Menu

Kuliah Kelas Karyawan: Hal-Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui

Kuliah sambil bekerja merupakan suatu hal yang cukup ribet dan menyulitkan, karena tentu saja kamu akan dituntut untuk bisa membagi waktu antara berkuliah dan juga bekerja.

Tapi, memangnya ada, ya, kampus yang memiliki jadwal perkuliahan untuk karyawan? Yes, di beberapa kampus Perguruan Tinggi Swasta memiliki jadwal perkuliahan untuk karyawan yang disebut sebagai kelas karyawan.

Biasanya, waktu untuk kelas karyawan ini memiliki perbedaan dengan kelas reguler atau kelas pada umumnya. Kalau kamu ingin bekerja sambil berkuliah, jadwal kuliah yang akan kamu terima ialah jadwal di luar jam kuliahmu. Pilihan untuk jadwal perkuliahan biasa yaitu Senin hingga Jumat namun dimulai dari sore hingga malam hari atau di full day di hari Sabtu dan Minggu.

Nah, buat kamu-kamu yang ingin berkuliah sambil bekerja, nggak ada salahnya, kok. Walaupun terkesan sulit, namun masih banyak, lho, orang-orang yang lulus dari kelas karyawan ini. Yep, kalau kamu memiliki motivasi yang tinggi untuk segera lulus dan juga konsistensi untuk menyelesaikan sesuatu yang kamu mulai, pasti kamu pun akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikan studimu. 

Sebelum kamu mulai berkuliah di kelas karyawan, ada beberapa hal, nih, yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu memilih kelas karyawan. Apa saja ya, hal yang harus banget kamu perhatikan? Yuk, daripada penasaran, mending cek poin-poin berikut ini!

1. Perhatikan jadwal kuliah yang akan kamu ambil

jadwal kuliah dan kerja

Biasanya, ketika kamu mencari jadwal perkuliahan kelas karyawan, kamu akan dihadapkan oleh dua pilihan. Pilihan yang pertama ialah jadwal kuliah di hari Senin hingga Jumat dan dilaksanakan pada sore hingga malam hari. Pilihan yang kedua ialah jadwal kuliah di hari Sabtu dan Minggu, namun dilaksanakan pada pagi hari hingga sore hari.

Nah, karena adanya beberapa pilihan ini, kamu harus pastikan jadwal yang mana yang sesuai dengan jadwal bekerjamu. Jangan sampai, jadwal yang kamu pilih malah bentrok dengan kegiatan bekerjamu. Kalau kamu sering mendapatkan pekerjaan hingga lembur, maka pillihlah waktu berkuliah di hari Sabtu dan Minggu.

Kalau kamu nggak memiliki pekerjaan yang membuatmu lembur, maka kamu bisa memilih waktu kuliah di hari Senin hingga Jumat pada sore hari. Jadi, setelah pulang kerja, kamu bisa langsung pergi ke kampusmu untuk menjalankan perkuliahan. Sehingga, kamu memiliki waktu libur untuk beristirahat di hari Sabtu dan Minggu.

2. Pastikan bahwa pihak perusahaan tahun bahwa kamu sedang berkuliah

Kalau kamu sudah bekerja, namun ingin mencoba berkuliah, bicarakan hal ini dengan atasanmu juga, ya. Kenapa, sih, kok, kamu harus membicarakan ini kepada atasanmu? Well, tentunya, atasanmu perlu tahu hal ini agar atasanmu tahu kondisimu sehingga ia pun bisa menyesuaikan pekerjaanmu.

Misalnya, nih, atasanmu tahu bahwa kamu sedang bekerja sambil berkuliah, mungkin, yang seharusnya hari Sabtu atau Minggu kamu harus masuk kerja untuk lembur, atasanmu bisa saja memberikan pekerjaan tersebut kepada orang lain agar kamu bisa mengikuti perkuliahanmu. 

Contoh lainnya, kalau kamu memilih berkuliah di hari Senin hingga Jumat pada sore hari, kamu juga perlu membicarakan ini dengan atasanmu. Kenapa begitu? Well, jawabannya masih sama dengan paragraf di atas. Atasanmu perlu tahu bahwa kamu mengikuti program kuliah sambil bekerja agar atasanmu dapat menyesuaikan pekerjaanmu. Kalau semisal tiba-tiba ada pekerjaan yang harus dilemburkan, atasanmu bisa saja memberikan tugas tersebut kepada kolega kerjamu yang lain karena atasanmu tahu bahwa kamu harus segera pulang dan mengikuti program kuliahmu.

3. Pilih jurusan kuliah yang tepat

pilih jurusan kuliah

Nggak hanya berkuliah pada program reguler saja, gaes, kalau kamu ingin berkuliah pada program kelas karyawan, kamu pun harus memilih jurusan yang tepat untukmu. Menurut saya, kalau kamu sudah merasa nyaman dengan pekerjaanmu, maka carilah jurusan yang sesuai dengan pekerjaanmu. Hal ini dilakukan agar ilmu yang kamu dapatkan di kuliah dapat menunjang karirmu kelak di perusahaanmu yang sekarang.

Misalnya, nih, pada saat ini kamu bekerja di suatu perusahaan dan kamu bekerja sebagai akuntan. Nah, agar kamu dapat memahami pekerjaanmu lebih mendalam, kamu bisa mengikuti program kuliah karyawan jurusan Akuntansi. Nah, dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes. Terlebih, perlu kamu ketahui bahwa, biasanya, kelas karyawan memiliki kurikulum yang dibuat agar dapat memenuhi kebutuhan para karyawan. Jadi, jangan khawatir kalau apa yang akan kamu pelajari di kampus nggak bisa diterapkan di pekerjaanmu sehari-hari, ya.    

4. Perhatikan biaya perkuliahannya juga

Nah, biasanya, nih, gaes, biaya kuliah dari kelas karyawan ini berbeda-beda. Ada yang bayaran dilakukan di setiap bulan dan ada juga beberapa universitas yang melakukan pembayaran di setiap semester. Harga per semesternya pun berbeda-beda di setiap universitas. Maka dari itu, gaes, kamu pun perlu mencari tahu tentang biaya per semester agar kamu dapat mencocokkan biaya kuliahmu dengan kemampuan budget-mu. 

5. Pastikan bahwa kamu siap untuk mengikuti kelas karyawan!

siap kuliah kelas karyawan

Nah, yang paling terpenting ialah pastikan bahwa kamu siap untuk mengikuti kelas karyawan! Kamu harus tahu bahwa ketika kamu kuliah, mau itu kelas karyawan atau pun kelas reguler, kamu akan tetap memiliki tanggung jawab sebagai mahasiswa. Kamu harus mengerjakan tugas-tugasmu dengan baik, kamu harus belajar agar mendapatkan nilai ujian yang bagus dan sebagainya.

Dilain sisi, kamu pun memiliki tanggung jawab sebagai pekerja. Kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu sebaik mungkin, kamu harus masuk kerja dari hari Senin sampai Jumat dari jam delapan hingga jam lima dan sebagainya. Nah, ketika kedua hal ini dilakukan bersama, sebagian besar orang akan merasa bahwa akan sangat sulit menjalankannya.

Well, membagi waktu antara kerja dan kuliah pastinya merupakan suatu hal yang nggak mudah. Akan tetapi, nggak mudah bukan berarti tidak akan bisa dilakukan. Kamu harus memiliki siap dengan semua konsekuensi yang akan kamu dapatkan.

***

Kelima hal di atas merupakan suatu hal dasar untuk kamu ketahui dan kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum kamu berkuliah di kelas karyawan. Kalau kamu sudah mengetahui kelima hal di atas, saya yakin, deh, pasti kamu nggak akan ketemu dengan permasalahan kuliah bentrok, salah jurusan, demotivasi dan sebagainya.

Lagipula, di zaman serba canggih ini, menemukan kesempatan untuk berkuliah tanpa mengganggu jadwal bekerja nggak sulit, kok. Dengan Pintaria, Kuliah semakin mudah dengan metode Blended Learning. Kamu nggak perlu repot-repot datang ke kampus yang jaraknya jauh hanya untuk kuliah. Kamu juga nggak perlu bingung membagi waktu antara bekerja dan kuliah, karena kuliah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Kuliah online di Pintaria menjadi solusi untuk mereka yang mencari kemudahan dan kenyamanan perkuliahan yang sangat praktis dan fleksibel. Dengan metode blended learning, proses belajar menjadi lebih fleksibel dan mudah sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna.

Berbagai pilihan kampus yang terakreditasi BAN-PT didukung tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, Pintaria menyediakan pilihan mata kuliah yang lengkap dan komprehensif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tentunya, Pintaria juga menyeimbangkannya dengan program pilihan yang seiring dengan perkembangan zaman. Mulai dari jurusan Manajemen hingga Data Science bisa kamu temukan di Pintaria. Tertarik?

Baca juga:

(sumber gambar: geotimes.id, hootsuite.com, picdn.net)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©