5 Cara Atasi Perilaku Suka Menunda Tugas Buat Kamu yang Masih Duduk di Bangku Sekolah

Nggak bisa dipungkiri, di antara kita banyak sekali yang masih suka menunda tugas. Apalagi kalo itu tugas sekolah yang semestinya dikerjakan saat itu juga karena besoknya  harus dikumpulin. Pasti kamu pernah menganggap bahwa tugas itu bisa dikerjakan secara mudah dan cepat. Terus kamu akan bilang “nanti aja ngerjainnya, waktunya masih lama. Sejam/dua jam juga selesai”, ya, ‘kan?

Tapi sayangnya, ekspektasi kadang nggak sesuai sama kenyataan-nya, gaes. Waktu kamu ngerjain, eh, ternyata soalnya susah atau kamu tiba-tiba ketiduran sampai pagi atau tiba-tiba rumahmu mati lampu karena lagi musim hujan. Alhasil, kamu besok paginya akan panik karena tugasmu belum selesai

Nah, perilaku suka menunda tugas seperti itu, sangat nggak baik efeknya bagi proses belajar seseorang. Terus bisa menghambat prestasi dan menjadi kebiasaan yang buruk juga, lho! Jadi, menunda-nunda tugas bukanlah kebiasaan yang harus kamu lestarikan, ya. 

Untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut, kamu bisa lakukan 5 tips berikut ini.

1. Urutkan prioritas

Urutkan prioritas

Ada sebagian orang, yang benar-benar memiliki prinsip teguh. Tapi ada pula yang masih ragu-ragu akan prinsip yang dimilikinya itu. Oleh karenanya, kamu harus mempunyai prioritas yang telah kamu tetapkan terlebih dahulu.

Misalnya, dengan cara mencatat kegiatan yang wajib kamu lakukan per harinya—seperti daftar kapan kamu akan mengerjakan tugas, kapan kamu akan belajar dan kapan kamu akan bermain.

Dengan demikian, kamu jadi mempunyai kegiatan yang lebih tertata rapi, gaes.

2. Memanajemen waktu

Memanajemen waktu

Nah, setelah kamu mengurutkan kegiatan apa aja yang akan kamu lakuin. Cobalah untuk mengatur kegiatan itu dengan waktu atau sesuai dengan porsi yang pas versi kamu. Hal ini bertjuan agar waktu 24 jam yang kamu miliki, nggak kebuang sia-sia dan lebih efisien.

Kamu bisa memulainya dari mengatur waktu belajar, bermain, dan kapan kamu akan tidur. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menggunakan waktumu secara lebih efisien.

3. Jangan pernah takut salah

Jangan pernah takut salah

Perlu kamu ingat, gaes. Mengerjakan tugas dengan benar secara keseluruhan juga perlu waktu. Kamu harus belajar dulu dari kesalahan yang telah kamu kerjakan.

Jadi, jangan pernah takut salah untuk mengerjakan sesuatu—yang bisa membuatmu menunda tugas tersebut dan pada akhirnya hal tersebut menjadi rutinitas yang buruk buat prestasimu, deh.

4. Yakin pada diri sendiri

Yakin pada diri sendiri

Salah satu penyebab menunda tugas adalah kamu merasa nggak yakin, bahwa kamu bisa mengerjakan tugas tersebut. Padahal keyakinan itu sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan di dalam dirimu.

Jadi, mulai dari sekarang kamu harus yakin bahwa kamu bisa mengerjakan tugas tersebut meski nantinya tugas itu ada yang salah. It is oke, kok, gaes. Karena, kesempurnaan hanya milik Tuhan—yang penting kamu udah berusaha dan yakin pada kemampuanmu sendiri.

5. Membentuk kelompok belajar

Membentuk kelompok belajar

Perlu kamu ketahui, membentuk kelompok belajar bisa mengurangi kemalasan untuk mengerjakan tugas. Kok bisa? Soalnya, salah satu penyebab sebagian orang yang suka menunda tugas adalah nggak punya teman belaja, gaesr.

Hal tersebut, akan sangat berbeda kalo kamu punya kelompok belajar. Kamu bisa dengan bebas bertanya atau mendiskusikan apa aja yang berhubungan dengan tugas sekolah.

Selain itu, memiliki kelompok belajar juga berguna sebagai media untuk saling mengingatkan dan membantu mengerjakan tugas sekolah.

***

Nah, itu dia 5 tips atasi perilaku suka menunda sekolah. Jadi, jangan biarkan kebiasaan menunda tugas menjadi rutinitas wajibmu, ya!

 

Baca juga:

(Sumber gambar: olpschoollynbrook.org, toggl.com, businessnewsdaily.com, quotefancy.com, freerangestock.com, theedge.com.hk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1