Menu

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Email Lamaran Kerja

 

Dalam melamar kerja, surel atau surat elektronik yang juga dikenal dengan istilah email adalah salah satu penentu kesan pertama yang bisa memengaruhi apakah lamaranmu dilanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menulis dan mengirim email yang apik, menarik, dan santun untuk memberikan kesan pertama yang positif saat melamar kerja.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis email lamaran kerja.

1. Pastikan alamat email-mu mudah dibaca dan memberikan kesan profesional.

Ini adalah contoh alamat yang cukup mudah dibaca dan ditulis kembali
- rinamaulana@xmail.com
- geraldtanjung@umail.com
- sarahraisa13@tmail.co.id 

dan ini adalah contoh alamat yang sulit dibaca dan memberi kesan kurang profesional
- rbhhk137899@xmail.com
- sentot24cygdyaa@umail.com
- ciiilalaaaaalila@tmail.co.id.

2. Pastikan judul atau subjek emailmu sesuai dengan permintaan perusahaan atau lembaga tempatmu melamar. Jika tidak ada ketentuan, pastikan subjek emailmu cukup singkat dan padat serta mencantumkan posisi yang ingin kamu lamar.

3. Awali dengan salam serta sapaan nama dan jabatan yang sesuai. Jika tidak memiliki keterangan tentang nama dan jabatan yang dituju, kamu dapat mencari tahu bagian apa yang mengurusi rekrutmen di perusahaan/lembaga yang kamu tuju.

4. Perkenalkan dirimu dengan baik. Tidak perlu terlalu panjang, yang penting cukup untuk memperkenalkan profilmu secara singkat dan tetap menonjolkan keunggulanmu.

5. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang formal, bukan menggunakan bahasa sehari-hari yang cenderung santai. Selain memberikan kesan profesional, hal ini menunjukkan keseriusanmu dalam melamar kerja dan kemampuanmu menulis sesuai dengan konteks.

Meski terkesan sepele, email lamaran kerja dapat memberikan kesan pertama yang positif dan menarik, serta bukan tak mungkin membuat perusahaan/lembaga yang kamu tuju tertarik dengan profilmu. Berikan kesan pertama yang memesona dengan email yang menarik, santun, dan profesional.

 

 

(sumber gambar: emailonacid.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©