Menu

Bagian II: 8 Profesi Paling Dibutuhkan Tahun 2020 versi QS World University Ranking

Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings melakukan riset bersama dengan Macquarie University, salah satu universitas yang berasal dari Sidney, Australia. Mereka memetakan beberapa jenis profesi apa saja yang paling dibutuhkan di tahun 2020.

Pada artikel sebelumnya telah disebutkan 3 profesi yang paling dibutuhkan di tahun 2020 yaitu ada Ahli Keamanan Siber, Spesialis Teknik Telekomunikasi, serta Akuntan dan Analis Keuangan .

Nah, berikut adalah 5 profesi lain yang dibutuhkan di tahun 2020. Apa saja? Langsung simak berikut ini

4. Aktuaria  

aktuaris

Masih di bidang yang sama dengan poin di artikel sebelumnya, profesi sebagai Aktuaria atau Ahli Data Statistik juga diprediksi akan naik sebesar 10% di tahun 2020. Untuk menjadi seorang Aktuaria sendiri, kamu perlu meningkatkan kemampuan mata pelajaran matematika serta fasih memahami dunia bisnis.

Program studi yang bisa kamu ambil untuk membantumu meniti karier ini adalah Aktuaria dan Analisis Bisnis. Informasi mengenai Aktuaria bisa kamu baca di sini.

5. Psikolog (Psikolog Klinis Psikolog Konseling , dan lain sebagainya) serta Tenaga Medis 

Tenaga Medis

QS World University Rankings dan Macquarie University memprediksi permintaan untuk Psikolog dan Tenaga Medis akan naik hingga 40% lebih di 2020. Selain itu, profesi sebagai Peneliti Medis semakin dibutuhkan hingga mencapai 21,5%.

Buat kamu yang tertarik, program studi yang diambil untuk menjalani profesi ini adalah Psikologi, Pendidikan Dokter, dan Kesehatan Masyarakat.

Mengenai ragam profesi untuk lulusan Psikologi kamu bisa baca di: Beragam Profesi Untuk Lulusan Psikologi.

6. Pekerja kreatif

Pekerja kreatif

Untuk kamu yang sedang berkuliah atau mulai tertarik mengambil program studi Periklanan (Advertising), Pemasaran Digital, Media, atau Seni, dan ingin bekerja di industri kreatif, peluangmu di bidang ini cukup menjanjikan di 2020, lho, gaes. Soalnya permintaan untuk pekerja kreatif juga bakal naik hingga lebih dari 15%.

Profesi-profesi apa saja yang termasuk di industri kreatif kamu bisa baca di sini.

7. Guru atau Dosen (Secara umum) 

Guru

Dunia pendidikan juga diprediksi bakal terus membutuhkan guru—baik sebagai pengajar di sekolah formal atau non formal. Berdasarkan riset yag telah dilakukan, menyebutkan bahwa permintaan untuk ahli pendidikan anak usia dini akan naik hingga 27%, sementara untuk guru pendidikan khusus mencapai 21 %.

Kalau kamu ingin berkontribusi untuk dunia pendidikan supaya lebih baik ke depannya, kamu mengambil program studi Keguruan atau Ilmu Pendidikan yang berkaitan.

8. Pengacara 

pengacara

Kamu pasti tahu, dong, sama pengacara terkenal di Indonesia? Yups, benar! Hotman Paris.

Nah, kalau kamu sedang berkuliah di program studi Ilmu Politik atau Ilmu Hukum. Setelah kamu lulus nanti, kamu bisa banget, lho, untuk meniti karier sebagai seorang pengacara. Karena menurut penelitian yang dilakuksan oleh QS World University Rankings dan Macquarie University, permintaan untuk profesi pengacara bakal naik hingga 17,6% di tahun depan.

***

Itulah 8 profesi yang paling dibutuhkan di tahun depan, gaes. Kira-kira kamu sudah tahu apa profesi yang mau kamu ambil setelah lulus nanti?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: cio.com, youtube.com, bizjournals.com, kendraaronson.com, education.gov.gy, oxbridgeacademy.edu.za)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©