Menu

Nggak Cuma SBMPTN, Ini Dia 5 Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Berbagai Penjuru Dunia!

Gaes, gimana persiapan untuk SBMPTN tahun depan? Udah mantap kah? Atau masih ngawang?

Buat yang udah keburu panik, mending kaliatn tarik nafas dulu yang panjang... lalu rileks. Youthmanual nggak bakal membahas soal sulitnya lolos SBMPTN atau hal-hal lain yang bikin kamu makin stress mikirin SBMPTN 2018 kok. Karena kali ini, kita akan membahas soal ujian masuk universitas di berbagai negara di dunia!

Dikira cuma murid-murid Indonesia aja yang bisa stress mikirin ujian masuk PTN? Siswa lain di seluruh dunia ternyata juga mengalami hal yang sama lho menjelang akhir masa SMA mereka. Jadi, kalau kamu pernah merasa sendiri dalam menghadapi ujian-ujian kehidupan ini... tenang, kalau kata mendiang Michael Jackson sih, you are not alone~

Anyway, let's just jump into it, shall we?

1. Gaokao

Ada yang bisa tebak ujian yang satu berasal dari mana?

Yup, Gaokao (高考) adalah sebuah ujian masuk universitas berstandar nasional dari negeri tirai bambu, Cina. Selayaknya SBMPTN, ujian ini diikuti oleh murid-murid setelah mereka lulus SMA untuk bisa masuk ke kampus idaman mereka. Ujian ini dilaksanakan secara 9 jam selama kurang lebih dua hari dengan mata ujian wajib berupa Sastra Cina, Matematika, dan Bahasa Inggris. Nah, persis kayak SBMPTN, ada mata ujian wajib ada pula mata ujian pilihan.

Untuk siswa yang memilih jurusan di bidang sosial humaniora, pelajaran tambahan yang diujikan adalah Sejarah, Politik, dan Geografi. Sementara untuk mereka yang memilih jurusan di bidang sains dan teknologi, pelajaran lain yang diujikan berupa Fisika, Kimia, dan Biologi.

Psst, ada yang unik nih dari Gaokao. Beberapa media sempat menyatakan bahwa ini adalah ujian masuk universitas tersulit di dunia. Gimana nggak? Selain harus mengisi 75 soal pilihan ganda, para peserta juga diberikan soal essay dengan pertanyaan yang bikin pusing tujuh keliling.

Contohnya? Ini dia: “Kamu adalah seseorang yang bebas karena kamu bisa memilih bagaimana cara menyebrangi padang pasir sesuka hatimu; tapi, kamu bukanlah seseorang yang bebas karena kamu diharuskan untuk menyebrangi padang pasir tersebut. Tuliskan essay berjumlah 800 kata mengenai hal ini”

Beuh, pening pening deh tuh jawabnya.

2. SAT

SAT adalah ujian masuk terstandarisasi yang digunakan oleh hampir seluruh universitas yang ada di Amerika Serikat. Ujian ini memiliki 4 bagian utama yaitu Ujian Membaca, Ujian Bahasa dan Tulis-Menulis, Ujian Matematika (tanpa kalkulator), dan Ujian Matematika (dengan kalkulator).

Secara umum, Ujian Membaca dari SAT berisi 52 pertanyaan dengan batas waktu pengerjaan 65 menit. Pertanyaan-pertanyaan ini akan didasarkan pada potongan-potongan bacaan yang harus dipahami oleh setiap peserta. Meski akan ada grafik ataupun tabel, namun peserta nggak butuh untuk menggunakan kemampuan berhitungnya pada section ini.

Kemudian ada Ujian Bahasa dan Tulis Menulis. Memiliki 44 pertanyaan pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 35 menit. Nggak jauh berbeda dengan Ujian Membaca, bagian ini juga mengharuskan peserta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan untuk selanjutnya menentukan kesalahan apa yang ada pada bacaan tersebut dan apa yang harus dikoreksi.

Nah, yang terakhir adalah Ujian Matematikanya. SAT memiliki 2 Ujian Matematika yang mana satu nggak memperbolehkan peserta untuk menggunakan kalkulator, sementara yang satunya membolehkan peserta untuk membawa alat bantu hitung mereka. Untuk materinya sendiri biasanya terdiri dari tiga materi utama yaitu Aljabar (persamaan linear, fungsi, dan sistem persamaan), Analisis Data dan Pemecahan Masalah (stastistik, modeling, dan skill pemecahan masalah), serta Matematika Tingkat Lanjut (persamaan non-linear, radikal, eksponensial dan topik lainnya dalam matematika lanjutan).

3. Suneung (CSAT)

Negeri Ginseng ini juga punya ujian masuk universitasnya sendiri, lho!

Guys, meet College Scholastic Ability Test (Korea: 대학수학능력시험) atau yang sering disebut dengan Suneung (수능), sebuah ujian masuk universitas terstandarisasi dari Korea Selatan. Materi yang diujikan berdasarkan dari buku-buku pelajaran berstandar nasional dan dirancang untuk melatih kemampuan berpikir. Per 2016, pelajaran wajib yang diujikan di Suneung adalah: Bahasa Nasional, Matematika, Bahasa Inggris, dan bahasa asing. Sementara untuk penjurusannya ada 3 yaitu Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Vokasi/Keterampilan.

Suneung merupakan event yang serius di Korea, di mana pada hari H ujian beberapa regulasi khusus pun diterapkan seperti peningkatan armada bus dan subway agar peserta nggak terlambat, penghentian sementara lalu lintas penerbangan agar mereka yang ujian di dekat bandara nggak terganggu dengan berisiknya suara pesawat, hingga pelibatan anggota kepolisian untuk mengantar siswa-siswa menuju tempat ujiannya.

Tapi, ada kisah sedih nih di balik ujian masuk universitas yang satu ini. Saking seriusnya orang-orang Korea menganggap Suneung, nggak jarang ini membuat para siswa yang mengikutinya jadi merasa stress dan tertekan secara berlebihan. Kasus-kasus seperti depresi hingga bunuh diri sering kali menghiasi berita jelang pelaksanaan ujian ini.

So sad...

4. Baccalauréat

Prancis juga memiliki “SBMPTN”-nya sendiri nih, gaes. Baccalaureat atau yang biasa disingkat bac adalah sebuah seleksi akademis yang diikuti oleh siswa-siswi Prancis setelah mereka menyelesaikan pendidikan SMA. PErtama kali diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte di tahun 1808, Baccalaureat memiliki 3 tipe ujian yaitu the baccalauréat général (general baccalaureate); the baccalauréat professionnel (professional bacca laureate), dan the baccalauréat technologique (technological baccalaureate)

Sementara itu untuk penjurusanya sendiri dibagi menjadi 3 yaitu Scientifique (Sains), Sciences économiques et sociales (ekonomi dan ilmu sosial), dan littéraire (Literatur).

5. Matura

Matura adalah ujian masuk perguruan tinggi yang digunakan di beragam negara Eropa seperti Albania, Austria, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Hungaria, hingga Italia. Karena luasnya cakupan negara yang menggunakan ujian ini sebagai standar masuk universitas, maka pelajaran yang diujikan pun bisa berbeda-beda tiap negara.

Untuk di Republik Ceko misal, pelajaran wajib yang diujikan adalah Bahasa Ceko dan Literatur Asing (Inggris, Jerman, Rusia, Spanyol atau Prancis) atau Matematika. Peserta bisa memilih kombinasi antara 2 mata pelajaran ini. Sementara itu untuk mata pelajaran jurusan, peserta bisa memilih dua atau tiga pelajaran lain mulai dari Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Sejarah, dan Teknologi Informasi.

Baca juga:

(sumber gambar: japantimes.co.jp)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 3 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©