6 Orang Sukses dan Cerita Kegagalannya

Kegagalan merupakan suatu hal yang sangat biasa terjadi oleh semua orang.Tetapi, banyak sekali orang-orang yang nggak menganggap bahwa kegagalan merupakan suatu hal yang biasa. Bahkan, banyak sekali orang-orang yang langsung pesimis ketika mereka mengalami kegagalan.

Padahal, perlu kita ketahui bahwa  kegagalan merupakan suatu hal yang nggak perlu ditakutkan atau disedihkan. Ketika gagal, memang, sih, terkadang kita kecewa dengan hal tersebut, tetapi, jangan sampai ketika kamu gagal kamu nggak berani untuk mencoba hal tersebut.

Saya pernah diberikan wejangan oleh atasan saya di kantor. Beliau bilang, ketika ketika mengalami kegagalan, kita nggak boleh takut untuk mencobanya kembali. Apapun itu, selama kita terus mencobanya, suatu saat, pasti kita akan mendapatkan apa yang sedang kita perjuangkan. Yap, bisa dibilang bahwa kegagalan merupakan suatu keberhasilan yang tertunda.

Nggak cuma kamu saja, kok, yang pernah mengalami kegagalan. Banyak juga, lho,orang-orang yang erkenal akan kesuksesannya mengalami suatu kegagalan pada dirinya. Nah, agar kamu lebih bersemangat lagi setelah mengalami suatu kegagalan, yuk, kita baca dulu cerita kegagalan dari orang-orang sukses berikut, ini!

1. Steven Spielberg

Tahu kah kamu siapa itu Steven Spielberg? Steven Spielberg adalah sutradara papan atas yang sering sekali meraih beragam penghargaan atas karya perfilman yang telah ia buat. Kamu harus tahu, gaes, meskipun sutradara kondang ini sering kali mendapatkan penghargaan atas karyanya, ia pun pernah mengalami beragam kegagalan.

Ketika ia lulus dari Sekolah Menengah Atas, ia gagal untuk masuk kampus seni. Ia gagal untuk masuk ke University of Southern California’s School of Cinematic Arts. Nggak hanya sekali, Steven Spielberg telah dua kali ditolak masuk ke universitas tersebut.

Meskipun ia pernah mengalami kegagalan, ia nggak menyurutkan motivasinya dalam dunia perfilman. Akhirnya, ia memiliki banyak penghargaan seperti Best Director dari Academy Award dalam film Schindler’s List dan Saving Private Ryan. Selain itu, ia pun mendapatkan penghargaan dari BAFTA Film Award sebagai Best Film dan Best Director dalam film Schindler’s List. Ia pun memenangkan award yaitu Best Casual Game dalam filmnya yang berjudul Boom Blox.

2. Bill Gates

kegagalan dari bill gates

Siapa, sih, yang nggak tau Bill Gates? Semua orang tahu tentang Bill Gates dikarenakan oleh produk yang ia ciptakan yaitu Microsoft. Perlu kamu ketahui, lho, bahwa Bill Gates yang merupakan orang terkaya kedua di dunia ini pun pernah mengalami kegagalan dalam karirnya.

Sebelum ia menciptakan Microsoft, Bill Gates yang bekerjasama dengan Paul Gilbert dan Paul Allen mencoba untuk menciptakan Traf-O-Data yang memiliki fungsi yaitu untuk memproses data. Namun, setelah ia berhasil menciptakan alat tersebut, ketika ia mencoba untuk mempresentasikan mesin Traf-O-Data kepada perusahaan Seattle Country, mesin tersebut malah mengalami kerusakan.

Nah, coba bayangkan kalau Bill Gates merupakan seseorang yang mudah sekali menyerah. Mungkin, sekarang ia nggak akan menjadi seseorang yang dapat menciptakan suatu produk yang bermanfaat bagi semua orang. Karena Bill Gates nggak mudah menyerah, akhirnya, ia pun dapat menciptakan sesuatu yang berfungsi untuk banyak orang dan juga bisa meraih keuntungan yang membuatnya menjadi seseorang yang menduduki peringkat pertama orang terkaya se dunia.

3. J. K. Rowling

kegagalan dari J. K. Rowling

Kalau kamu suka sekali dengan Harry Potter, pasti kamu familiar sekali dengan nama J. K. Rowling. Yap, J. K. Rowling merupakan penulis dari buku Harry Potter. Kalau kamu menikmati buku dan film Harry Potter, J. K. Rowling sukses sekali membuat suatu dunia yang sangat imajinatif dan juga seisinya.

Sebelum buku buatannya yang mendunia ini diterbitkan dan terkenal, ternyata naskah dari buku ini pernah diremehkan dan ditolak oleh para publishers. Nggak tanggung-tanggung, J. K. Rowling pernah ditolak sebanyak dua belas kali. Menurut mereka, naskah yang dibuat oleh J. K. Rowling merupakan suatu cerita yang sangat imajinatif dan jarang orang yang akan menikmati karya buatannya. Namun, pada saat ini, buku tersebut telah diterjemah ke dalam tujuh puluh dua bahasa di dunia.

4. Mark Zuckerberg

Siapa disini yang merupakan pengguna dari Facebook? Yap, salah satu media sosial yang terkenal ini merupakan buatan dari seseorang yang bernama Mark Zuckerberg. Perlu kamu ketahui, gaes, Mark Zuckerberg merupakan orang terkaya ke delapan di tahun 2019 menurut majalah Forbes.

Nah, meskipun kita semua tahu media sosial yang dibuatnya, apakah kita semua tahu tentang kegagalan yang pernah ia rasakan? Yap, meskipun ia adalah seorang CEO yang sukses, ia pun pernah mengalami yang namanya kegagalan.

Kegagalan yang pernah dialami oleh Mark Zuckerberg adalah ketika ia di drop out dari universitasnya pada saat itu yaitu Harvard University. Meskipun ia mendapatkan suatu kegagalan, ia nggak terpuruk dengan kegagalan tersebut. Justru, ia berusaha bangkit kembali dan menunjukkan bahwa dirinya memiliki potensi dengan mengembangkan Facebook.

5. Walt Disney

Kita semua pasti penikmat film dari Walt Disney. Mulai dari kisah yang menggambarkan tentang kekeluargaan, cinta sejati, pertemanan, kepahlawanan dan sebagainya telah dibuat dan diproduksi oleh Walt Disney. Hingga saat ini pun, Walt Disney punya banyak sekali taman bermain yang dibuka di berbagai negara.

Melihat kesuksesan dari Walt Disney, mungkin kita akan berpikir bahwa ia nggak pernah mendapatkan kesulitan. Namun, kenyataannya, sebelum ia sukses dan terkenal dengan animasi buatannya, ia pernah dicap sebagai kartunis yang miskin ide dan kreasi.

Sebagai seorang kartunis, ucapan seperti itu bisa saja menghancurkan semangat dan harapannya. Namun, dengan kegigihannya, akhirnya, Walt Disney menjadi seseorang dengan karya yang dapat mempengaruhi banyak orang.

6. Bob Sadino

Siapa yang nggak tahu dengan Almarhum Bob Sadino? Pasti dari kita banyak yang tahu bahwa beliau merupakan pengusaha hebat dari Indonesia yang selalu down to earth. Ia pun merupakan pengusaha yang memiliki penampilan berbeda daripada pengusaha lainnya. Pengusaha lain mungkin akan sering menggunakan jas dan dasi, namun berbeda dengan Bob Sadino, ia selalu down to earth dengan menggunakan celana pendeknya.

Meskipun ia dikenal sebagai pengusaha sukses, namun, semasa hidupnya, ia pernah mengalami banyak sekali kegagalan. Setelah lama menetap di Belanda, akhirnya Bob Sadino memilih untuk pulang ke Indonesia. Ia mencoba menjadi pengusaha peternak ayam. Sebagai pengusaha peternak ayam, ia pernah menjual telur ayamnya dari pintu ke pintu. Kegagalan lain yang dirasakan olehnya ialah ketika ia harus menjual aset yang ia miliki untuk bertahan hidup. Namun, dengan sifat yang pantang mundur, Bob Sadino terus berusaha hingga ia menjadi pengusaha yang terkenal hingga saat ini.

***

Kalau kamu lihat dari cerita-cerita kegagalan orang sukses, kamu pastinya bisa menyimpulkan bahwa kegagalan bukanlah suatu hal yang harus kamu hindari. Justru, ketika kamu memiliki kegagalan, hal tersebut harus menjadi pemicu bagi kamu untuk terus melangkah lebih maju lagi.

Nah, sekarang kamu seharusnya nggak boleh takut mencoba suatu hal yang dimana kamu pernah gagal sebelumnya. Kegagalan itu sendiri merupakan suatu keberhasilan yang tertunda. Teruslah berusaha untuk mencapai impianmu. Jangan jadikan kegagalan sebagai batu pengganjalmu sehingga kamu kesulitan untuk meraih kesuksesan. Semangat terus!

Baca juga:

(Sumber gambar: forbes.com, youtube.com)

LATEST COMMENT
Dasri Dsr | 8 jam yang lalu

Nah klo tipe pelajar bunglon bagaimana biar efektif belajarnya sedangkan mood itu susah bgt diaturnya

Tipe Pelajar Macam Apakah Kamu? Cari Tahu Di Sini, Supaya Cara Belajar Kamu Nggak Sia-Sia!
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Mohon di cek kan kak. Saya kuliah di Universitas Asahan Prodi Bahasa Indonesia Nama:Winda Mentari NPM:14053010

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
Zainu Satria | 2 hari yang lalu

Assalamu'alaikum. Kak saya mau tanyak, saya kan pernah kulia dari tahun 2014.udh selesai semua, saya juga udh susun proposal.pas saya mau sempro kendala di uang kulia. Karena pada saat saya kulia ada ambil dispen. Disitu saya sama sekali tdk ad uang. Tu terus saya mau kerja. Dan ingin ambil cuti.…

Cuti Kuliah: Ketentuan dan Serba-Serbinya
maulaaa ya | 3 hari yang lalu

Emangnya gabisa yaa kalau anak ipa masuk ke psikologi soshum ?

5 PTN dengan Prodi Psikologi Saintek, Anak IPA Wajib Cek!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1