Tip Bertahan Ketika Salah Pilih Jurusan Kuliah

Ketika pindah program studi nggak bisa jadi solusi salah jurusan. Bagaimanakah cara untuk bertahan? I will survive, walau salah jurusan, I will surviveee…

Ketika salah jurusan kuliah, kita perlu mencari prodi yang tepat. Kemudian, kita pindah ke program studi tersebut. Namun nggak semua berjalan seindah itu. Entah nggak direstuin ortu, nggak ada biaya buat ganti prodi, atau situasi tidak memungkinkan. Alhasil stuck dengan prodi yang nggak sejalan dengan hati tersebut.  Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan.

a. Ingatkan dirimu bahwa bertahan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini.

Cara terbaik menguatkan dirimu adalah mengingat kembali kenapa kamu bertahan. Tentu saja keputusan bertahan sudah lewat pertimbangan panjang dan usaha.

b. Percaya bahwa semua ilmu ada manfaatnya.

Walau bidang ini nggak kamu minati, namun semua ilmu yang kamu pelajari pasti ada manfaatnya. Ini ngomongin ilmu pengetahuan yang positif ya, bukan ilmu hitam pastinya. Eheehe

c. Eksplorasi semua area studi

Yang dipelajari di satu prodi bisa meliputi banyak hal. Mungkin saja ada satu aspek yang ternyata kamu minati. Misalnya, saat mengambil prodi Matematika yang ternyata nggak sesuai dengan minatmu. Ternyata ada mata kuliah Matematika yang nyambung dengan bidang ekonomi dan bisnis, yang ternyata matching dengan minatmu.

Jangan salah juga, ternyata latar belakang Matematika juga bisa terpakai di berbagai bidang kerja, misalnya sebagai konsultan politik atau pekerja bidang kesehatan yang banyak berhubungan dengan statistika.

d. Banyak soft skills yang bisa kamu peroleh.

Seringkali kita berpikir terlalu kaku, bahwa apa yang diperoleh selama kuliah adalah pengetahuan dan keahlian sesuai bidang studi.

Lebih daripada itu, mengenyam pendidikan tinggi dapat membentuk pola pikir kita menjadi lebih kritis, peka, mandiri, dan tahan banting. Juga bisa meningkatkan kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan rasa tanggung jawab.

Sambil kuliah  kamu bisa mengasah kemampuan tersebut.

e.  Anggap tantangan untuk diri

Saat ini kamu dalam situasi nggak nyaman, yaitu di prodi yang nggak diminati. Ini adalah tantangan bagi dirimu untuk bisa menghadapi keadaan. Di dunia karier, mungkin saja kamu akan dihadapkan dengan tugas yang menjemukan. Nah, kamu pun sudah lebih siap menghadapi situasi yang kurang menguntungkan bagimu.

f. Jangan antipati

Walaupun kamu belum menemukan kecocokan, jangan antipati dengan materi perkuliahan yang diberikan. Banyak ilmu baru yang bisa kamu serap. Kalau sudah merasa nggak suka dan nggak bisa, pasti akan lebih menyulitkan untukmu.

g. Cari kesempatan

Cari juga kesempatan untuk mencari pengalaman, skill, dan pengetahuan lainnya, lewat berbagai hal seperti magang, organisasi, kursus singkat, seminar dan lain sebagainya. Siapa tahu, malah ketemu hal yang sesuai untukmu.

Atau bisa juga nantinya melanjutkaan pendidikan (misalnya S2) ke prodi yang diinginkan. Pokoknya masih ada jalan untuk kalian yang harus bertahan.

We will survive!

   

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 1 hari yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 2 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1