6 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Anak IPA

Saya masih mau membahas tentang jurusan sekolah, nih, gaes, yaitu jurusan IPA dan IPS. Untuk artikel yang satu ini, saya akan khusus membahas jurusan IPA terlebih dahulu, ya! Yok, yok... Coba angkat tangan siapa disini yang merupakan siswa dari jurusan IPA atau alumni jurusan IPA? Pastinya ada banyak, dong, ya. Nah, siapa juga disini yang ingin masuk jurusan IPA? tentunya ada banyak juga, dong.

Nah, kenapa, sih, di Sekolah Menengah Atas harus terdiri dari setidaknya dua jurusan yaitu IPA dan IPS? Well, jawabannya karena agar pembelajaran dapat terfokus ke satu ilmu saja yaitu antara IPA dan IPS. Ketika kamu memilih IPA berarti, ilmu yang akan kamu pelajari ialah ilmu-ilmu pasti yang berhubungan dengan alam. Sedangkan kalau kamu memilih IPS, kamu akan lebih mempelajari ilmu-ilmu sosial yang ada di dalam masyarakat.

Namun sayangnya, nih, gaes, pada saat ini, kedua jurusan ini malah menjadi suatu hal yang dibandingkan. Menunjukkan bahwa yang satu lebih bagus dan yang satunya lagi kurang bagus. Padahal, kenyataannya IPA dan IPS dibentuk bukan untuk tujuan yang seperti itu. Tetapi, meskipun begitu, IPA dan IPS tetap ada berbedaan dari segi apa yang dipelajarinya. Maka dari itu, gaes, ada baiknya, nih, kalau kamu merupakan siswa jurusan IPA harus memiliki beberapa sifat untuk menunjang akademikmu. Hmm... Sifat-sifat apa saja, ya, yang harus kamu miliki sebagai anak IPA?

1. Teliti dan telaten dalam menghitung

Sebagai anak IPA, pasti kamu akan sering bertemu dengan hitung-hitungan. Nggak hanya sering, hitung-hitungan menjadi suatu hal yang pastinya menjadi suatu keseharianmu. Setiap harinya, saya yakin kamu akan bertemu dengan pelajaran baik itu Fisika, Kimia maupun Matematika. Nah, karena hitung-hitungan merupakan hal yang penting dan sering kamu temui, maka, kamu harus memiliki sifat yang teliti dan telaten.

Memangnya, kenapa, sih, sebagai anak IPA harus memiliki sifat ini? Hmm... Coba bayangin, deh, gaes, kamu harus bertemu dengan berbagai mata pelajaran yang mengharuskan kamu hitung menghitung. Kalau kamu nggak teliti dan nggak telaten, yang ada, kamu akan salah menjawab soal terus-terusan. Kamu harus teliti dan telaten dalam menggunakan rumus, memasukkan angka-angka pada rumus, menghitung dan sebagainya. Kalau kamu memiliki sifat teliti dan telaten, kamu pasti akan mendapatkan nilai yang bagus.

2. Terbuka atas kesalahan yang dibuat

terbuka atas kesalahan

Namanya juga belajar, pasti ada saja kesalahan yang dilakukan. Apalagi anak IPA, pasti kamu akan bertemu dengan berbagai kesalahan dalam pengerjaan soal-soal pekerjaan rumah maupun saat ujian. Kesalahan itu bisa terjadi karena salah menghitung, salah memasukkan rumus dan sebagainya.

Nah, kesalahan yang terjadi ini sangat wajar, kok. Namanya juga belajar, pasti sering banget terjadi kesalahan-kesalahan. Nah, kalah kamu membuat suatu kesalahan, kamu jangan merasa nggak bisa atau merasa kesal karena kamu nggak dapat nilai sempurna. Seharusnya, ketika kamu melakukan kesalahan, kamu harus mencaritahu dimana letak kesalahanmu. Setelah mengetahui dimana kesalahanmu, cobalah untuk mengoreksinya. Kalau kamu sudah menemukan kesalahanmu, jangan sampai mengulangnya kembali, ya.

3. Rajin dalam memahami rumus, bukan menghafal rumus

Nah, kesalahan dari anak IPA ialah mereka sering sekali menghafal rumus, bukan memahami rumus yang digunakan. Ketika kamu memahami rumus yang ada, saya rasa, kamu akan lebih mudah mengingat dan juga saat dalam pengerjaan tugas-tugas atau ujian-ujian pada mata pelajaran tersebut.

Kalau pun kamu lupa akan rumus yang sedang kamu hafalkan, setidaknya, kalau kamu memahami konsep, kamu bisa menghitungnya. Selain itu, kamu pun bisa dengan mudah mengingat kembali rumus yang sedang kamu hafalkan. Jadi, mulai dari sekarang, yuk, coba untuk ubah cara belajar dari kebiasaan menghafal menjadi kebiasaan memahami konsep.

4.  Nggak mudah menyerah, giat dan ulet

pantang nyerah

Bagi saya, pelajaran di jurusan IPA merupakan pelajaran-pelajaran yang cukup sulit, lho. Bagaimana nggak? Setiap hari kamu diberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan hitung-menghitung dan juga kamu harus memahami konsepnya. Bagi saya, ini merupakan suatu hal yang sulit untuk saya kerjakan. Entah kenapa saya menjadi seseorang yang malah mudah menyerah, malas memecahkan suatu soal dan nggak mau berusaha (jangan gini, ya, gaes!).

Nah, kalau kamu ingin masuk ke jurusan IPA atau kamu ialah seorang siswa di jurusan IPA, kamu justru harus memiliki sifat yang nggak mudah menyerah, giat dan ulet. Kenapa, sih, kamu harus memiliki sifat-sifat ini? Well, jawabannya udah jelas banget, nih, gaes, agar ketika kamu mendapatkan soal yang sulit, kamu nggak menyerah begitu saja dengan soal tersebut. Kalau kamu mudah menyerah, yang ada nanti kamu malah dapat nilai jelek lagi. Nggak mau, kan?

5. Mau membantu sesama

Sifat penting lainnya yang harus kamu miliki ialah mau membantu sesama. Kita sudah tahu pasti bahwa pelajaran jurusan IPA merupakan pelajaran-pelajaran yang cukup sulit. Dalam satu kelas, pasti kamu akan menemukan beberapa temanmu yang kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Nah, agar semuanya dapat nilai yang bagus dan bisa mengikuti pelajaran di kelas, kamu harus banget punya sifat mau membantu sesama. Ketika kamu membantu teman-temanmu, kamu pasti akan disukai oleh teman-temanmu. Selain itu, kamu pun bisa, lho, mengajar sambil mengingat kembali apa yang dipelajari di kelas.

***

Yap, kelima hal tersebut merupakan sifat-sifat yang wajib banget dimiliki oleh kamu yang merupakan siswa IPA. Nah, buat kamu yang ingin masuk IPA, kamu pun harus membiasakan dirimu dengan kelima sifat di atas, ya. Mau bagaimana pun, sifat di atas merupakan suatu hal yang dapat memudahkanmu dalam segi akademik di sekolah, lho.

Selain itu, kalau kamu terbiasa dengan sifat ini dan sifat ini terbawa hingga ke dunia kerja, saya rasa, sifat ini dapat membantumu untuk bekerja lebih baik di perusahaanmu. Siapa coba yang nggak senang ketika kamu bisa bekerja dengan baik. Dengan kebiasaan suka menolong, lingkungan pekerjaan pun menjadi suatu hal yang menyenangkan, lho. Maka dari itu, biasakan sifat-sifat ini sedari masa bangku sekolah, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: jadimandiri.org, intheblack.com, 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1