7 Keuntungan Kemampuan Berkomunikasi di Dunia Kerja

Communication skills merupakan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, baik secara lisan, tulisan, maupun gestur. Keahlian public speaking, bernegosiasi, memahami dan menyampaikan pesan dalam berbagai format (tulisan, lisan, audio visual) berkaitan dengan communication skills. Nah, kemampuan komunikasi ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Inilah keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menguasai skill tersebut.

1. Peluang saat melamar kerja jadi lebih besar.

Dalam proses rekrutmen, komunikasi memegang peranan penting. Kamu harus bisa menyampaikan pemikiran, pengalaman, dan kelebihanmu. Kamu pun harus bertukar informasi dengan rekruter. Nah, salah satu masalah terbesar calon pekerja adalah kesulitan mengkomunikasikan informasi mengenai dirinya dan kelebihannya. Alhasil, jawaban saat wawancara atau tes jadi alakadarnya.

Kesulitan berkomunikasi dengan lawan bicara juga bisa membuat suasana menjadi canggung atau bikin impresi yang nggak oke. Contohnya, karena nervous saat wawancara, kamu jadi bicara dengan cepat dan terlalu banyak gerakan tubuh. Si pewawancara bisa beranggapan bahwa kamu kurang fokus.

Sebaliknya, kelihaian kamu dalam berkomunikasi akan menjadi poin plus yang bikin kamu lebih berpeluang dapat pekerjaan.

2. Cepat beradaptasi

Kemampuan komunikasi juga membantumu lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, baik dengan rekan, atasan, hingga klien.

3. Efisien dalam bekerja

Saat komunikasi lancar, pesan akan sampai dengan baik. Termasuk segala arahan yang berhubungan dengan pekerjaan. Alhasil, kamu nggak perlu lagi bolak-balik menanyakan apa yang harus dikerjakan, karena kamu sudah memahaminya. Rekan kerja pun mengerti apa yang kamu sampaikan. Ini sangat membantu membuat pekerjaan cepat beres.

Sebaliknya, kekurangan dalam berkomunikasi, bisa bikin pesan nggak sampai atau kurang lengkap. Alhasil, bisa mengulang pekerjaan karena salah, atau menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengulang diskusi hingga maksud tersampaikan.

4. Usulan atau ide lebih mudah diterima.

Dari pengalaman belasan tahun bekerja, saya seringkali melihat ada ide atau usulan yang tidak diterima. Bukan karena ide tersebut nggak oke, tetapi karena nggak dikomunikasikan dengan baik.

Gambarannya begini, kamu punya rancangan yang oke banget. Nah, kamu harus bisa mempresentasikannya kepada orang lain, supaya mereka mengerti dan tertarik. Di situlah kemampuan komunikasi memegang peranan penting.

5. Menghindari konflik

Konflik dalam pekerjaan kerap terjadi karena kesalahpahaman atau komunikasi yang nggak lancar. Nah, keahlian berkomunikasi bisa menghindarkanmu dari masalah yang nggak perlu. Bekerja pun jadi lebih fokus.    

6. Membantu kamu maju menjadi pimpinan

Dalam pekerjaan, kadang ada yang ditunjuk menjadi pemimpin proyek atau divisi. Hal ini sangat bagus untuk perkembangan kariermu serta untuk memperkaya pengalamanmu. Nah, kriteria penting untuk menjadi leader adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jika kamu memiliki skill tersebut, artinya kesempatan kamu untuk maju semakin besar.

7. Mengembangkan networking

Hubungan dengan pihak perusahaan, rekan kerja, divisi lain, pelanggan, klien, sponsor, dan lainnya akan terbentuk dan berkembang dengan adanya komunikasi yang baik. Networking ini nggak hanya penting untuk kelancaran pekerjaanmu saat ini, tapi juga di masa depan.

Seandainya kamu bekerja di tempat lain atau membangun usaha sendiri, jejaring atau networking yang baik akan sangat membantu. Dari situ kamu bisa mendapatkan pekerjaan, kesempatan, klien, hingga bisa dikenalkan dengan orang/pihak yang baru. Peluang pun semakin bertambah.   

(Sumber gambar: Pixabay)

LATEST COMMENT
Audry Sophie Biba | 17 jam yang lalu

Jurusan ilmu kelautan itu lebih ke soshum apa saintek?

Mengenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Kelautan
Sya Zikra P | 2 hari yang lalu

Misalnya dari SMK jurusan seni dapat snmptn dan ambil jurusan saintek apakah pasti tidak akan diterima?

Lulus SMK, Kuliah di Prodi Sejalan atau Lintas Jurusan?
Rizkiyanto | 2 hari yang lalu

Open PP/Endrose Tiktok @rizkiyanto25 Folower 83,5k bayar seikhlasnya No tlpon/wa 082116945166

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Marsya Ayu Rofiah Heryani | 5 hari yang lalu

Nerima kok, alumni ku ada yang keterima di UI tapi sayang ga diambil karna ga bisa bayar

Peluang SMK Lulus SNMPTN, SBMPTN atau Ujian Mandiri. Serba-Serbi yang Harus Jadi Catatan Sebelum Berjuang Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1