Lego, Mainan Lintas Usia yang Memiliki Segudang Manfaat!

Siapa disini yang suka main lego? Yap, lego merupakan salah satu permainan yang tentunya disukai oleh semua orang tanpa memandang umur. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, banyak yang menggemari mainan yang satu ini. Tetapi, kalau kamu memiliki lego, jangan letakkan legomu sembarangan, ya, gaes. Memangnya kenapa nggak boleh meletakkan lego sembarangan? karena sekalinya terinjak oleh kaki, sakitnya yang dirasakan ternyata luar biasa, gaes, hehe.

Sebenarnya, nggak hanya rasa sakitnya saja yang luar biasa ketika kamu menginjak lego. Bermain lego pun memberikan dampak positif atau manfaat yang nggak kalah luar biasanya, gaes. Kalau kamu memiliki saudara atau adik yang masih kecil, lego bisa menjadi sarana bermain sambil belajar. Dengan bermain lego, kamu bisa melatih keterampilan motorik halus dari saudaramu, lho. Selain itu, kamu pun bisa mengenalkan berbagai macam warna-warna dengan cara yang menyenangkan.

Nah, kalau bermain lego dapat memberikan manfaat bagi anak-anak, lalu, apakah bermain lego dapat memberikan manfaat buat kamu yang sudah remaja? Wah, tentu, dong, gaes! Bermain lego pun memberikan manfaat buat kamu-kamu, nih. Ada apa saja, ya, manfaatnya?

1. Mengajarimu untuk lebih gigih

Yap, lego merupakan balok-balok kecil yang memiliki bagian-bagian yang ada banyak sekali. Nah, untuk membuat suatu bentuk, baik itu bentuk bangunan maupun bentuk-bentuk yang lain, dibutuhkan cara-cara yang rumit, kreativitas dan tentunya estetika. Nah untuk menggabungkan hal-hal tersebut dan menciptakan sesuatu, pastinya, nggak mudah, dong?

Karena rasa penasaran dan juga rasa suka dalam bermain lego, pasti kamu akan berusaha untuk mewujudkan bentuk yang ingin kamu buat. Nah, secara nggak langsung, kamu diajarkan untuk gigih dan nggak gampang menyerah untuk membuat bentuk yang kamu inginkan.

2. Melatih keterampilan dalam memecahkan masalah

memecahkan masalah

Yap, membuat sesuatu dari bagian-bagian lego bukanlah suatu hal yang mudah, lho. Bayangkan saja, bagian-bagian kecil tersebut harus dipasang satu per satu agar membentuk suatu bangunan, kendaraan dan sebagainya sesuai dengan keinginanmu.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, pastinya ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, kan? Dan nggak jarang juga kalau cara-cara tersebut ternyata salah dan legomu tidak membentuk wujud yang kamu inginkan. Kamu akan terus berusaha mencari cara agar legomu dapat berbentuk sesuai dengan yang kamu inginkan. Tanpa kamu sadari, ternyata, dengan bermain lego, keterampilanmu dalam memecahkan masalah pun dilatih dengan cara yang menyenangkan.

3. Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas

kreativitas

Untuk membentuk lego menjadi suatu wujud baik itu bangunan, kendaraan dan lain sebagainya, pastinya, dibutuhkan imajinasi dan juga kreativitas. Kalau kamu nggak memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi, pasti kamu akan kesulitan dalam membentuk legomu.

Nah, maka dari itu, ketika kamu googling berbagai macam bentuk yang bisa dihasilkan dari lego dan kamu pun selalu mencoba mewujudkannya, secara nggak langsung, kamu pun sedang melatih dan mengembangkan kreativitasmu.

Dari yang tadinya hanya bermodalkan googling, kamu bisa memodifikasi bentuk-bentuk yang kamu temui dari google sesuai dengan yang ada dipikiranmu. Nah, selain kekreativitasanmu yang terasah, daya imajinasimu pun dapat berkembang, lho.

4. Mengajarkan rasa sabar

Selain imajinasi dan juga kreativitas, untuk membentuk lego menjadi suatu wujud, dibutuhkan juga rasa sabar, lho. Memainkan lego hingga menghasilkan suatu bentuk itu nggak membutuhkan waktu yang sebentar, gaes, pasti dibutuhkan waktu beberapa hari, minggu atau bahkan bulanan. Nah, dengan memainkan lego, rasa sabarmu pun dilatih, lho, gaes. Kalau kamu nggak sabaran, pasti memainkan lego menjadi suatu hal yang menyebalkan.

5. Melatih konsentrasi dan fokus

fokus

Ketika kamu menyusun lego, kamu pastinya perlu konsentrasi dan juga fokus yang bagus. Kalau kamu terbiasa membuat lego berdasarkan imajinasimu, pasti konsentrasi dan fokusmu telah terbiasa diasah juga. Bagaimana tidak? Imajinasi merupakan suatu hal yang hanya ada dipikiranmu dan tentunya nggak tercetak dalam suatu kertas ataupun buku. Nah, dengan membayangi suatu bentuk dan kamu merealisasikannya dengan lego, berarti kamu memiliki konsentrasi dan fokus yang bagus, gaes.

***

Nah, buat kamu yang ingin mengembangkan konsetrasi, fokus, rasa sabar, keterampilan dalam memecahkan masalah, imajinasi, kreativitas dan sifat gigih, lego bisa menjadi saranamu, gaes! Dengan bermain lego, kamu nggak hanya dapat melatih hal-hal tersebut, tapi, lego pun dapat mengurangi rasa stres, lho! Maka dari itu, yuk, mulai dari sekarang kurangi main gadget dan perbanyak main lego!

Baca juga:

(Sumber gambar: lego.com, newcastle.edu.au, kepner-tregoe.com, betterhelp.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1