10 Tips Paling Dasar Supaya Aman di Kos-Kosan

Waktu saya baru ngekos dulu, salah satu hal yang paling bikin deg-degan adalah soal keamanannya. Segala pikiran parno melintas di kepala. Misalnya, gimana kalau ada maling? Gimana kalau teman kos-nya nggak bisa dipercaya? Gimana kalau ada api? Dan berbagai hal yang bikin deg-degan lainnya.

Dulu sih, nggak banyak referensi yang membahas soal keamanan di kosan. Jadi, cuma bisa  banyak-banyak doa.

Saya baru aja menemukan buku The Her Campus Guide to College Life yang berisi panduan kehidupan kampus. Mahasiswa senior di kampus Harvard lah yang memiliki ide membuat buku panduan ini. Soalnya, mereka merasa  referensi seputar kehidupan kampus itu langka banget, padahal infonya penting buat mahasiswa baru dan calon Maba.

Nah, salah satu bagian dalam buku ini membahas mengenai keamanan di kosan. Saya pun mencatat beberapa hal yang efektif untuk kita terapkan:

1. Selalu jaga barang berharga. Menurut Hercampus, barang yang paling sering kecurian di sekitar kampus (termasuk kosan) adalah laptop, hape, tablet, perhiasan, dan pakaian.

Masalahnya, kita suka sembarangan meletakkan barang-barang ini. Misalnya, menggeletakkan hape atau laptop di ruang bersama kosan. Atau meninggalkannya saat untuk mengambil barang lain.

2. Simpan perhiasan di dalam lemari terkunci atau lokasi yang tersembunyi dalam kamar.

3. Beri password pada gadget kamu. Supaya aman dari tangan usil yang pengen kepo. Aktifkan juga aplikasi pengecek lokasi. Seandainya ada yang hilang, kamu bisa berusaha mengecek lokasi perangkat tersebut.

4. Jangan nyalakan lilin, aromaterapi, obat nyamuk, rokok, atau benda lain yang mudah terbakar di kamar kos. Apalagi meninggalkannya atau menyalakannya saat kamu tertidur.

5. Berhati-hati saat sedang memasak dan jangan pernah tinggalkan kompor di dapur kos dalam keadaan menyala.

6. Kalau melihat ada orang asing atau mencurigakan di sekitar area kosan, jangan segan untuk bertanya. Tanyanya baik-baik aja, sih. Misalnya, “Cari siapa, ya?” atau “Kuliah di sini juga?”. Bisa juga kamu langsung memberitahukan ke pengawas kos.

7. Biasakan mengunci pintu kamar kos kamu. Baik saat kamu berada di dalam, ataupun saat keluar kamar, meskipun cuma sebentar.

8. Catat barang yang dipinjam orang lain. Begitu pula sebaliknya, catat barang yang kamu pinjam. Dari pengalaman ngekos, masalah pinjam-pinjaman ini memang agak tricky, karena barangnya gampang terselip atau terlupakan.

9. Tetap waspada dengan orang-orang di sekitar. Walaupun ingin cepat akrab dan punya banyak teman, jangan jadi nggak aware dengan keadaan sekitar. Boleh berteman sama siapa aja, tapi tetap buka mata dan telinga, ya.

10. Simpan kunci kos di tempat yang aman, yang bisa kamu bawa ke mana-mana.

(sumber gambar: huffingtonpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 21 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1