Ini, Lho, 6 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Bergabung dengan Komunitas

Seringkali kegiatan semasa kuliahmu itu cuma berkutat antara kampus dan rumah/kos saja. Mengikuti jadwal perkuliahan kemudian bergabung dengan organisasi kampus lalu mengerjakan tugas dan kemudian pulang untuk istirahat. Terkadang akan ada perasaan bosan dan juga penat dengan rutinitas tersebut, bukan?

Nah, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kepenatan itu adalah dengan bergabung pada sebuah komunitas. Fyi, di sekitar kamu pasti banyak sekali komunitas yang berdiri—entah untuk tujuan sosial ataupun komunitas yang tujuannya hanya untuk menyalurkan dan memperdalam hobi. Contohnya komunitas budaya, komunitas penulis, komunitas film, komunitas pecinta kuliner, komunitas traveling, bahkan komunitas pecinta teh sekalipun.

Berbicara mengenai komunitas, kenapa, sih, kamu harus bergabung dengan komunitas saat kamu masih kuliah? Bukannya ikutan komunitas malah bikin capek? Well, berikut ini adalah 6 alasan kuat mengapa kamu harus bergabung dengan komunitas. Yuk, simak!

1. Membangun relasi

Bergabung dengan sebuah komunitas tentunya akan membantu mempertemukan dengan orang-orang baru di luar circle pertemananmu yang biasanya. Apalagi ketika komunitas yang kamu ikuti itu berada di luar kampusmu, tentunya akan semakin memperkenalkanmu dengan orang-orang baru yang berasal dari kampus yang berbeda denganmu.

Hal tersebutlah yang sangat membantumu dalam membangun sebuah networking yang luas dan mungkin akan berguna bagi kariermu ke depannya. Dengan kata lain, banyak kenalan-kenalan yang akan membuka peluang-peluang di luar pemikiran kamu, sehingga job-job yang terkait dengan keahlian kamu juga akan mudah didapatkan.

2. Melatihmu untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, dalam sebuah komunitas pastinya akan membuatmu bertemu dengan banyak orang—yang tentunya memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Nah, di sini kamu akan tertantang buat belajar bagaimana bersosialisasi dan berkomunikasi dengan berbagai orang yang berbeda karakter dan kepribadiannya.

Nggak cuma itu, buat kamu yang sulit bersosialisasi dengan orang lain, komunitas jadi salah satu wadah yang tepat untuk membantumu dalam belajar bersosialisasi. Soalnya, di dalam komunitas, secara nggak langsung kamu akan berlatih berkomunikasi yang baik dan komunikatif.

3. Memberimu kesempatan untuk belajar dalam tim

Eits… jangan salah! Dalam sebuah komunitas itu juga sering mengadakan sebuah event, lho— misalnya event dalam rangka hari menanam pohon nasional atau event yang memang diadakan setiap tahunan.

Well, yang namanya mengadakan sebuah acara, nggak akan mungkin bisa dilaksanakan dengan sendirinya bukan? Dibutuhkan kerja sama yang baik antar anggota. Dan sebagai anggota dari komunitasmu, kamu harus turut berkontribusi untuk menyukseskan acara tersebut dengan cara terlibat langsung dalam kepengurusan atau kepanitiaannya.

Kamu bisa bergabung dalam divisi-divisi yang telah tersedia dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Misal, kamu bisa mengoperasikan kamera, maka masuklah dalam divisi publikasi dan dokumentasi Dengan demikian, kamu bisa melatih kerja samamu dalam tim sekaligus melatih kemampuan fotografimu.

Jadi, kalau ada event di komunitas, jangan kabur, ya! Hehehe.

4. Mengembangkan dan memperdalam hobimu

Gaes, adakah di antara kamu yang memiliki hobi, tapi berlainan dengan jurusan kuliah yang sedang kamu ambil saat ini? Misal, hobimu menggambar, kamu berkuliah di jurusan Akuntansi. Kalau ada yang seperti itu, kamu nggak perlu terlalu khawatir, nih. Kenapa bisa gitu?

Dengan bergabung di komunitas, kamu bisa mengembangkan hobimu tersebut, walau nggak melalui bangku kuliah. Dan kamu nggak perlu khawatir nggak ada yang ngajarin kamu disana. Sebab, dalam sebuah komunitas, kamu akan menjumpai anggota-anggota lain yang memiliki kemampuan yang sama, bahkan yang kemampuannya sudah di atas kamu. Jadi, kamu bisa sama-sama belajar dan memperdalam kemampuanmu dari orang-orang tersebut.

Oyaa, terlepas manfaatnya untuk mengasah kemampuanmu yang lain, bisa menyalurkan hobi dalam sebuah komunitas juga jadi salah satu cara melepas penat dan stres dari aktivitasmu. Kalau sudah bebas stres, pastinya kamu bisa lebih fokus dan profesional dalam perkuliahanmu.

5. Wadah untuk menemukan inspirasi baru

Kamu pernah nggak merasa bosan atau jenuh dengan kehidupan kampus, bertemu hampir setiap hari dengan orang yang sama dan rutinitas yang itu-itu saja? Pasti pernah, dong, ya.

Fyi, saat kamu sedang stuck seperti itu, bisa jadi sebuah tanda kamu memerlukan sebuah insparsi, gaes. Nah, dengan bergabung komunitas, selain untuk menyalurkan hobi dan melepas stres. Kamu bisa menemukan inspirasi baru yang bisa membuat hidupmu lebih berwarna lagi.

Soalnya, seperti yang sudah saya sebut di poin sebelumnya, dalam komunitas sering mengadakan berbagai event—dimana dari event tersebut, kamu bisa menemukan sebuah inspirasi. Entah dari sebuah masalah baru dalam event tersebut yang memerlukan solusi sebagai bahan skripsimu, sebuah karya yang memukau atau bahkan peluang bisnis baru yang bisa mendekatkanmu pada hal-hal baru yang ternyata bisa menjadi passionmu yang lain.

6. Menambah poin lebih pada CV, resume atau portofoliomu

Saat mahasiswa lulus dari kuliah, kebanyakan dari mereka pasti akan mencari kerja bukan? Saat mencari kerja, kamu pasti butuh yang namanya Curriculum Vitae a.k.a CV, resume atau portofolio.

As you know, CV, resume atau portofolio yang bagus akan memudahkan kamu dalam menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah nanti. Di dalam CV, resume atau portofolio sendiri, kamu harus mencatumkan kemampuan-kemampuan yang paling menonjol dari dirimu.

Nah, salah satu cara untuk menambah kemampuan yang kamu miliki dalam yaitu dengan bergabung dalam sebuah komunitas. Selain itu, karya-karya yang kamu hasilkan selama kamu bergabung dalam komunitas bisa kamu jadikan bahan portofolio juga, lho. Misal, kamu tergabung dalam komunitas pencinta desain baju. Trs, salah satu desain bajumu ternyata masuk dalam pameran fashion show yang sering diikuti oleh komunitasmu. Hal-hal seperti itulah yang bisa kamu tambahkan dalam portofolio.

***

Itulah 6 alasan kuat kenapa kamu harus bergabung dalam komunitas saat masih berada di bangku kuliah, gaes.  Jadi, buat kamu yang ingin bergabung dengan komunitas yang ada di sekitarmu, tapi masih ragu-ragu. Mulai dari sekarang nggak usah ragu-ragu, deh! Soalnya, gabung ke komunitas itu nggak ada ruginya sama sekali, kok.

 

Baca Juga:

 

(Sumber gambar: goodlifeproject.com, jacquelyns.home.blog, jacquelyns.home.blog)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1