4 Pola Hidup Sehat Sederhana untuk Mencegah Virus Corona

Kamu harus tahu nih, gaes. Organisasi Kesehatan Dunia atau yang lebih dikenal dengan sebutan WHO telah menyatakan bahwa wabah virus corona China sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Namun, apakah maksud dari PHEIC yang diberikan WHO itu?

Menurut WHO, PHEIC diartikan sebagai peristiwa luar biasa yang menjadi risiko kesehatan publik bagi negara lain melalui penyebaran penyakit internasional serta memerlukan respons internasional yang terkoordinasi. Singkatnya, virus corona ini sudah mewabah ke berbagai negara di dunia dan sangat membahayakan sektor kehidupan manusia di dunia.

Dengan kondisi yang seperti itu, WHO mendorong negara-negara untuk bekerja sama mengatasi ancaman virus corona ini. WHO juga memberikan anjuran pencegahan—seperti sesering mungkin buat cuci tangan, teknik bernapas yang higienis, pertahankan jarak dengan orang lain serta jangan terlalu sering menyentuh mata, mulut dan hidung. Selain itu, kamu juga bisa memakai masker untuk mengurangi resiko virus corona.

Nah, di artikel sebelumnya yang berjudul Terkait Virus Corona COVID-19, Inilah 5 Hal yang TIDAK BOLEH Dilakukan. Sebenarnya, hal yang paling penting dan harus dilakukan dalam menghadapi virus corona adalah menjaga pola hidup sehat supaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat karena pola hidup sehat bisa mencegah berbagai macam penyakit—termasuk virus corona itu sendiri.

Kalau kamu penasaran gimana, sih, caranya menjaga pola hidup sehat yang nggak susah buat dilakuin? Berikut adalah tips dan trik dalam melakukan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona. Simak, yuk!

1. Olahraga sebagai gaya hidup

Olahraga kini nggak cuma sebagai upaya dalam menerapkan pola hidup sehat saja, tapi juga merupakan gaya hidup. Sehingga bisa dikatakan bahwa minat masyarakat Indonesia di bidang olahraga saat ini semakin meningkat. Karena manfaat olahraga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, jenis olahraga yang dilakukan pun sangat bervariatif. Mulai dari fitness, yoga, zumba hingga olahraga ringan seperti lari atau bersepeda.

Maka dari itu, tips pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona adalah dengan berolahraga, gaes. Eits… jangan bilang kamu itu super sibuk dan nggak punya waktu lagi, ya!

Kalau kamu nggak sempat, kamu nggak perlu melakukan olahraga yang memakan waktu lama atau biaya yang besar, kok. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari—seperti pemanasan atau stretching sebelum memulai aktivitas. Barulah pada saat akhir pekan, kamu bisa jogging atau bersepeda bersama keluarga atau teman.

2. Relaksasi sebelum tidur

Tips selanjutnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona adalah dengan memiliki tidur yang berkualitas. Tidur dan istirahat yang cukup menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Sehingga, istirahat dan tidur merupakan kebutuhan yang nggak bisa ditawar lagi.

Nah, biar tidurmu semakin berkualitas, kamu bisa melakukan relaksasi sebelum tidur. Relaksasi bisa diawali dengan mengatur suasana kamar senyaman mungkin. Dari penerangan, aroma terapi hingga menjauhkan gadget dari jangkauanmu. Selain itu, melakukan teknik pernapasan 4-7-8 juga bisa membantu relaksasi sebelum tidur, lho.

Well, nanti malem jangan lupa cobain, ya!

3. Membiasakan diri dengan makanan sehat

Dalam menerapkan pola hidup sehat, makanan yang masuk dalam tubuh kamu juga perlu diperhatikan dan dijaga, gaes. I mean, pola makan yang sehat nggak cuma 4 sehat 5 sempurna dan asupan air putih saja. Menghindari makanan berminyak, mengurangi makanan yang dikelola nggak bersih, terlalu sering makan makanan cepat saji serta makan sesuai kebutuhan pun perlu kamu terapkan.

Kenali lebih dulu porsi makan yang ideal dan sehat versi kamu itu seperti apa. Sebab, sel-sel imun dalam tubuh akan semakin kuat kalau asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuhmu itu tepat. Artinya, kalau gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu itu berlebih bisa memicu obesitas, sebaliknya kalau kurang kamu akan mudah terserang penyakit.

4. Menjaga kesehatan psikis

Anyway, pola hidup sehat ternyata ngggak melulu tentang kesehatan tubuh secara fisik saja, lho. Pola hidup sehat juga berarti kesehatan psikis atau mental. Apalagi, kesehatan mental akhir-akhir ini sudah menjadi isu penting yang diperhatikan banyak orang.

Dengan kata lain, tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona adalah menjaga kesehatan psikismu. Soalnya, gangguan psikis (yang kamu anggap sepele) seperti stres bisa memicu datangnya berbagai penyakit dengan mudah.

Well, salah satu cara untuk menjaga psikismu agar tetap stabil adalah rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Buat kamu yang kerja, kamu bisa mengambil cuti untuk liburan beberapa hari. Buat kamu yang kuliah, kamu bisa berkumpul bersama teman-teman atau kalau ingin ‘me time’ bisa melakukan hobi yang disukai, dan lain sebagainya.

***

Itulah 4 pola hidup sehat sederhana untuk mencegah virus corona. Intinya, sih, kalau kamu melakukan pola hidup yang sehat dan rajin mencuci tangan. Kamu nggak perlu terlalu cemas akan terserang berbagai penyakit, termasuk virus corona.

Oyaa, satu lagi, nih, gaes. Nggak usah nimbun masker alias membeli masker secara berlebihan sampai bikin masker jadi langka di pasaran, deh. Soalnya, Menteri Kesehatan (Menkes), pak Terawan bilang masker digunakan bagi mereka yang sakit, tapi bagi yang sehat sebaliknya.

"Kalau sakit pakai masker, kalau sehat tak usah, mengurangi oksigen badan kita" - Pak Terawan.

Pak Menkes juga bilang semua orang yang kontak langsung dengan orang yang terpapar corona belum tentu terinfeksi, apalagi kalau orang itu jauh dan lewat udara. Kuncinya adalah daya tahan tubuh seseorang.

Baca juga:

 

(Sumber gambar: ndaruanugerah.com, minuteschool.com, georgiaadolpho.com, healthline.com)

LATEST COMMENT
Manoj Vaswani | 2 hari yang lalu

Thank you rekomendasinya. Saya juga ingin memberikan rekomendasi untuk tempat pensil berkualitas. Nama produsennya Zipit. Brand ini sudah cukup terkenal di Eropa. Banyak jenis tempat pensil yang diproduksinya, yang pasti tempat pensilnya itu gampang dicuci dan punya desain yang lucu - lucu. Cek koleksi…

Rekomendasi Toko Stationery dan Perangkat Belajar Kece di Berbagai Kota Indonesia
Sarah Laila | 2 hari yang lalu

kak, kl mau masuk jurusan seni gini apa harus ikut kursus kak ?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Stephanie | 3 hari yang lalu

Kak mau tanya kalau ga punya utbk langsung ga bisa ikut jalur mandiri ya?

Info Lengkap Seleksi Mandiri ITB 2020
Sarce Susance | 3 hari yang lalu

Yaa saya sering begitu

5 Hal Horor yang Sering Dirasakan Oleh Mahasiswa
Devi Dwi andriyani | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum maaf izin bertanya ka. Saya sangat menyukai pelajaran kimia dan matematika tujuan sya ingin masuk ke teknik kimia tapi menurut hasil dari test minat bakat apk ini sya blm cocok untuk masuk ke prodi tersebut,mnta rekomnya ka. Makasih ka

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1