Belajar Gratis Di mana pun dan Kapan pun? Dengan Futurelearn, Bisa Banget!

Waktu kuliah, saya punya sahabat, dan kami berdua kebetulan sama-sama suka menulis. Suatu ketika dia merekomendasikan saya sebuah situs bernama Futurelearn.com. Ternyata situs ini, asli, keren, gaes! Di Futurelearn, kamu bisa ikut semacam “kursus online” dari berbagai bidang secara gratis, lewat video-video pengajaran yang mereka berikan. Bidang yang mereka tawarkan pun bermacam-macam, lho.

Penasaran? Saya kasih tahu caranya, ya.

1. Pertama, kamu perlu register dulu di situs Futurelearn, bisa lewat Facebook atau e-mail.

 

2. Kalau sudah register, kamu bisa lihat-lihat pilihan course yang mereka tawarkan

Yang saya tampilkan di sini hanya contoh kategori course-nya aja, lho. Kursus spesifiknya, sih, ada lebih banyak lagi! Selain Business & Management, Creative Arts & Media, dan Health & Psychology, ada juga kategori Online & Digital buat kamu yang tertarik dengan dunia digital. Sementara buat kamu yang punya rencana kuliah di luar negeri, Futurelearn juga menawarkan kelas IELTS Preparation. Cek aja di kategori Teaching & Studying.

3. Kalau kamu berminat pada suatu course, kamu bisa langsung klik join

Ada course yang langsung bisa kamu mulai, saat kamu meng-kliknya. Tetapi ada juga course yang baru bisa dimulai 1-2 bulan kemudian. Meskipun begitu, hal ini nggak akan membuat kamu ketinggalan atau keteteran mengikuti materinya, kok. Walau “kurikulum” course-nya sudah dimulai sejak lama, ketika kamu klik join, sampai kapanpun kamu tetap akan bisa mengikuti course-nya, karena video-video pengajaran Futurelearn bukan live streaming, tetapi recorded. Jadi yang penting, kalau kamu berminat, langsung klik “join now”.

***

Sampai saat ini, saya sudah mengikuti tujuh courses di Futurelearn, dari berbagai topik dan bidang. Tetapi ada satu course yang paling tekun saya ikuti, yaitu Introduction to Journalism, dari University of Strathclyde. Oya, kebanyakan materi course Futurelearn memang disampaikan dan diajarkan oleh pihak universitas, walaupun ada juga yang diajarkan oleh pihak organisasi atau perkumpulan internasional seperti UNESCO, British Council, dan sebagainya.

Satu hal keren dari Futurelearn, setiap course memberikan informasi  durasinya dalam hitungan jam dan minggu. Misalnya, course A akan memakan waktu selama 5 minggu, 4 jam per minggu. Informasi ini sangat berguna, supaya kita bisa mengatur waktu agar course ini nggak bentrok dengan waktu sekolah, kuliah, atau juga pacaran #eh.

Selain itu, kurikulum tiap course juga dipaparkan secara gamblang, sehingga kamu bisa lihat tema atau materinya per pertemuan. Tiap course juga dilengkapi dengan forum diskusi, dan biasanya, di setiap akhir pokok bahasan ada tugas yang harus kamu kerjakan. Nah, hasil tugasmu ini nanti bisa mendapat feedback dari teman-temanmu yang mengambil course yang sama. Sebaliknya, kamu juga bisa memberikan kritik dan masukan untuk tugas teman-temanmu.

Setelah mengikuti materi course, mungkin kamu penasaran, kamu bakal dapat sertifikat nggak, nih? Weits, tenang sob, Futurelearn menyediakan sertifikat Statement of Participation, kok. Lumayan banget  ‘kan? Selain bisa melengkapi CV-mu, sertifikat dari Futurelearn ini bisa kamu share di media sosial kepada teman, bahkan calon perusahaan impianmu.

Tapi ada syaratnya, nih. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, kamu harus menyelesaikan tes di akhir course kamu. Selain itu, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 34 poundsterling atau sekitar Rp578,000 rupiah. Walaupun kayaknya mahal, sebenarnya biaya ini termasuk murah, kok. Sebagai perbandingan, biaya kursus jurnalistik intensif di Tempo Institute itu sebesar 6 juta rupiah, lho. Jauh lebih murah course Introduction to Journalism yang saya ambil di Futurelearn, sehingga menurut saya, sertifikatnya sangat worth it untuk dimiliki.

Harus dicatat, Futurelearn belum punya fitur subtitle untuk bahasa Indonesia. Jadi kalau kamu merasa kagok mendengarkan penjelasan dosennya dalam bahasa Inggris, kamu bisa klik “view transcript” untuk melihat subtitle video tersebut dalam bahasa Inggris. Bisa sekalian latihan melatih English listening skill kamu ‘kan?

Tuh, menarik ya, sob? Kalau kamu lagi ada waktu (dan biaya untuk mengambil sertifikatnya), yuk, langsung coba!

(sumber gambar : futurelearn.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1