dengan karakter yang emosional. Para "influence" ini mudah sekali dalam mengungkapkan emosinya.

Dalam hal pekerjaan, kamu yang memiliki tipe kepribadian influence, pasti, akan merasa capek dan nggak cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Kamu lebih suka bekerja dalam hal-hal yang membutuhkan memutuskan suatu keputusan yang cepat dan penuh dengan tantangan.

3. Steadiness

steadiness

Kamu dengan tipe yang satu ini adalah orang-orang yang gigih, tenang dan juga penuh dengan simpati. Kamu adalah orang-orang yang suka dengan kedamaian dan lebih memilih untuk menghindari konflik.

Kerennya, kamu adalah seseorang yang dijadikan inspirasi bagi orang-orang disekitarmu. Kamu pun adalah seorang pendengar yang baik dan seseorang yang penuh dengan konsistensi dalam menjalankan apapun. Kamu juga seseorang yang jujur dan mengharapkan bahwa orang lain pun melakukan hal yang sama kepadamu.

Masalahnya, nih, gaes, kamu dengan tipe steadiness nggak suka dengan perubahan-perubahan mendadak sehingga kamu pun cenderung kurang berinovasi. Selain itu, karena kamu nggak suka dengan perubahan mendadak, akhirnya, kamu lebih suka dengan peraturan-peraturan yang sudah ada sejak dahulu.

4. Conscientiousness

conscientious

Berbeda dengan influence, kamu yang memiliki tipe kepribadian yang satu ini lebih suka bekerja dengan detail. Kamu suka bekerja dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan kamu pun memiliki sifat perfeksionis.

Selain itu, kamu pun adalah seseorang yang perfeksionis dan selalu terpaku dengan fakta-fakta dan bukti. Karena hal inilah, akhirnya, kamu menjadi seseorang yang suka dengan keteraturan dan kejelasan.

Sayangnya, nih, gaes,kamu yang memiliki tipe kepribadian yang satu ini memiliki sifat yaitu kurang fleksibel. Kenapa seperti itu? Karena dalam setiap melakukan sesuatu, kamu pasti akan memperhatikan kebenarannya dan kesempurnaan dalam pekerjaanmu.

***

Nah, dari keempat kepribadian di atas, kepribadian yang mana, nih, yang cocok sama kamu?

Baca juga:

(Sumber gambar: happifyourworld.com, training.ppsdm.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1